Penerapan Metode Simulasi Pada Matakuliah Pendidikan Seni Tari Untuk Anak Usia Dini Guna Meningkatkan Ketrampilan Gerak Mahasiswa PG Paud UNUSA

Pance Mariati

Sari

Mata kuliah Pendidikan Seni Tari untuk Anak Usia Dini I merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa S1 PG PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pembelajaran menari merupakan pelajaran baru untuk mahasiswa, sehingga mahasiswa banyak yang belum memahami dan dapat menari dengan baik dan benar. Hal ini dikarenakan kurangnya rasa percaya diri dan referensi tari yang mereka miliki. Oleh karena itu, diterapkan metode simulasi untuk meningkatkan ketrampilan gerak mahasiswa S1 PG PAUD dalam mata kuliah Pendidikan Seni Tari untuk Anak Usia Dini I.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode simulasi pada mata kuliah Pendidikan Seni Tari Untuk Anak Usia Dini guna meningkatkan ketrampilan gerak mahasiswa S1 PG PAUD UNUSA. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrumen penelitian yang digunakan meliputi Ketepatan gerak tari (wiraga), Ketepatan gerak tari dengan musik pengiring (wirama), Kemampuan menghayati gerak tari (wirasa).

Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa  kemampuan menari mahasiswa pada siklus I mencapai 67,8% dan pada siklus II sebesar 82%. Kesimpulannya yakni melalui metode simulasi dapat meningkatkan ketrampilan gerak tari mahasiswa yang mencakup wiraga, wirama, dan wirasa.

 

Kata kunci : Metode Simulasi; Pendidikan Tari; Ketrampilan Gerak

Referensi

Afandi, Muhammad, dkk. 2013. Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang : UNISSULA Press.

Kusumastuti, Eny. Penerapan Model Pembelajaran Seni Tari Terpadu Pada Siswa Sekolah Dasar. Mimbar Sekolah Dasar, 2014, 1.1: 7-16.

Mariati, Pance; Asmara, Berda. Pengembangan Model Pembelajaran Inovatif Gerak Dan Lagu Tematik Bagi Guru Pos PAUD Terpadu (PPT) Di Kota Surabaya. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 2017, 3.3a.

Rusman. 2013. Model-Model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Seeriati, Ni Nyoman. 2008. Diktat Mata Kuliah Komposisi dan Koreografi I. Yogyakarta.

Setiawan, Aris. Strategi Pembelajaran Tari Anak Usia Dini. Jurnal Pedagogi,(Online), Surabaya, 2014, 1.

Suharsimi, Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian – Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara

Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang SISDIKNAS, (Jakarta: Citra Umbara, 2005), hal. 15


DOI: http://dx.doi.org/10.30651/pedagogi.v6i1.4369

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.