Pengaruh Pembelajaran Tematik Kelautan Terhadap Penanaman Karakter Kebaharian Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Hang Tuah 12 Surabaya

Isi Artikel Utama

Candra Wardani
Naili Sa'ida
Ratno Abidin

Abstrak

ABSTRAK

Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pembelajaran tematik kelautan terhadap anak usia 5-6 tahun di TK Hang Tuah 12 dan menjelaskan karakter anak usia 5-6 tahun di TK Hang Tuah 12 Surabaya sebelum dan sesudah pembelajaran tematik kelautan sehingga dari pembelajaran ini dapat diterapkan pendidikan yang berhubungan dengan lingkungan kelautan dalam menanamkan rasa cinta bahari sejak dini. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian menggunakan Uji Wilcoxon Match Pairs untuk menguji uji beda dua sampel yang berhubungan. Uji ini melibatkan satu populasi penelitian kelompok B TK Hang Tuah 12 Surabaya. Berdasarkan hasil analisis data bahwa pembelajaran tematik kelautan memiliki pengaruh dalam penanaman karakter kebaharian pada anak usia 5-6 tahun di TK Hang Tuah 12 Surabaya. Hasil analisis data diperoleh T hitung sebesar 0 dan T tabel sebesar 16, karena 0<16 maka Hα diterima dan Ho ditolak. Hasil penelitian menunujukkan bahwa hasil posttest  meningkat sangat baik dibandingkan dengan hasi pretest. Posttest ini mendapat hasil rata-rata 54,6 dari 15 peserta didik yang terlibat dalam kelompok sampel penelitian. Hal ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran tematik kelautan mempengaruhi penanaman karakter kebaharian pada anak usia dini. Pembelajaran tematik kelautan merupakan langkah yang tepat dan efektif dalam mengatasi rendahnya semangat dan jiwa bahari bangsa Indonesia. Dengan pembelajaran tematik kelautan peserta didik mendapatkan stimulasi atau informasi terkait dengan lingkungan kelautan sehingga mereka akan peka terhadap lingkungan tersebut.

Kata kunci: pembelajaran tematik kelautan; karakter kebaharian; anak usia dini

 

 

ABSTRACT

This study is to determine the effect of marine thematic learning on children aged 5-6 years at Hang Tuah 12 Kindergarten and explain the character of children aged 5-6 years at Hang Tuah 12 Surabaya Kindergarten before and after marine thematic learning so that from this learning applicable education can be applied with the marine environment in instilling a sense of marine love from an early age. Data collection techniques used in this study were observation and documentation. Data analysis in the study used the Wilcoxon Match Pairs Test to test the difference test of two related samples. This test involved a study population of group B TK Hang Tuah 12 Surabaya. Based on the results of data analysis that thematic marine learning has an influence in the cultivation of maritime character in children aged 5-6 years at kindergarten Hang Tuah 12 Surabaya. The results of data analysis obtained T count of 0 and T table of 16, because 0 <16 then Hα is accepted and Ho is rejected. The results showed that the posttest results improved very well compared to the results of the pretest. This posttest received an average of 54.6 out of 15 students involved in the study sample group. It can be concluded that marine thematic learning influences the cultivation of maritime character in early childhood. Marine thematic learning is an appropriate and effective step in overcoming the low spirit and maritime spirit of the Indonesian people. With marine thematic learning students get stimulation or information related to the marine environment so that they will be sensitive to the environment.

Keywords: marine thematic learning; maritime character; early childhood

Rincian Artikel

Referensi

  1. Gunarsa, Singgih D.G.2012. Dasar dan Teori Perkembangan Anak Jakarta: Gunung Mulia.
  2. Media Maritim Indonesia Jalasena. Edisi No 4, Tahun VII/2007. Mengembalikan Kejayaan Maritim.
  3. Media Maritim Indonesia Jalasena. Edisi No 1, Tahun IX/2019. Mengembalikan Kejayaan Maritim.
  4. Moeslichatoen, 2004. Metode Pengajaran di Taman Kanak-kanak. Jakarta:Rineka Cipta.
  5. Sulistiani, Wiwik dan Arya, Lutfi, Model Pembelajaran Tematik Berbasis Kelautan dan Kemaritiman pada anak usia dini di PAUD Nonformal. PENDIDIKAN YANG MENUMBUHKAN INSAN PEMBELAJAR ISBN: 978- 979-3153-8
  6. Tim Pokja Kebaharian Tingkat Taman Kanak-Kanak Yayasan Hang Tuah (2014). Materi Pendidikan Longitudinal Kebaharian Taman Kank-Kanak; Buku Pedoman Guru dalam Pelaksanaan Kurikulum Pendidikan Longitudinal Kebaharian.
  7. Trianto, 2010. Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta:Prestasi Pustaka.
  8. Trianto, 2013. Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik: Bagi Anak Usia Dini TK/RA & Anak Usia Dini Kelas Awal SD/MI. Jakarta: Kencana Prenada Media Group PSIKOLOGI. Vol. 39 (1): 112–120.