Membangun Keterampilan Bercocok Tanam Melalui Kegiatan Bertanam Dengan Media Hydroponik Di TK Al Irsyad Surabaya

Isi Artikel Utama

Imanida Khusnul Ditajayanti
Aristiana Prihatining Rahayu
Aris Setiawan

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi lahan yang sempit di TK Al Irsyad, kritis pertanian di Indonesia, dan tujuan pembelajaran anak usia dini di Indonesia yang mengharuskan anak-anak menguasai berbagai kompetensi untuk kehidupan masa depan mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kegiatan pertanian berbasis hidroponik di TK Al Irsyad Surabaya dan pengaruh kegiatan pertanian berbasis hidroponik pada kecerdasan naturalistik anak usia 4-5 tahun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data dalam penelitian kuantitatif ini menggunakan uji Wilcoxon untuk metode statistik. Sejumlah subjek sampel dalam penelitian ini adalah 20 siswa berusia 4-5 tahun di TK Al Irsyad di Surabaya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan 2 metode yaitu observasi dan dokumentasi. Pengamatan dilakukan dengan menggunakan lembar pretest dan posttest. Hasil pretest menyatakan nilai 5,45 yang berarti sangat jauh dari kemampuan kecerdasan naturalistik anak-anak berusia 4-5 tahun. Perawatannya adalah kegiatan pertanian berbasis hidroponik. Setelah perawatan diberikan kepada siswa, posttest dilakukan dan hasilnya 12,7. Nilai ini meningkat dari hasil pretest. Dapat disimpulkan bahwa kegiatan pertanian berbasis hidroponik memiliki efek pada kecerdasan naturalistik anak-anak pada usia 4-5 di TK Al Irsyad Surabaya.

Rincian Artikel

Biografi Penulis

Referensi

  1. Fadlillah, M. 2014. Edutainment Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : Prenada Group Kencana
  2. Gardner, H. 2003. Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelegences) teori dalam praktek Howard Gardner. Batam : Interaksara.
  3. Hartiwi, Tri. 2014. JPeningkatan Kecerdasan Naturalis Melalui Metode Eksperimen Pada Kelompok B di TK Al Islam kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2013/2014. (http://eprints.ums.ac.id/28953/ , diakses 5 Desember 2018)
  4. Iqbal, Muhammad. 2016. Simpel Hidroponik – dimanapun.... kapan pun... siapa pun... bisa bertanam hidroponik. Yogyakarta: Lily Publisher.
  5. Jasmine, Julia. 2007. Mengajar Dengan Metode Kecerdasan Majemuk (Implementasi multiple intelegences). Bandung : Penerbit Nuansa.
  6. Juniarti, Yenti. Jurnal pendidikan anak usia dini Vol.9 No.2 Peningkatan Kecerdasan Naturalis Melalui Metode Kunjngan Lapangan (Field Trip) Penelitian Tindakan di Kelompok BPAUD Terpadu Bintuhan Bengkulu, Tahun 2015 (http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpud/article/view/3505 ,diakses 28 Desember 2018)
  7. Marrison, George. 2017. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jakarta : PT. indeks.
  8. Mufidati, N. 2018. Pengaruh Media Pick Me terhadap perkembangan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun di TK Aisiyah 33 Surabaya. Surabaya : Universitas Muhammadiyah Surabaya.
  9. Mundir, H. 2013. Statistik Pendidikan. Yogjakarta : Pustaka Pelajar bekerjasama dengan STAIN Jember Press
  10. Riyanto, Y. 2001. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Surabaya : Anggota IKAPI.
  11. Sarwono, Jonathan. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif & Kualitatif. Yogyakarta : Graha Ilmu.
  12. Sarjono, Haryadi & Julianita, Winda. 2013. SPSS VS LISREL : Sebuah Pengantar, Aplikasi Untuk Riset. Jakarta : Penerbit Salemba.
  13. Seefeldt, Carol & Wasik, Barbara. 2008. Pendidikan anak usia dini (menyiapkan anak usia tiga, empat, dan lima masuk sekolah). Jakarta : PT. indeks.
  14. Soefandi, Indra & Pramudya, Ahmad. 2009. Strategi Mengembangkan Potensi Kecerdasan Anak. Jakarta: Bee Media Indonesia.
  15. Sugiyono. 2015. Statistik Nonparametris Untuk Penelitian, Bandung : Alfabeta.
  16. Syamsu, Ida R. Jurnal Universitas Tulungagung BONOROWO Vol. 1.No.2. Pemanfaatan Lahan Dengan Menggunakan Sistem Hidroponik (http://junal-unita.org/index.php/bonorowo/article/ ,diakses 15 Desember 2018)
  17. Thoifah, I’anatut. 2015. Statistika Pendidikan Dan Metode Penelitian Kuantitatif. Malang : Madani.
  18. Yaumi, Muhammad & Ibrahim, Nurdin. 2013. Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Jamak (Multiple Intellegences). Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
  19. Yasbianti & Rosarina Giyartini, Annisa Lutfiana. Jurnal PAUD Agapedia Vol.1 No.2 Upaya Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Melalui Kegiatan Bercocok Tanam di BAMBIM AL-ABROR Kecamatan Mangkubumi Kota Tasikmalaya (http://ejournal.upi.edu/index.php/agapedia/article/view/9360 ,diakses 01 Desember 2018)