STRATEGI PEMBELAJARAN TARI ANAK USIA DINI

Isi Artikel Utama

aris setiawan

Abstrak

Aris Setiawan

Dosen Program Studi Pendidikan Guru  PAUD - FKIP

Universitas Muhammadiyah Surabaya

 

 

ABSTRAK

 

Pembelajaran tari bagi anak usia dini  memerlukan strategi yang tepat pada pelaksanaannya.  Oleh karena itu diperlukan usaha  yang maksimal dalam menentukan strategi sebagai jalan  mencapai hasil terbaik. Untuk menentukan strategi yang tepat dapat dimulai dengan menyusun perencanaan. Maka langkah awal dalam menyusun perencanaan yaitu menentukan materi pembelajaran. Penentuan materi pembelajaran ini merupakan dasar dalam merancang tentang apa yang akan diberikan. Setelah materi pembelajaran, selanjutnya adalah menentukan metode pembelajaran sebagai cara yang digunakan dalam proses pembelajaran. Kemudian menentukan media pembelajaran sebagai penghubung  yang dapat membantu pada pelaksanaan pembelajaran nantinya.

 

Kata kunci: Materi Pembelajaran, Metode Pembelajaran, Media Pembelajaran.

 

ABSTRACT

Dance lessons for early childhood require proper strategy to implementation. Therefore, maximum effort is required in determining the strategy as a way of achieving the best results. To determine the right strategy can be started with the planning. So the first step in planning is determining the learning materials. The determination of these learning materials is the basis for the design of what will be provided. After learning the material, the next is to determine a method of learning as a means used in the learning process. Then determine instructional media as a link that can help in the implementation of future learning.

Keywords: Learning Materials, Learning Method, Learning Media.

Rincian Artikel

Referensi

  1. Djamarah,Syaiful Bahri dan Zain.2010. Aswan. Strategi Belajar Mengajar.Jakarta:PT Rineka Cipta.
  2. Dwijawiyata.2013. Mari Bermain Permainan Kelompok Anak Usia Dini. Yogyakarta: Kanisius.
  3. Komalasari, Kokom. 2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasinya. Bandung: Refika Aditama.
  4. Kartono, Kartini.2007. Psikologi Anak.Bandung:CV Mandar Maju
  5. Majid, Abdul. 2011. Perencanaan Pembelajaran. Bandung:PT Remaja Rosdakarya.
  6. Munadi, Yudhi.2008. Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta:Gaung Persada Press.
  7. Rachmi, Tetty dkk.2010. Keterampilan Musik dan Tari. Jakarta:Universitas Terbuka.
  8. Riyanto, Yatim.2010. Paradigma Baru Pembelajaran.Jakarta:Kencana Prenada Media Group.
  9. Sanjaya, Wina. 2010. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
  10. Soedarsono. 1972. Jawa dan Bali Dua Pusat Perkembangan Drama Tari di Indonesia. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
  11. Setyowati, Sri. 2007. Pendidikan Seni Tari dan Koreografi Untuk Anak TK.Surabaya:Unesa University Press
  12. Prawira, Purwa Atmaja. 2012. Psikologi Pendidikan Dalam Perspektif Baru. Jakarta:Ar-Ruzz Media.