Pengembangan Alat Pembersih Teripang Holothuroidea's Innovation Technology Automation (HITA) Dengan Metode Quality Function Deployment (QFD) Studi Kasus UMKM Perikanan Kota Surabaya

Naila Akmalia Rahmah (1)
(1) Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia

Abstrak

Teripang adalah salah satu hewan laut yang memiliki banyak manfaat untuk kebaikan tubuh pengonsumsi. Teripang mengandung 3-5% karobohidrat, lemak 1,5%, dan memiliki lebih dari 44% kandungan protein. Meskipun teripang memiliki berlimpah manfaat bagi pengonsumsi, faktanya teripang masih memiliki tingkat jangkauan rendah pada masyarakat indonesia yang didominasi oleh masyarakat tingkat menengah. Hal tersebut dikarenakan UMKM di Indonesia masih menggunakan proses manual pada produksi teripang. Proses manual memberikan panjangnya waktu pada produksi teripang dan memberikan nilai ekonomi yang tinggi pada pasaran. Menanggapi hal tersebut penelitian ini akan berfokus pada pengembangan inovasi yang akan diimplementasikan pada proses produksi teripang. Holothuroidea's Innovation Technologi Automation (HITA) adalah sebuah konsep otomasi dimana menggabungkan mesin dan manusia pada sitemnya dengan mengimplementasikan cara kerja pada proses manual. Pengembangan mesin pada penelitian ini akan berfokus pada meberikan keefektifan waktu produksi. dalam pengembangan alat secara konsep menggunakan Importance Performance Analysis (IPA) sebagai faktor penentu atribut prioritas yang didapatkan dari Voice of Customer (VoC) dan menggunakan Quality Function Deployment (QFD) sebagai pembantu dalam memberikan pemecahan masalah dari atribut prioritas yang telah didapatkan.

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

A. Soleh, “Masalah ketenagakerjaan dan pengangguran di Indonesia,†J. Ilm. Cano Ekon., vol. 6, no. 2, pp. 83–92, 2017.

L. Marni, “Dampak kualitas sanitasi lingkungan Terhadap stunting,†J. Stamina, vol. 3, no. 12, pp. 865–872, 2020.

I. Pamelia, “Perilaku konsumsi makanan cepat saji pada remaja dan dampaknya bagi kesehatan,†IKESMA, vol. 14, no. 2, pp. 144–153, 2018.

J. MAHU, “Keragaman Dan “Kepadatan Jenis Teripang (holothuroidea) di Perairan Pantai Desa Kwamor Kecamatan Seram Timur Kabupaten Seram Bagian Timur.†IAIN Ambon, 2020.

P. Darsono, “Sumberdaya Teripang dan pengelolaannya,†Oseana, vol. 28, no. 2, pp. 1–9, 2003.

H. Indriastuti and Asnawati, “Analisis inovasi Produk dan Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Pemasaran CV. Literasi Nusantara Abadi,†Malang, 2022.

A. P. Irawan, Perancangan dan Pengembangan Produk Manufaktur. Penerbit Andi, 2017.

A. D. Herlambang, R. W. Priyangga, and N. H. Wardani, “Quality Evaluation of Pasuruan Regency Office of Education’s Website Using Webqual 4.0 Framework and Importance Performance Analysis (IPA),†J. Penelit. Pos dan Inform., vol. 9, no. 1, pp. 1–12, 2019.

Cohen, Quality Fuction Deployment: How to Make QFD Work for You. Massachusetts: AddisonWesley Publishing Co, 1995.

A. R. Saputro, “Pengembangan Produk Berbasis QCDSM guna Peningkatan Keunggulan Bersaing Studi Kasus UMKM Tenun Ikat Kota Kediri.†Institut Teknologi Sepuluh Nopember, 2019.

Penulis

Naila Akmalia Rahmah
nailaakmaliarahmah@gmail.com (Kontak utama)
Biografi Penulis

Naila Akmalia Rahmah, Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Surabaya

Mahasiswa Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Surabaya
Rahmah, N. A. (2023) “Pengembangan Alat Pembersih Teripang Holothuroidea’s Innovation Technology Automation (HITA) Dengan Metode Quality Function Deployment (QFD) Studi Kasus UMKM Perikanan Kota Surabaya”, Journal of Manufacturing in Industrial Engineering & Technology. Surabaya, Indonesia, 1(1), hlm. 14–25. doi: 10.30651/mine-tech.v1i1.16566.
##submission.license.notAvailable##

Rincian Artikel