Efektifitas Pelatihan Media Pembelajaran Audio Visual (Smart Diffabel) untuk Guru Shadow di SD Muhammadiyah 24 Surabaya

Agus Budiman, Ratno Abidin, Fa'iz Azmi Fauzia, M. Ridlwan

Sari

Media pembelajaran menjadi salah satu hal yang sangat penting dalam memfasilitasi kegitan-kegiatan anak kebuthan khusus di sekolah. Hal ini menjadi tugas berat bukan hanya pendidik, tetapi seluruh warga muhammadiyah untuk mampu menciptakan media pembelajaran ramah diffabel atau anak berkebutuhan khusus. Solusi yang ditawarkan melalui pengabdian smart diffabel adalah pelatihan pembuatan media pembelajaran berbasis audio visual bagi guru shadow di Sekolah Dasar Muhammadiyah 24 Surababaya. Pelatihan ini sangat penting untuk meningkatkan kualitas guru-guru shadow sehingga dengan media yang berkualitas menghasilkan pembelajaran yang lebih efektif. Pelatihan membuat media-media edukasi yang kreatif dan menarik sesuai dengan tahapan kebutuhan ketrampilan anak usia SD serta media yang mencakup penugasan senada dengan tumbuh kembang siswa-siswi SD Muhammadiyah 24 Surabaya.

Kata Kunci

Audio Visual, Diffabel,Media Pembelajaran

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Andriani, S. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Kelas IV Di Sdn Mayangan 6 Kota Probolinggo. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS (JPPI), 10(1), 101-118.

Hendarwati, E. (2014). Pemanfaatan Media Dalam Pembelajaran Pengetahuan Sosial Di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pedagogi, 1(1), 1-30.

Kemendibud. (2014). Konsep dan Implementasi Kurikulum 2013. Retrieved Oktober 2021, from https://www.kemdikbud.go.id/kemdikbud/dokumen/Paparan/Paparan%20Wamendik.pdf

Laili, N. I. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menggunakan Problem Based Learning dalam Pembelajaran IPS Materi Keragaman Suku Bangsa dan Budaya terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas 4 SD. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 23-33.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 3(1), 171-187.

Nuzulia , R. (2017). Implementasi Metode Pembelajaran 212r Terhadap Siswa Tunarungu Kelas Xi Tkj Dalam Masa Praktek Kerja Industri Tahun Ajaran 2017-2018 Smk Budi Utomo Kepanjen - Malang. Praktik Pendidikan Bagi Penyandang Disabilitas (pp. 52-60). PSLB Universitas Brawijaya.

Sativa, D. Y. (2012). Penggunaan Media Kartu untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XI IPS 1. Retrieved November 2021, from http://eprints.uny.ac.id/23389/1/JURNAL-PENGGUNAAN%20MEDIA%20KARTU-HASILBELAJAR.pdf

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103-114.

Wardany, O. F. (2020). Pelaksanaan pembelajaran jarak jauh bagi anak berkebutuhan khusus (Survei terhadap orangtua dan guru di Lampung). JPK (Jurnal Pendidikan Khusus), 16(2), 48-64.

Yuwono, I. (2017). Indikator Pendidikan Inklusif. Sidoarjo: Zifatama Jawara.


DOI: http://dx.doi.org/10.30651/aks.v6i2.11696

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.