Pengaruh Leverage, Pertumbuhan Penjualan, Ukuran Perusahaan, Dan Sustainability Reporting Terhadap Nilai Perusahaan

Penulis

  • Nabila Ikadianti Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Tumirin Universitas Muhammadiyah Gresik

DOI:

https://doi.org/10.30651/stb.v4i2.24042

Kata Kunci:

Ukuran Perusahaan, Leverage, Pertumbuhan Penjualan, Nilai Perusahaan, Sustainability Report

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperkirakan dampak leverage, pertumbuhan penjualan, ukuran perusahaan, dan sustainability report terhadap nilai perusahaan pada perusahaan yang tercatat di BEI pada tahun 2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan memanfaatkan data sekunder berupa catatan keuangan bisnis yang komprehensif dan laporan keberlanjutan. Sampel penelitian ini terdiri dari 85 perusahaan sampel akhir yang dipilih menggunakan pendekatan pemilihan purposif. Data dianalisis menggunakan regresi linier berganda dengan program SPSS 22. Temuan penelitian menunjukkan bahwa laporan keberlanjutan memiliki pengaruh terhadap nilai bisnis, tetapi leverage, pertumbuhan penjualan, dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh. Temuan penelitian ini dimaksudkan sebagai pedoman untuk membuat keputusan investasi yang terkait dengan nilai bisnis dan dapat digunakan sebagai referensi bagi pihak lain yang ingin mengeksplorasi isu-isu relevan di masa mendatang.

Referensi

Abdi, Y., Li, X., & Càmara-Turull, X. (2020). Impact of sustainability on firm value and financial performance in the air transport industry. Sustainability, 12(23), 1–22. https://doi.org/10.3390/su12239957

Abidin, Z., Putra, R. R., & Prabantarikso, M. (2021). Effect of Capital Structures on Firm Value with Sales Growth and Return on Sales as Control Variables in Consumer Goods Companies Listed on the Indonesia Stock Exchange. Binus Business Review, 12(3), 225–230. https://doi.org/10.21512/bbr.v12i3.6724

Arianti, B. F. (2022). Pengaruh Struktur Modal, Pertumbuhan Penjualan Dan Keputusan Investasi Terhadap Nilai Perusahaan. Gorontalo Accounting Journal, 5(1), 1–10. https://doi.org/10.32662/gaj.v5i1.1845

Atiningsih, S., Pancawardhani, N. L., & Mohklas. (2020). Pengaruh Leverage, Return on Equity (Roe), Dan Firm Size Terhadap Firm Value Dengan Dividend Policy Sebagai Variabel Intervening. Fokus Ekonomi : Jurnal Ilmiah Ekonomi, 15(1), 105–126. https://doi.org/10.34152/fe.15.1.105-126

Azizah, I. N., Arum, P. R., & Wasono, R. (2021). Model Terbaik Uji Multikolinearitas untuk Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Produksi Padi di Kabupaten Blora Tahun 2020. Prosiding Seminar Nasional UNIMUS, 4, 63.

Badjuri, A., Jaeni, J., & Kartika, A. (2021). Peran Corporate Social Responsibility Sebagai Pemoderasi Dalam Memprediksi Profitabilitas Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Agresivitas Pajak Di Indonesia: Kajian Teori Legitimasi. Jurnal Bisnis Dan Ekonomi, 28(1), 1–19. https://doi.org/10.35315/jbe.v28i1.8534

Cahyaningtyas, F. (2022). Peran Moderasi Corporate Sosial Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan: Perspektif Teori Sinyal. Mdp Student Connference (Msc), 1(1), 153–159. https://jurnal.mdp.ac.id/index.php/msc/article/view/1695

Damayanti, N., & Dewi, Y. R. (2021). Corporate Social Responsibility (CSR) PT. GRAB Indonesia Di Era New Normal Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Pustaka Komunikasi, 4(2). https://doi.org/10.32509/pustakom.v4i2.1632

Dessriadi, G. A., Harsuti, H., Muntahanah, S., & Murdijaningsih, T. (2022). Pengaruh Kebijakan Dividen, Leverage dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan LQ-45 yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 6(1), 195–198. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v6i1.506

Farizki, F. I., Suhendro, S., & Masitoh, E. (2021). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Likuiditas, Ukuran Perusahaan Dan Struktur Aset Terhadap Nilai Perusahaan. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 5(1), 17–22. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v5i1.273

Husna, A., & Satria, I. (2019). Effects of Return on Asset, Debt to Asset Ratio, Current, Firm Size, and Divident Payout Ratio on Firm Value. International Journal of Economics and Financial Issues, 9(5), 50–54. https://doi.org/10.32479/ijefi.8595

Indrayani, N. K., Endiana, I. D. M., & Pramesti, I. G. A. A. (2022). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Kebijakan Dividen, Leverage Dan Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Kharisma, 3(1), 52–62. https://doi.org/10.24114/niaga.v11i1.28449

Khoeriyah, A. (2020). Pengaruh Size, Leverage, Sales Growth Dan IOS Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Profita: Komunikasi Ilmiah Akuntansi Dan Perpajakan, 13(1), 96–111. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22441/profita.2020.v13i1.008

Kurniati, H., & Yuliana, I. (2022). Pengaruh Profitabilitas sebagai Variabel Intervening Pertumbuhan Penjualan terhadap Struktur Modal. Nominal Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 11(1), 165–183. https://doi.org/10.21831/nominal.v11i1.45978

Kusumawati, E., Yuliantoro, I. P., & Putri, E. (2021). Pentagon Fraud Analysis in Detecting Fraudulent Financial Reporting. Riset Akuntansi Dan Keuangan, 6(1), 74–89. http://journals.ums.ac.id/index.php/reaksi/index

Mudjijah, S., Khalid, Z., & Astuti, D. A. S. (2019). Pengaruh Kinerja Keuangan Dan Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan Yang Dimoderasi Variabel Ukuran Perusahaan. Jurnal Akuntansi Keuangan, 8(1), 41–56.

Nguyen, T. T. D. (2020). An empirical study on the impact of sustainability reporting on firm value. Journal of Competitiveness, 12(3), 119–135. https://doi.org/10.7441/joc.2020.03.07

Octavus, C., & Adiputra, I. G. (2020). Pengaruh Struktur Modal dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan Asuransi di Indonesia. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 2(4), 873–879. https://doi.org/10.24912/jmk.v2i4.9866

Pujiningsih, V. D. (2020). Pengaruh Sustainability Report Terhadap Nilai Perusahaan dengan Good Corporate Governance sebagai Variabel Pemoderasi. Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan, 8(3), 579–594. https://doi.org/10.17509/jrak.v8i3.22841

Putra, B. A. I., & Sunarto, S. (2021). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Nilai Perusahaan dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Moderasi. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 5(1), 149–157. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v5i1.195

Qureshi, M. A., Kirkerud, S., Theresa, K., & Ahsan, T. (2019). The impact of sustainability (environmental, social, and governance) disclosure and board diversity on firm value: The moderating role of industry sensitivity. Business Strategy and the Environment, 29(3), 1–16. https://doi.org/10.1002/bse.2427

Sari, D. K., & Wahidahwati. (2021). Pengaruh Pengungkapan Sustainability Report, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 10(4), 1–19. https://lib.unnes.ac.id/39075/

Sofiatin, D. A. (2020). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Likuiditas, Ukuran Perusahaan Dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan. Platform Riset Mahasiswa Akuntansi, 1(1), 47–57. https://doi.org/10.31599/jiam.v16i2.395

Surmadewi, N. K. Y., & Saputra, I. D. G. D. (2019). Pengaruh Likuiditas, Leverage, dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Farmasi. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 6, 567–593. https://doi.org/10.24843/eeb.2019.v08.i06.p03

Susila, M. R. (2023). Dampak COVID-19 Terhadap Hasil Analisis Kelayakan Investasi pada Saham Perusahaan BUMN. E-Jurnal Akuntansi, 33(7), 1796–1808. https://doi.org/10.24843/EJA.2023.v33.i07.p08

Sutama, D. R., & Lisa, E. (2018). Pengaruh Leverage dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Studi pada Perusahaan Sektor Manufaktur Food and Beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Jurnal Sains Manajemen Dan Akuntansi, 10(1), 21–39.

Sutarman, A., Karamoy, H., & Gamaliel, H. (2022). Pengaruh Asimetri Informasi, Konsentrasi Kepemilikan, Manajemen Laba Dan Pertumbuhan Aset Terhadap Cost of Equity Capital Pada Perusahaan Perkebunan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Riset Akuntansi Dan Auditing “Goodwill,” 13(1), 13–24. https://doi.org/https://doi.org/10.35800/jjs.v10i1.26472

Unduhan

Diterbitkan

2024-11-28