Pengaruh Cashless Society dan Cashback Terhadap Gaya Hidup Masyarakat (Studi Kasus Pada Pengguna Shopeepay Di Kelurahan TAKAL Surabaya)

Authors

  • Ayu Camelia Rahma Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Fitri Nuraini Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Tyasha Ayu Melynda Sari Universitas Muhammadiyah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/stb.v2i2.15906

Keywords:

Cashless society, cashback, lifestyle, habit, intention, cashless society, gaya hidup

Abstract

ABSTRACT

Its part in the technology and information systems development. Has presented non-cash payment instrument (cashless). This research was conducted on respondents who used the shopeepay application in TAKAL Village, Surabaya. The purposes of this study were to find out whether a cashless society had a partial effect on the lifestyle of the people in Takal Village Surabaya, find out whether cashback had a partial effect on the lifestyle of the people in Takal village Surabaya, find out if Habit has an effect on cashless society, and find out if Intention has an effect on cashless society. This research method used a quantitative approach. The data was obtained using a questionnaire and processed by SmartPLS 3.0 application. The sample in this study was 100 respondents. The method of determining the sample in this study used the Accidental Sampling method with the criteria that people have bought and used the Shopeepay application. The results of this study indicated that Cashless Society and Cashback affected people's lifestyles in TAKAL Village Surabaya, Habit has no effect on the Cahless society and intention has an effect on the Cashless Society

ABSTRAK

Pada sektor keuangan, peranan dari perkembangan teknologi dan sistem informasi telah menghadirkan alat pembayaran non tunai (cashless). Penelitian ini dilakukan pada responden yang menggunakan aplikasi shopeepay di Kelurahan TAKAL Surabaya. Tujuan penelitian ini adalah, untuk mengetahui apakah cashless society berpengaruh pada gaya hidup masyarakat di Kelurahan Takal Surabaya, untuk mengetahui apakah cashback berpengaruh pada gaya hidup masyarakat Kelurahan Takal Surabaya, untuk mengetahui apakah Habit berpengaruh pada cashless society, untuk mengetahui apakah Intention berpengaruh pada cashless society. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Data diperoleh menggunakan kuesioner dan data diolah dengan bantuan Aplikasi SmartPLS 3.0. Adapun sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Metode penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan metode Accidental Sampling dengan kriteria masyarakat pernah membeli dan menggunakan aplikasi shopeepay. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Cashless Society dan Cashback berpengaruh terhadap Gaya Hidup masyarakat di Kelurahan TAKAL Surabaya, Habit tidak berpengaruh terhadap Cahless society dan Intention berperngaruh terhadap Cashless Society.

References

Bisyriani, A. (2020). Pengaruh Transaksi Cashless DaPengaruh Transaksi Cashless Dan Minat Beli Terhadap Perilaku Konsumtif Masyarakat Kota Prepare. (n.d.).n Minat Beli Terhadap Perilaku Konsumtif Masyarakat Kota Prepare.

Ajzen, I. 1991. Theory of Planned Behavior. Organizational Behavior & Human Decision Process. Vol.50, pp.179-211.

Bamberg, S., & Schmidt, P. 2003. Incentives, Morality, or Habit? Predicting Students’ Car Use for University Routes with The Models of Ajzen, Schwartz, and Triandis. Environment & Behavior, Vol. 35, pp.264-285.

Bank Indonesia. (2019). Sistem Pembayaran dan Pengelolaan Uang Rupiah. Www. Bank Indonesia.Com. https://www.bi.go.id/id/fungsi-utama/sistem-pembayaran/default.aspx

Bank Indonesia. (2020). Apa Itu Uang Elektronik. https://www.bi.go.id/id/edukasi/Pages/Apa-itu-Uang-Elektronik.aspx

BPS Kota Surabaya. (n.d.). Arsip Monografi Kelurahan Tanah kalikedinding. Surabayakota.Bps.Go.Id. https://surabayakota.bps.go.id/statictable/2020/06/24/797/banyaknya-penduduk-dan-kepala-keluarga-kk-menurut-kelurahan-di-kecamatan-kenjeran-tahun-2019.html

Chaney, D. (1996). LIFESTYLES Sebuah Pengantar Komprehensif. JALASUTRA.

Darnton, A. (2008). GSR Behaviour Change Knowledge Review.

Elshabyta Auditya. (2018). Fintech Dan Cashless Society: Sebuah Revolusi Pendongkrak Ekonomi Kerakyatan. Universitas Gadja Mada.

Fabi, F., & Kementrian Keuangan. (2018). Sudah Saatnya Beralih ke E-money, Alat Pembayaran Zaman Now. Www.Kemenkue.Go.Id. https://www.kemenkeu.go.id/publikasi/artikel-dan-opini/sudah-saatnya-beralih-ke-e-money-alat-pembayaran-zaman-now/

Ghozali, I., & Latan, H. (2014). Partial Least Squares Konsep, Teknik, dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.0. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

H Kara, O. A. M. A. (2014). 済無No Title No Title No Title. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 7(2), 107–115.

Hastomo, A. D., & Aras, M. (2018). Influence of Cashless Society Socialization toward Trust Transaction Culture in Jakarta, Indonesia. Humaniora, 9(1), 1. https://doi.org/10.21512/humaniora.v9i1.4174

Hazbiyah Shahnaz, & Wuryanta Eka Wenats. (2020). Fenomena Cashlesspada Pembentukan Gaya Hidup Baru Generasi Milenial. Jurnal Ikon Agustus 2020, 24(2), 185–199. https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKON/article/view/1237/1000

Hermawan, A. (2012). Komunikasi Pemasaran. Erlangga.

Indrawati, dkk. (2017). Perilaku Konsumen Individu Dalam Mengadopsi Layanan Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi.

Karaiskos, D.C., Drossos, D.A., Tsiaousis, A.S., Giaglis, G.M., & Fouskas, K.G. 2012. Affective and Social Determinants of Mobile Data Service Adoption. Behaviour & Information Technology, Vol 31,pp.209-219.

Kotler dan Ketler. (2012). Manajemen Pemasaran. Erlangga.

Lenniawati, M., & Anastasia, N. (2021). THE INFLUENCE Of CASHLESS PAYMENT USAGE AND PROTECTION AGAINST FINANCIAL INCLUSION IN MICRO AND SMALL ENTERPRISES IN KEDIRI. International Journal of Financial and Investment Studies (IJFIS), 1(2), 67–76. https://doi.org/10.9744/ijfis.1.2.67-76

Made, A. W., Desy, S., S. (2019). Pengaruh Fenomena Cashless society terhadap Gaya Hidup Mahasiswa di Jakarta. Edukasi IPS, 3(2), 10–15.

Martin Garry, P. J. (2015). Modifikasi Perilaku. Pustaka Pelajar.

Moriarty, S. (2011). My Marketing Lab. Kencana.

Muiz, M., Rachma, N., Slamet, A. R. (2011). Pengaruh Sales Promotion Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Pembelian Ulang di Mediasi Variabel Kepuasan Konsumen.

Mulyadi. (2016). Sistem Akuntansi. Salemba Empat.

Mulyati, S. (2003). Kebijakan Sistem Pembayaran di Indonesia. Pusat Pendidikan dan Studi Kebanksentralan (PPSK).

Nurhikmah, S., & Rumah123. (2022). Dompet Digital Terbaik 2022 Di Indonesia. Rumah123.Com.

Nurrohyani, R., & Sihaloho, E. D. (2020). Pengaruh Promosi Cashback pada OVO dan Go-Pay Terhadap Perilaku Konsumen Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjadjaran The Effect of Cashback Promotion on OVO and Go-Pay Against Consumer Behavior of Padjadjaran University Faculty of Econom. Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Studi Pembangunan, 20(1), 12–25.

Pohan, A. (n.d.). Sistem Pembayaran Strategi dan Implementasi. Rajawali Pers.

Priansa. (2017). Perilaku Konsumen Dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Alfabeta.

Prof. Dr. Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Alfabeta.

Rahayu, D. W. S. (2019). Penerapan Diskon Dalam Menarik Minat Beli Konsumen Di Matahari Departement Store Kediri Town Square. AKUNTABILITAS: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Ekonomi, 12(2), 42–51. https://doi.org/10.35457/akuntabilitas.v12i2.915

Safirtri, K., & Kompas.com. (2021). Shopeepay Hadirkan 12.12 Bhirthday Deals, Cek Promo dan Jadwalnya. Www.Kompas.Com. https://money.kompas.com/read/2021/11/26/075619326/shopeepay-hadirkan-1212-birthday-deals-cek-promo-dan-jadwalnya?page=all

Salwa. (2019). Pengaruh penggunaan uang elektronik terhadap tingkat konsumsi mahasiswa.

Sinulingga, S. S. (2014). Analisa Kualitas Pelayanan Aplikasi Shopee Menggunakan Metode M-S-QUAL Dan Importance Performance Analysis Terhadap Pengguna Shopee Dikalangan Mahasiswa Usu.

Suhartadi, I., & Investor.id. (2021). Shopee Jadi E-commerce Peringkat Teratas di Indonesia. Www.Investor.Id. https://investor.id/business/266394/shopee-jadi-ecommerce-peringkat-teratas-di-indonesianbsp

Sutabri, T. (2012). Analisis Sistem Informasi.

Sutrisno, & hipoin.com. (2020). 4 Kelebihan Shopee Dari Pada Marketplace Lainnya Yang Perlu Kamu Ketahui. Www.Hipoin.Com. https://hipoin.com/artikel/kekurangan-dan-kelebihan-shopee/

Tarantang, J. (2019). Perkembangan Sistem Pembayaran Digital Pada Era Revolusi Industri 4.0 Di Indonesia.

Tazkiyyaturrohmah, R. (2018). 1240-3309-1-Pb. Muslim Heritage, 3(1), 21–39.

Triandis, H.C. 1977. Interpersonal Behaviour. Monterey: Brooks/Cole.

Utami, T. Y. D., & Nova. (2019). Ternyata Orang Indonesia Lebih Suka Gaya Hidup Cashless Dari Pada Tunai, Sudah Siap Menyambut Masa Depan. Www.Nova.Id. https://nova.grid.id/read/051682140/ternyata-orang-indonesia-lebih-suka-gaya-hidup-cashless-daripada-tunai-sudah-siap-menyambut-masa-depan?page=all

Vioky Rachmalo. (2019). Pengaruh Cashless Terhadap Gaya Hidup Sosial Dan Ekonomi.

Viona, V., Yohanes, K., Mega, L. S., Kurniawati, W., Farady Marta, R., & Isnaini, D. M. (2021). Narasi Shopee Dalam Mengembangkan Ekonomi Kreatif Berbasis Teknologi E-Commerce Di Era Modern. AGUNA: Jurnal Ilmu Komunikasi, I(2), 46–65. http://ejournal.amikompurwokerto.ac.id/index.php/AGUNA

Published

2022-11-30