Analisis Penerapan Metode Economic Order Quantity (EOQ) dan Penentuan Harga Jual Pada CV. Prima Abadi Jaya

Penulis

  • Lauren Sigarlaki Universitas Katolik Darma Cendika
  • Vincentia Devina Setyawati Universitas Katolik Darma Cendika

DOI:

https://doi.org/10.30651/stb.v3i2.20869

Kata Kunci:

Metode Economic Order Quantity (EOQ), Persediaan Bahan Baku, Harga Pokok Penjualan, Metode Full Costing.

Abstrak

Percetakan pada CV. Prima Abadi Jaya merupakan perusahaan yang bergerak dibidang industri percetakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jumlah persediaan bahan baku yang optimal pada CV. Prima Abadi Jaya dengan menggunakan metode Economic Order Quantity (EOQ) selama bulan Januari sampai Desember 2021. Pengumpulan data dilaksanakan untuk perhitungan kuantitas yang optimal dan menentukan harga jual yang diterapkan perusahaan dengan menggunakan metode full costing. Perhitungan Total biaya persediaan (TIC) jika perusahaan menerapkan metode Economic Order Quantity (EOQ) untuk produk majalah diperoleh Total Biaya Persediaan (TIC) bahan baku sebesar Rp 675.005 dan produk buku diperoleh Total Biaya Persediaan (TIC) bahan baku sebesar Rp 591.423. perhitungan harga pokok produksi dan harga jual yang optimal pada CV. Prima Abadi Jaya untuk produk majalah sebesar Rp 25.268, untuk produk buku sebesar Rp 11.768.

Referensi

Ahmad, Komarudin. 2007. Akuntansi Manajemen: Dasar-dasar konsep Biaya dan Pengambilan Keputusan. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Ana, Sarwi Endah. 2012. Analisis Pemesanan Bahan Baku Optimal Percetakan Merbabu Dengan Metode Economic Order Quantity. Diploma III. Manajemen Bisnis. Universitas Sebelas Maret.

Arikunto, S. 2006. Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Assauri, Sofjan. 2004. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Press.

Baroto, T. 2002. Perencanaan dan Pengendalian Produksi. Jakarta:Ghalia Indonesia.

Fahmi, Irham. 2016. Teori dan Teknik Pengambilan Keputusan Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Hadiguna. 2009. Manajemen Pabrik: pendekatan sistem untuk efisiensi dan efektivitas. Jakarta : Bumi Aksara.

Hanggana, Sri 2006. Prinsip Dasar Akuntansi Biaya, Mediatama. Surakarta

Heizer, Jay and Render Barry. 2015. Manajemen Operasi : Manajemen Keberlangsungan dan Rantai Pasokan. Salemba Empat, Jakarta

Herawan, Chandra and Pramiudi, Udi and Edison, Edison (2013) Penerapan Metode Economic Order Quantity Dalam Mewujudkan Efisiensi Biaya Persediaan STUDI KASUS PADA PT. SETIAJAYA MOBILINDO BOGOR. Jurnal Ilmiah Akuntansi Kesatuan, 1 (3). pp. 203-214.

Indrayati, Rike. 2007. Analisis Pengendalian Persediaan Bahan Baku Dengan Metode EOQ (Economic Order Quantity) Pada PT. Tipota Furnishings Jepara. Sarjana Ekonomi. Jurusan Akuntansi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang

Moleong, L. J. (2021). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Mulyadi, 2015 Akuntansi Biaya Yogyakarta:Unit Penerbit Dan Percetakan Akademik Manajamen Perusahaan YKPN, Edisi Kelima, h. 181.

Ranadhani, Suci. 2018. Analisis Persediaan Bahan Baku dengan Metode Economic Order Quantity Pada Industri Rumah Tangga Pia Mirah. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Jurusan akuntansi Universitas Muhammadiyah Makassar.

Subagyo, Pangestu. 2001. Manajemen Operasi. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta

Simbolon, Lolyta Damora. 2021. Pengendalian Persediaan. NTB: Forum Pemuda Aswaja.

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-05