EVALUASI PENERAPAN SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL PETTY CASH PADA PT. SINERGI INTEGRA PERSADA

Penulis

  • Rizka Farah Firdiana Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Anna Marina Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Halimatus Sa'diyah Universitas Muhammadiyah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/stb.v3i2.20221

Kata Kunci:

Sistem Pengendalian Internal, petty cash, COSO

Abstrak

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan gunamengevaluasi penerapan sistem pengendalian internal petty cash PT. Sinergi Integra Persada apakah sudah berjalan secara optimal sesuai dengan sistem pengendalian internal COSO. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa (1) komponen lingkungan pengendalian sudah berjalan dengan baik, (2) komponen penilaian resiko belum diterapkan dengan baik pada prinsip mengidentifikasi dan menganalisis resiko, (3) komponen aktivitas pengendalian belum diterapkan dengan baik pada prinsip pengembangan kegiatan pengendalian, (4) komponen komunikasi dan informasi belum diterapkan dengan baik pada prinsip komunikasi internal yang efektif, dan (5) komponen aktivitas pemantauan belum diterapkan dengan baik pada prinsip evaluasi berkelanjutan atau terpisah. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan sistem pengendalian internal petty cash PT. Sinergi Integra Persada belum berjalan secara optimal hal ini terlihat adanya beberapa komponen dan prinsip sistem pengendalian internal COSO pada saat pelaksanaannya belum sepenuhnya dijalankan.

Referensi

Committee of Sponsoring Organizations of the Treadway Commission (COSO). (2013). Internal Control-Integrated Framework. AICPA.

Committee of Sponsoring Organizations of the Treadway Commission (COSO). (2019). Internal Control - Integrated Framework. AICPAs Publication Division.

Fajar, I., & Rusmana, O. (2018). Evaluasi Penerapan Sistem Pengendalian Internal BRI Dengan COSO Framework. Jurnal Ekonomi, Bisnis, dan Akuntansi (JEBA), 20.

Marina, A., & Dkk. (2017). Sistem Informasi Akuntansi Teori Dan Praktikal. UM Surabaya Publishing.

Moleong, L. J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyadi. (2017). Sistem Akuntansi (edisi keem). Salemba Empat.

Nurdiyanti, D., & dkk. (2021). Evaluasi Penerapan Sistem Pengendalian Internal Terhadap Pengelolaan Dana Kas Kecil Pada PT. Wahana Wirawan Manado Nissan. Jurnal EMBA, 9, 323-330.

Pangkey, J., & Dkk. (2021). Evaluasi Sistem Pengendalian Intern Pengeluaran Kas Pada PT. Bank Sulutgo Cabang Utama. Jurnal EMBA, 9(1), 705-713.

Poluan, L., & Dkk. (2021). Evaluasi Sistem Pengendalian Internal Kas Di PT. Bumi Selaras Asri (Golden Spring dan Meeting Point) Manado. Jurnal LPPM Bidang EkoSosBudKum (Ekonomi, Sosial, Budaya, dan Hukum), 5(1), 68-75.

PT. Sinergi Integra Persada. (2023). https://sinergiintegra.com/

Ramadhani, S. D. (2022). Evaluasi Sistem Informasi Akuntansi Penjualan Dan Penerimaan Kas Untuk Meningkatkan Pengendalian Intern Pada Cv. Indospice Manado. Jurnal LPPM Bidang EkoSosBudKum (Ekonomi, Sosial, Budaya, dan Hukum), 6(1), 179-184.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Wulandari, P., & Epi, Y. (2021). Analisis Perlakuan Akuntansi pada Kas Kecil PT Alam Kantor Medan. Jebma (Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi), 1(1). https://doi.org/doi.org/jebma.v1n1.2021

Unduhan

Diterbitkan

2023-11-30