Pengaruh Kemampuan Pemahaman Konsep, Kemampuan Komunikasi dan Koneksi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah
Main Article Content
Abstract
Article Details
References
- Asni, Y. 2013. Pengaruh Pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) terhadap Peningkatkan Kemampuan Koneksi Matematika dan Kecemasan Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 2 Talang Empat Bengkulu Tengah. Thesis: Universitas Bengkulu.
- Baroody, A.J. 1993. Problem Solving, Reasoning, and Communicating, K-8 Helping Children Tink Mathematically. New York: Macmillan Publishing Company. Tersedia pada http://repository.upi.edu/3744/9/T PD 0908836 Bibliography.pdf. diakses pada tanggal 4 Mei 2015.
- Baroody, A.J. 2012. Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. [Online]. Tersedia pada http://catatantanti.blogspot.com/2012/11/komunikasi-matematika.html. Diakses pada tanggal 4 Mei 2015.
- Choto, A. 2009. Matematika Objek Dasar. Tersedia pada http://aanchoto.com/2009/09/matematika-objek-dasar/. Diakses pada tanggal 12 April 2015.
- Dianne, A. 2003. Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematika Siswa Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama dengan Menggunakan Metode Inkuiri. Program Pascasarjana (PPs) Universitas Pendidikan Indonesia. (Tesis tidak Dipublikasikan).
- Eddy, I. 2012. Pengaruh Self-Efficacy, Kemampuan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berpikir Kreatif terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah serta Dampaknya terhadap Hasil Belajar Matematika. Thesis: Universitas Bengkulu.
- Fachrurazi. 2011. Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Universitas Pendidikan Indonesia. Edisi Khusus. No.01.
- Fajri, N. 2012. Korelasi Antara Kemampuan Koneksi dan Komunikasi Matematis Siswa dengan Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Tersedia pada http://download.portalgaruda.org/article.php?=318217&val=6356&title=Korelasi%20Antara%20kemampuan%20koneksi%20dan%20Komunikasi%20matematis%20Siswa%20Dengan%20Menggunakan%20Pendekatan%20Contextual%20Teaching%20And%20Learrning (CTL). Diakses pada tanggal 4 Mei 2015.
- Firmansyah. 2001. Komunikasi Matematika. Tersedia pada http://updatekerinci.blogspot.com/2001/12/komunikasi-matematik. Diakses pada tanggal 4 Juli 2015.
- Haji, S. 2011. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Siswa melalui Pembelajaran Problem Posing. Makalah Disampaikan pada Seminar Nasional 2011. FKIP Universitas Bengkulu.
- . 2012. Develoving Student Character Through Realistik Mathematics Learning. Proceeding 3th International Seminar 2012: Building Indonesian Charactes through the Development of Early, Elementary, and Secondary Education: 310-317.
- Hamid, F. 2010. Modul Riset Publication 3 SKS, Pokok Bahasan Paradigama Penelitian Kuantitatifdan Kualitatif. Universitas Muhammadiyah Bengkulu: Pusat Pengembangan Bahan Ajar.
- Hariyadi, R. 2012. Definisi Pemahaman Konsep dalam Pembelajaran. Tersedia pada http://id.shovoong.com/social-sciences/education/226415. Diakses pada tanggal 15 April 2015.
- Hepsi, N. 2012. Pembelajaran Metakognitif untuk Meningkatkan Pemahaman dan Koneksi Matematika Siswa SMU Ditinjau dari Perkembangan Kognitif Siswa: Studi Eksperimen pada Siswa Salah Satu SMU di Cirebon. Program Pascasarjana (PPs) Universitas Pendidikan Indonesia. (Tesis tidak Dipublikasikan).
- Hulukati, E. 2005. Mengembangkan kemampuan Komunikasi dan pemecahan Masalah Matematika Siswa melalui Model Pemebelajaran Generatif. Tesis, Universitas Pendidikan Indonesia. Tersedia pada http://www.goole.com/#q=hulukati+2005%3A+kemampuan+komunikasi Diakses pada tanggal 30 April 2015.
- Kartika, Y. 2004. Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematika Siswa dengan Pembelajaran Learning Cycle. Tersedia di http://file.upi.edu/Direktori/ FMIPA/JUR_PEND_MATEMATIKA/198207282005012-KARTIKA YULIANTI/makalah_LC_(Solo).pdf. Diakses pada tanggal 4 April 2015.
- Kusuma, D.A. 2008. Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematik dengan Menggunakan Pendekatan Konstruktivisme. Tersedia pada http://pustaka.unpad.ac.id/wp.content/uploads/2009/06/meningkatkankemampuan-koneksi-matematik.pdf. Diakses pada tanggal 4 April 2015.
- Lestari, K.E. 2013. Implementasi Brain-Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi dan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Tesis SPS Universitas Pendidikan Indonesia.
- Mulyana, D. 2014. Rangkuman Buku Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Tersedia pada https://riesari.wordpress.com/2014/07/10/rangkuman-buku-ilmu-komunikasi-suatu-pengantar-karya-dedy-mulyana/. Diakses pada tanggal 30 April 2015.
- Nana, S. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.
- NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. America: Library of Congress Cataloguing.
- Oemar, H. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
- Prayitno, S. 2013. Kemampuan Komunikasi Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berjenjang. Makalah Dipresentasikan dalam Seminar Nasional Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya pada tanggal 18 Mei 2013.
- Purwanto, S.E. 2010. Meningkatkan Kemampuan Pemacahan Masalah Siswa SMP dan MTs melalui Pembelajaran Matematika Realistik. Thesis. Universitas Pendidikan Indonesia.
- Ridwan & Kuncoro. 2006. Cara Menggunakan dan Memaknai Analisis Jalur (Path Analysis). Bandung: Alfabeta.
- Rike. M. 2011. Pemahaman Konsep. Tersedia pada http://id.scribd.com/doc/67839324/Pemahaman-Konsep. Diakses pada tanggal 14 April 2015.
- Sahat, S. 2007. Mengembangkan Kemampuan Berpikir Logis Dan Komunikasi Matematik Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Pendekatan Matematika Realistik. Tersedia pada http://digilib.upi.edu/digitalview.php?digital_id=1474. Diakses pada tanggal 4 Mei 2015.
- Schunk, D.H. 2012 Teori-Teori Pembelajaran: Perspektif Pendidikan. Edisi Keenam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Stefanus. 2011. Metode Penelitian dan Beberapa Filsafat Ilmu. Tersedia pada http://emboen.files.wordpress.com. Diakses pada tanggal 12 November 2015.
- Sudjana. 1996. Metode Statistika. Bandung. Tarsito
- Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
- Suharsimi, A. 2004. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
- Sumarmo. 2006. Pembelajaran Keterampilan Membaca Matematika pada siswa Sekolah Menengah. Bandung: Jurnal Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Pendidikan Indonesia.
- Sya’roni. 2010. Pengaruh Kemampuan Pemahaman Konsep, Penalaran dan Komunikasi terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas VIII pada Materi Pokok Pythagoras di SMP Nusa Bangsa Demak Tahun Pelajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) Thesis, IAIN Walisongo.
- Syaifudin, A. 2004. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- . 2008. Realibilitas dan Validitas. Jakarta: Pustaka Pelajar.
- Wahyu, H. 2013. Mengembangkan Keterampilan Kemampuan Komunikasi dan Berpikir Logis serta Disposisi Matematika Siswa SMA melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Prosiding Seminar Nasional, Universitas Pendidikan Indonesia.
- Wardani, S. 2004. Penilaian Pembelajaran Matematika Berbasis Kompetensi. Diklat Instruktur/Pengembang Matematika SMK tanggal 7 s.d 20 Juli 2004 di Pusat Pengembangan dan Penataran Guru Matematika (PPPG) Matematika Yogyakarta. Yogyakarta: Departemen Pendidikan Nasional: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Pusat Pengembangan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika.
- . 2010. Teknik Pengembangan Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika di SMP/MTs, Diklat Guru Pemandu/Guru Inti/Pengembang Matematika SMP Jenjang Dasar Tahun 2010. Yogyakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Pusat Pengembangan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK).