Pengaruh Kemampuan Pemahaman Konsep, Kemampuan Komunikasi dan Koneksi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah

Sri Hartati (1), Ilham Abdullah (2), Saleh Haji (3)
(1) Universitas Bengkulu, Indonesia,
(2) Universitas Bengkulu, Indonesia,
(3) Universitas Bengkulu, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan pemamahan konsep (X1), kemampuan komunikasi (X2) dan kemampuan koneksi matematika (X3) terhadap kemampuan pemecahan masalah (Y); pengaruh kemampuan pemahaman konsep (X1) terhadap kemampuan komunikasi (X2), pengaruh kemampuan pemahaman konsep (X1) terhadap kemampuan koneksi (X3) dan pengaruh kemampuan komunikasi (X2) terhadap kemampuan koneksi (X3). Jenis penelitian ini adalah penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif. Populasinya adalah siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Padang Jaya. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik non-probability sampling, jenis sampel adalah sampel jenuh. Instrumen tes menggunakan Skala Likert dan uraian digunakan untuk pengambilan data. Data dianalisis dengan teknik Analisis Jalur dengan taraf signifikasi 5%. Hasil penelitian menunjukkan (1) ada pengaruh kemampuan pemahaman konsep yx1X1= 0,374), kemampuan komunikasi yx2X2 = 0,181), kemampuan koneksi ( yx3X3 = 0,201) terhadap kemampuan pemecahan masalah; (2) pengaruh  kemampuan pemahaman konsep x2x1X1 = 0,323) terhadap kemampuan komunikasi; (3) kemampuan pemahaman konsep x3x1X3 = 0,442) terhadap kemampuan koneksi, serta pengaruh  kemampuan komunikasi x3x2X3 = 0,470) terhadap kemampuan koneksi.

References

Read More

Authors

Sri Hartati
azharimr2016@gmail.com (Primary Contact)
Ilham Abdullah
Saleh Haji
Hartati, S., Abdullah, I., & Haji, S. (2017). Pengaruh Kemampuan Pemahaman Konsep, Kemampuan Komunikasi dan Koneksi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 2(1), 43–72. https://doi.org/10.30651/must.v2i1.403

Article Details

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.