Pengaruh Kemampuan Number Sense terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di SMP Negeri 8 Tarakan

Alfian Mucti, Nurmala R

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh number sense terhadap hasil belajar matematika siswa di SMP Negeri 8 Tarakan sehingga guru dapat merencanakan pembelajaran dari karakteristik number sense yang mereka miliki. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII di SMP N 8 Tarakan sedangkan pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier sederhana dimana kemampuan number sense siswa sebagai X dan hasil belajar matematika siswa sebagai Y. dari hasil penelitian diperoleh model persamaan linier regresi sederhana 14Y=4,003+0,22 X  dimana jika kemampuan number sense siswa nol maka hasil belajar matematika siswa 4,003 sedangkan jika kemampuan number sense meningkat sebesar 1 satuan maka hasil belajar siswa akan naik sebesar 0,22. Sedangkan dengan menggunakan R square diperoleh nilai sebesar 0,163 artinya pengaruh number sense hanya sekitar 16,3% terhadap hasil belajar matematika, artinya salah satu hal yang mempengaruhi hasil belajar matematika siswa adalah kemampuan number sense.

Keywords

number sense; regresi; hasil belajar matematika

References

Abdurrahman, M. (2009). Pendidikan bagi anak berkesulitan belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

A.M. Sardiman. (2011). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: Rajawali Press.

Greeno, J.G. (1978). Natures of problem solving abilities. In W.K. Estes (ed) Handbook of learning and cognitive processes. Volume 5. Human Information Processing; New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates, Publisher.

Indriati, I., & Hartono, Y. (2011). Penerapan model pembelajaran cooperative tipe STAD dengan soal-soal pemecahan masalah pada mata pelajaran matematika di SMA negeri 6 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika. 5(2), 157-170. https://doi.org/10.22342/jpm.5.2.583.

Mucti, A., Izzatin, M., & Nurmala, R. (2018) Pengembangan media “card 24” pada siswa SD kelas V dalam operasi hitung bilangan bulat. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 45-52. http://dx.doi.org/10.20527/edumat.v6i1.5119.

Riduwan. (2012). Metode & teknik menyusun proposal penelitian. Bandung: Alfabeta.

Saleh, A. (2009). Number sense. Belajar matematika selezat coklat. Bandung: Trans Media Pustaka.

Sugiyono. (2015). Statistika untuk penelitian. Bandung: Alfabeta.


DOI: http://dx.doi.org/10.30651/must.v5i1.3660

Refbacks

  • There are currently no refbacks.