Implementasi Model Think Talk Write (TTW) terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Tulis Peserta Didik

Isti Muhlisotin (1), M. Ivan Ariful Fathoni (2), Anisa Fitri (3)
(1) Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri, Indonesia,
(2) Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri, Indonesia,
(3) Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri, Indonesia

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis ialah kemampuan peserta didik dalam menguasai pendapat matematika berupa diagram, tabel, simbol atau media yang lainnya. Paradigma pembelajaran Think Talk Write (TTW) ialah satu metode diantara yang lain dipakai untuk mengajarkan peserta didik bagaimana berkomunikasi secara lisan dan tulisan. Tujuan penelitian ini yaitu melihat kemampuan komunikasi matematis tulis peserta didik menggunakan model TTW di SMA N 3 Bojonegoro. Penelitian ini memakai metode deskripsi kuantitatif. Populasi penelitian ialah semua peserta didik kelas X-IPS dan sampelnya X-IPS 3 yang di pilih dengan teknik random sampling. Sumber data berasal dari hasil tes peserta didik. Akumulasi data pada penelitian ini menggunkan tes tertulis dan teknik wawancara. Berdasarkan pembahasan dan hasil perhitungan setiap uji bahwa kemampuan komunikasi matematis tulis peserta didik lebih baik dengan model Think Talk Write (TTW). Oleh sebab itu model TTW dapat dijadikan alternative dalam proses belajar.

Full text article

Generated from XML file

References

Hamdayama, J. (2014). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.

Hamzah, A. (2014). Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Muslisrarini. (2014). Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Rahmawati, C., & Zhanty, L. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Siswa Menengah Terhadap Resiliensi Matematis. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 2(3), 147-154. http://dx.doi.org/10.22460/jpmi.v2i3.p147-154

Setiyawan, R., Darmawan, P., & Prayekti, N. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Menyelesaikan Soal SPLTV (Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel):Kasus Pada Siswa SMA Kelas X IPS. Prosiding:Konferensi Nasional Matematika dan IPA Universitas PGRI Banyuwangi (Vol. 1, no. 1, p. 31-43).

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Umar, W. (2012). Membangun Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Infinity, 1(1): 1-9.

Wardhana, I., & Lutfianto, M. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau dari Kemampuan Matematika Siswa. UNION:Jrnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(2), 173-184. https://doi.org/10.30738/.v6i2.2213

Authors

Isti Muhlisotin
M. Ivan Ariful Fathoni
fathoni@unugiri.ac.id (Primary Contact)
Anisa Fitri
Muhlisotin, I., Fathoni, M. I. A., & Fitri, A. (2021). Implementasi Model Think Talk Write (TTW) terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Tulis Peserta Didik. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 6(2), 207–216. https://doi.org/10.30651/must.v6i2.10498

Article Details