Pengaruh Kualitas Produk Harga dan Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Bekas di Badkidswear Surabaya

Penulis

  • Achmad Zakaria Maulana Rachman Program Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • M Anang Firmansyah Program Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/imp.v2i2.18112

Abstrak

his research was conducted to determine the effect of product quality, price and lifestyle variables on purchasing decisions. This research method uses a quantitative approach. Data collection was carried out online by distributing questionnaires to 120 respondents using a purposive sampling technique. The analysis tool uses SPSS version 25 through several stages as follows: Validity Test, Reliability Test, Multiple Linear Regression Analysis, Coefficient of Determination and Hypothesis Testing. The results of the Coefficient of Determination, obtained an R2 value of 0.402 or 40.2%. The remaining 59.8% of the decision to buy used clothes at BadkidsWear Surabaya is explained by other variables not examined.
The research results show that (1). Product quality has a positive and significant effect on purchasing decisions at BadkidsWear Surabaya. (2). Price has a positive and significant effect on purchasing decisions at BadkidsWear Surabaya. (3). Lifestyle has a positive and significant effect on purchasing decisions at BadkidsWear Surabaya. (4). Product Quality, Price and Lifestyle have a positive and significant effect simultaneously or together on purchasing decisions at BadkidsWear Surabaya.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh variabel kualitas produk, harga dan Lifestyle terhadap keputusan pembelian. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan secara online dengan menyebar kuesioner kepada 120 responden dengan teknik purposive sampling. Alat analisis menggunakan SPSS versi 25 melalui beberapa tahapan sebagai berikut : Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Analisis Regresi Linier Berganda, Koefisien Determinasi dan Uji Hipotesis. Hasil Koefisien Determinasi, diperoleh nilai R2 0,402 atau 40,2%. Sisanya sebesar 59,8% Keputusan Pembelian pakaian bekas di BadkidsWear Surabaya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Hasil Penelitian Menunjukkan Bahwa (1). Kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di BadkidsWear Surabaya. (2). Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di BadkidsWear Surabaya. (3). Lifestyle berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di BadkidsWear Surabaya. (4). Kualitas Produk, Harga dan Lifestyle berpengaruh positif dan signifikan secara simultan atau bersama – sama terhadap keputusan pembelian di BadkidsWear Surabaya.

Keywords: Product quality, Price, Lifestyle, buying decision

Biografi Penulis

Achmad Zakaria Maulana Rachman, Program Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Surabaya

mahasiswa Program Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Surabaya

M Anang Firmansyah, Program Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Surabaya

Dosen Program Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Surabaya

Referensi

Rangga, A, Nalendra, Winarno, Susanti, i. d., & Latumahina, (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Citra Merek Produksi Tiongkok Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Hp Android Xiaomi). Jurnal Mitra Manajemen, 3(12), 1171–1181.

Rachman & Firmansyah E-ISSN 2807-5846

P-ISSN 2807-8470

Improvement: Jurnal Manajemen dan Bisnis

Vol. 2 No. 2 September 2022 184

https://doi.org/10.52160/ejmm.v3i12.307

Badan Pengakajian Dan Pengembangan Perdagangan. (T.T.). Analisis Kebijakan Impor Pakaian Bekas | Bppp (Badan Pengkajian Dan Pengembangan Perdagangan). Diambil 10 Februari 2022, Dari http://bppp.kemendag.go.id/pengkajian/hasilanalisis/view/odm%3d

Bonita, B. V., & Sendow, G. M. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Indosat Im3 (Studi Pada Pt. Indo Harmoni Makmur Manado). 9.

Cahyani, N. L., & Hidayat, W. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Makanan, Harga, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Rm. Rindang 84 Cabang Pati). Vol. 9, 7.

Fatihudin. (2020). Metodologi Penelitian Edisi Revisi Untuk Ilmu Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi. Dalam Metodologi Penelitian Edisi Revisi Untuk Ilmu Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi (Vol. 4, Hlm. 75). Zifatama Jawara.

Firmansyah, Dr. M. A. (2018). Perilaku Konsumen. Deepublish. Www.Freepik.Com

Firmansyah, I. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, Harga Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Kober Mie Setan Di Kota Malang.

Management And Business Review, 3(2), 116–123. https://doi.org/10.21067/mbr.v3i2.4723

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Ibm Spss 25 (9 Ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Indonesia Impor 47 Ribu Ton Pakaian Dari Cina Sepanjang 2021—Perdagangan Katadata.Co.Id. (2021, November 15). https://katadata.co.id/agustiyanti/berita/6192533aaf3f4/indonesia-impor-47-Ribu-Ton-Pakaian-Dari-Cina-Sepanjang-2021

Jumrotul, L. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Jilbab Rabbani Di Butik Qta Ponorogo. Vol.6 No.1. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents?q=pengaruh+kualitas+produk+dan+harga+terhadap+keputusan+pembelian

Katili, B., Mandey, S. L., & Saerang, I. S. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Speaker Merek Yamaha Di Fortino Audio Manado. 10.

Kotler dan Armstrong. (2008). Pengertian Produk, Definisi Kualitas Produk, Dan Dimensi Kualitas Produk. https://surabaya.proxsisgroup.com/pengertian-produk-definisi-kualitas-produk-dan-dimensi-kualitas-produk/

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). marketing management (13th ed). pearson prentice hall.

Mowen, M. (2011). pengertian, jenis, indikator dan faktor yang mempengaruhi gaya hidup. https://www.kajianpustaka.com/2018/03/pengertian-jenis-indikator-dan-faktor-yang-mempengaruhi-gaya-hidup.html

Riani, Aprida, Chamidah, & Adjie. (2019). pengaruh produk, harga dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian konsumen (studi kasus pada toko kain kiloan aulia ponorogo). 3(1), 7.

Safitri Dewi, N., & Prabowo, R. E. (2018). performa kualitas produk, persepsi harga, promosi, dan gaya hidup dalam mempengaruhi proses keputusan pembelian minuman isotonik (studi konsumen minuman isotonik di kota semarang). vol.7 no.1, 7.

Sugiyono. (2017). metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan r&d. cv. alfabeta.

Syafnidawati. (2020, november 4). populasi dan sampel dalam penelitian. https://raharja.ac.id/2020/11/04/apa-itu-populasi-dan-sampel-dalam-penelitian/

Unduhan

Diterbitkan

2022-10-03