Pengaruh Word Of Mouth, Lifestyle dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Pada Komunitas Red Koffiee Armina Daily

Penulis

  • Khanif Varidah Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Kristiningsih Kristiningsih Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Phonny Aditiawan Mulyana Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Muhammad Alhakim Danurwindo Dosen Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/imp.v2i2.17730

Abstrak

The following research aims to determine and analyze the influence ofword ofmouth, lifestyle and brand image on purchasing decisions in the Red Koffiee Armina Daily Community. The following research uses a quantitative approach and the analysis method uses multiple linear regression. The data collection technique in this research was a questionnaire with a sample of 96 respondents. The results of the following research show that word of mouth has a positive and significant effect on purchasing decisions because the significance value is 0.000 <0.05. Lifestyle has a positive and significant effect on purchasing decisions because the significance value is 0.000 <0.05. Brand image has a positive and significant effect on purchasing decisions because the significance value is 0.004 <0.05. Word of mouth, lifestyle and brand image simultaneously have a positive and significant effect on purchasing decisions because the significance value is 0.000 <0.05. Word ofmouth, lifestyle and brand image affect the purchasing decision variables by 62.4% and the remaining 37.6% is explained by other variables outside the research model..

Penelitian berikut bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh word of mouth, lifestyle dan brand image terhadap keputusan pembelian pada Komunitas Red Koffiee Armina Daily. Penelitian berikut menggunakan pendekatan kuantitatif serta metode analisisnya menggunakan regresi linear berganda. Teknik pengambilan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner dengan jumlah sampel 96 responden. Hasil dari penelitian berikut memperlihatkan bahwasannya word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dikarenakan nilai signifikansi 0,000<0,05. Lifestyle berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dikarenakan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dikarenakan nilai signifikansi 0,004<0,05. Word of mouth, lifestyle dan brand image secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dikarenakan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Word of mouth, lifestyle dan brand image mempengaruhi variabel keputusan pembelian sebesar 62,4% dan sisanya 37,6% dijelaskan oleh variabel lain diluar model penelitian.

Keywords: Word of Mouth, Lifestyle, Brand Image and Purchase Decision

Biografi Penulis

Khanif Varidah, Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Surabaya

Dosen, Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Surabaya

Kristiningsih Kristiningsih, Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

Dosen Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

Phonny Aditiawan Mulyana, Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Surabaya

Dosen Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Surabaya

Muhammad Alhakim Danurwindo, Dosen Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Surabaya

Dosen Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Surabaya

Referensi

Alvionita, V. (2019). Pengaruh Word Of Mouth, Citra Merek Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Chatime. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen Vol.6 No.2

Honestdoc.(2019).https://www.honestdocs.id/batas-minum-kopi-sehari-indonesia

(diakses pada 10 Desember 2021)

Kotler, P& Amstrong, G. (2016). Principles of Marketing, 12th Edition, Jilid 1 Terjemahan Bob Sabran. Jakarta : Erlangga.

Kotler, P dan Keller, K.L. (2016). Marketing Management. Edisi ke 15. Pearson Education Limited

Kurniawan, A., & Ridlo, M.R (2017). Perilaku Konsumtif Remaja Penikmat Warung Kopi. Jurnal Sosiologi DILEMA Vol.32, No.1

Pasharibu, Y., Lidia, E.P., dan Febrianto, S. (2018). Price, Service Quality dan Trust on Online Transportation Towards Customer Satisfaction. Jurnal Ekonomi dan Bisnis21(2)

Priansa, D.J. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu pada Era Media Sosial.Bandung: CV Pustaka Setia

Purwati, A.A., Yusrizal, Ramadhani, I.C. (2019). Pengaruh Life Style, Kualitas Produk Dan Store Image Terhadap Keputusan Pembelian. Journal of Management and Bussines (JOMB) Vol.1 No.1

Putri, A.R & Ruswanti, E. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Konsumen Nesco Multicheck Di Pt Hafidz Medika, Jakarta Pusat). Jurnal InovisiTM Vol.12 No.2

Qomariah, N. (2020). Pengaruh Word Of Mouth Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Pada Restoran Running Korean Street Food Di Mall Plaza Mulia Samarinda. eJournal Administrasi Bisnis Vol.8 No.1

Rahmawati. (2016). Manajemen Pemasaran. Samarinda: Mulawarman University Press

Sanusi, A. (2015). Manajemen Strategi Pemasaran. Bandung: CV Pustaka Setia

Setiadi, N.J. (2010). Perilaku Konsumen. Jakarta: Prenada Media Group

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta

Sumarwan, U. (2018). Perilaku konsumen: Teori dan penerapannya dalam pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sunyoto, D. (2015). Strategi Pemasaran. Cetakan pertama. Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service)

Triyono, A & Susanti, D.N. (2021). Pengaruh Word of Mouth, Healthy Lifestyle, dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Merek Polygon di Kabupaten Kebumen. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen Vol.3 No.3

Yuniarti, V.S. (2015). Perilaku Konsumen Teori dan Praktik. Bandung:CV Pustaka Setia

Unduhan

Diterbitkan

2023-01-17