Analisis Kinerja PT. Jasa Raharja Dalam Penyelesaian Klaim Kecelakaan Lalu Lintas Pada Era Society 5.0

Gita Aulia Utami (1), Imsar Imsar (2)
(1) ,
(2)

Abstract

ABSTRAK

Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kinerja PT. Jasa Raharja Cab. Sumatera Utara dalam penyelesaian klaim kecelakaan lalu lintas pada era society 5.0. Penelitian ini dilakukan di kantor PT. Jasa Raharja Cab. Sumatera Utara. Jenis penelitian memakai metode deskriptif pendekatan kualitatif. Sedang teknik pengumpulan data yang dipakai peneliti yakni wawancara, observasi juga dokumentasi. Hasil penelitian ini mendiskripsikan bahwa kinerja dalam penyelesaian klaim PT. Jasa Raharja Cab. Sumatera Utara sudah berjalan seefisien mungkin. Dilihat dari terealisasikannya rata-rata pembayaran santunan selama 3 tahun 11 bulan: Rp. 713,570,352,518,- (2019-s/d Nov 22) dengan 58.334 ribu kasus dengan besaran santunan yang disalurkan. Penyelenggaraan layanan digital pada masyarakat pada era society 5.0 membawa dampak, yakni: (1) memberi layanan santunan inklusif. Dan (2) memberi pelayanan efisien 24 jam.

Kata Kunci: Kinerja, Klaim, Society 5.0

Full text article

Generated from XML file

References

Afifa, Umami, and Syahriza Rahmi. 2022. “Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Klaimen PT Jasa Raharja Cabang Sumatera Utara.†8(1): 33–42.

Alif, Karnadi. 2022. “Jumlah Kecelakaan Lalu Lintas Naik.†DataIndonesia.id. https://dataindonesia.id/sektor-riil/detail/jumlah-kecelakaan-lalu-lintas-naik-jadi-103645-pada-2021.

Anggraeni, Angga Dewi, “Pengaruh kualitas Pelayanan terhadap Kepuasaan Pelanggan pada Divisi Pelayanan Klaim di PT. Jasa Raharja (PERSERO) Cabang Jawa Barat†Jurnal Manajemen Bisnis, Vol 2. No 1, januari 2016

Faruqi, U. Al. (2019). Future Service In Industry 5.0. Jurnal Sistem Cerdas, 2(1), 67–79.https://doi.org/10.37396/jsc.v2i1.21

Fukuyama, Mayumi. 2018. “Society 5.0: Aiming for a New Human-Centered Societyâ€.Japan Economy Foundation Journal-Japan SPOTLIGHT.https://www.jef.or.jp/journal/pdf/220th_Special_Article_02.pdf. diakses tanggal 8 November 2022.

Mayumi Fukuyama. 2018. “Society 5.0: Aiming for a New Human-Centered Society.†Japan SPOTLIGHT (August): 8–13.

Moenir, H.AS. 2006. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Nugroho, Riant. 2004. Kebijakan Publik Formulasi, Impelentasi, dan Evaluasi. PT. Elek Media Komputindo: Jakarta

Peraturan Mentri Keuangan RI No. 15 dan 16/PMK.10/2017 Terkait Besaran Santunan dan Iuran Wajib Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Alat Angkutan Penampungan Umum di Darat, Sungai/Danau, Ferry/Penyebrangan Laut dan Udara.

PT. Jasa Raharja. Profil. (https://www.jasaraharja.co.id/page/detailprofil)

Rustandi. (2019). Kinerja Manajemen Sumber Daya Manusia di Era Disrupsi. Kebijakan: Jurnal Ilmu Administrasi, 10(2), 67–73.

Rafsanjani, H., & Sukmana, R. (2014). Pengaruh perbankan atas pertumbuhan ekonomi: studi kasus bank konvensional dan bank syariah di Indonesia. Jurnal Aplikasi Manajemen, 12(3), 492-502.

Rafsanjani, H. (2016). Etika Produksi Dalam Kerangka Maqashid Syariah. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 1(2).

Rafsanjani, H. (2022). Confirmatory Factor Analysis (CFA) untuk Mengukur Unidimensional Indikator Pilar Pengembangan Perbankan Syariah di Indonesia. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 7(2).

Rafsanjani, H. (2018). Studi Kritis Pemikiran Muhammad Yunus Tentang Grameen Bank. Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 2(1).

Rafsanjani, H. (2017). Peranan Pemerintah dan Aturan Al-Qur’an. Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 2(2).

Rafsanjani, H. (2022). Hutang Negara dan Sumber Alternatif Keuangan Negara Perspektif Islam. Maqasid: Jurnal Studi Hukum Islam, 9(2).

Rafsanjani, H. (2017). Peran Koperasi Wanita dalam Membangun Keuangan Inklusif Syariah. Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 2(2).

Rafsanjani, H. (2022). Peran Dewan Pengawas Syariah (DPS) Pada Lembaga Keuangan Syariah (Pendekatan Psikologi Sosial). Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 6(1), 267-278.

Sampe, F., Nazipawati, N., Samosir, M. S., Siregar, N. A., Pahlevi, R. W., Aziz, A. A., ... & Shadiq, T. F. (2022). Dasar-Dasar Ekonomi Pembangunan.

Satori, D. & Komariah, A. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Siagian, Juli. F. 2014. Kinerja PT. Jasa Raharja (Persero) di Jawa Tengah. http://www.fisip.undip.ac.id. 11-12

Sugiono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Alfabeta, Bandung. Tjiptono, Fandi. 2004. Manajeme

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alphabet.

Sulistyowati. 2012. “Dinamika Dan Problematika Asuransi Syariah (Mekanisme Kerja Asuransi Syariah & Prosedur Pembayaran Klaim).†Jurnal Maneksi 01(01): 337–66.

Undang-undang No. 33 Tahun 1964 terkait Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Penumpang

Undang-undang No. 34 Tahun 1964 Terkait Dana Kecelakaan Lalu Lintas

Wasitarini, D. E. (2019). Perpustakaan Satu Data. Jurnal Madika, 5(2), 26–39.

Zericka. M.Dhenda. 2013. Penerapan Electronic Service dalam Pengembangan Informasi di Kabupaten Kutai Kartanegara. E-Jurnal Ilmu Komunikasi, 1 (1): 345-361. Fisip-unmul.org

Wawancara

Berman, Kasubag Administrasi Santunan PT. Jasa Raharja Cab. Sumatera Utara, Wawancara Pribadi, 7 Desember 2022.

Authors

Gita Aulia Utami
gitaaulyia@gmail.com (Primary Contact)
Imsar Imsar
Utami, G. A., & Imsar, I. (2023). Analisis Kinerja PT. Jasa Raharja Dalam Penyelesaian Klaim Kecelakaan Lalu Lintas Pada Era Society 5.0. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 8(1). https://doi.org/10.30651/jms.v8i1.18133

Article Details