Pengaruh Islamic Market Orientation dan Inovasi Produk terhadap Kinerja Pemasaran UMKM Muslim di Panyabungan

Amalia Rahman Nasution (1), Annio Indah Lestari (2), Rahmat Daim Harahap (3)
(1) ,
(2) ,
(3)

Abstract

Abstract

This study aims to determine the effect of Islamic market orientation and product innovation on marketing performance. The sample used was 70 people obtained using the Slovin formula. Collecting data through a questionnaire directly to respondents namely muslim MSMEs in Panyabungan using a Likert scale. The data analysis technique used in multiple regression analysis with SPSS. The results ot the analysis show that Islamic market orientation has a positive and significant effect on marketing performance and product innovation has a positive and significant effect on marketing performance.

Key Words: Islamic market orientation, product innovation, marketing performance

Full text article

Generated from XML file

References

Alwi, T., & Handayani, E. (2018). Keunggulan bersaing ukm yang dipengaruhi oleh orientasi pasar dan inovasi produk. 20(03), 193–202.

Amin, M., Sudarwati, & Maryam, S. (2019). Analisis Pengaruh Inovasi Produk, Orientasi Pasar, Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Pemasaran di Sentra Industri Mebel Desa Sembungan. 03(02), 501–510.

Ayimey, K, E., Bloome, R. J., Kil, A., & Honyenuga, B. Q. (2020). Insight into How Market Orientation Impacts Marketing Performance in the Hotel Industry of Ghana. 115–140.

Bahren, B., Ramadhani, I., & Suroso, E. (2018). Membangun Keunggulan Bersaing Melalui Inovasi Produk, Inovasi Proses, Inovasi Marketing dan Inovasi Organisasi Untuk Meningkatkan Kinerja Perusahaan. 4(Mei), 8–18.

Bukhori, M. (2017). Keunggulan Bersaing Melalui Orientasi Pasar dan Inovasi Produk. 3(1), 18–31.

Gunawan, R. I., Moeljadi, & Aisjah, S. (n.d.). Pengaruh Orientasi Pasar dan Kompetensi Sumber Daya Manusia Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan.

Han, Kim, J., & Srivastava. (1998). Market Orientation and Organizational Performance: Is a Innovation a Missing Link? 62(4), 30–45. https://doi.org/https://doi/10.1177/002224299806200403

Harini, S., Silaningsih, E., & Putri, M. E. (2022). Pengaruh orientasi pasar , kreativitas dan inovasi produk terhadap kinerja pemasaran UMKM. 6(1), 67–82.

Hatta, I. H. (2015). Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan, Kapabilitas Pemasaran, dan Kinerja Pemasaran. Jurnal Aplikasi Manajemen (JAM), 13(4), 653–661.

Hidayat, S., & Murwatiningsih. (2018). Pengaruh Orientasi Pasar dan Kewirausahaan Terhadap Kinerja Pemasaran Melalui Kapabilitas Pemasaran Pada UMKM Lanting di Kecamatan Kuwarasan Kabupaten Kebumen. 7(1).

Lestari, R. (2019). Penerapan Strategi Pemasaran, Inovasi Produk Kreatif dan Orientasi Pasar Untuk Meningkatkan Kinerja Pemasaran UMKM. 4.

Lidya, & Linda. (2022). Pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi Produk, Dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Pemasaran Pada Umkm Sulaman Dan Bordir Di Kota Bukittinggi.

Lubis, N. K., Indah, A., & Nasution, L. (2023). Pengaruh Sistem Penghargaan Dan Gaya Komunikasi Pimpinan Untuk Meningkatkan Produktivitas Kinerja Karyawan ( Studi Kasus Panglong Lucky Centra Jalan Besar Tembung ). 4(January), 466–475.

Nurudin, Ady, F. Z., & Asyifa, L. N. (2022). Pengaruh Islamic Market Orientation dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran UMKM Muslim di Jawa Tengah. 8(03), 2405–2414.

Pertiwi, Y. D., Siswoyo, B. B., Malang, U. N., & Malang, U. N. (n.d.). Pengaruh orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran pada umkm kripik buah di kota batu. 231–238.

Rasyid, H. Al, & Indah, A. T. (2018). Pengaruh Inovasi Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha di Kota Tangerang Selatan. XVI(1).

Rafsanjani, H., & Sukmana, R. (2014). Pengaruh perbankan atas pertumbuhan ekonomi: studi kasus bank konvensional dan bank syariah di Indonesia. Jurnal Aplikasi Manajemen, 12(3), 492-502.

Rafsanjani, H. (2016). Etika Produksi Dalam Kerangka Maqashid Syariah. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 1(2).

Rafsanjani, H. (2022). Confirmatory Factor Analysis (CFA) untuk Mengukur Unidimensional Indikator Pilar Pengembangan Perbankan Syariah di Indonesia. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 7(2).

Rafsanjani, H. (2018). Studi Kritis Pemikiran Muhammad Yunus Tentang Grameen Bank. Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 2(1).

Rafsanjani, H. (2017). Peranan Pemerintah dan Aturan Al-Qur’an. Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 2(2).

Rafsanjani, H. (2022). Hutang Negara dan Sumber Alternatif Keuangan Negara Perspektif Islam. Maqasid: Jurnal Studi Hukum Islam, 9(2).

Rafsanjani, H. (2017). Peran Koperasi Wanita dalam Membangun Keuangan Inklusif Syariah. Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 2(2).

Rafsanjani, H. (2022). Peran Dewan Pengawas Syariah (DPS) Pada Lembaga Keuangan Syariah (Pendekatan Psikologi Sosial). Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 6(1), 267-278.

Sampe, F., Nazipawati, N., Samosir, M. S., Siregar, N. A., Pahlevi, R. W., Aziz, A. A., ... & Shadiq, T. F. (2022). Dasar-Dasar Ekonomi Pembangunan.

Septi Wulandari, N. N., Andi, K., & Widiyanti, A. (2022). Pengaruh Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Lembaga Keuangan Mikro di Lampung Selatan. Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Ekonomi Akuntansi, 6(1), 15. https://doi.org/10.31851/neraca.v6i1.7824

Suwarman, U., Fachrodji, A., & Nursal, A. (2010). Pemasaran Strategik Perspektif Value Based Marketing & Pengukuran Kinerja. IPB Press.

Tesa, A. (2017). Peran Inovasi Produk Dalam Memediasi Pengaruh Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Pemasaran. E-Jurnal Manajemen Unud, 6(4), 1816–1845.

Zebal, M. A., & Saber, H. M. (2014). Market Orientation in Islamic Banks a Qualitative Approach. Marketing Intelligence and Planning, 32(4), 495–527.

Authors

Amalia Rahman Nasution
amaliarahmannasution@gmail.com (Primary Contact)
Annio Indah Lestari
Rahmat Daim Harahap
Nasution, A. R., Lestari, A. I., & Harahap, R. D. (2023). Pengaruh Islamic Market Orientation dan Inovasi Produk terhadap Kinerja Pemasaran UMKM Muslim di Panyabungan. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 8(1). https://doi.org/10.30651/jms.v8i1.18029

Article Details