Stretegi Bank Syariah Menjaga Likuiditas pada Saat Pembiayaan Macet

Dedeng Sehabudin (1), Ali Imron Abdul Jabar (2)
(1) ,
(2) , Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang digunakan oleh BPRS Harum Hikmahnugraha dalam menanggulangi masalah pembiayaan macet dan bagaimana pengaruhnya terhadap likuiditas perbankan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif melalui teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan penyebaran angket. Data yang didapat kemudian diolah dengan metode hitungan rasio kesehatan BPRS. Berdasarkan hasil penelitian, strategi yang dilakukan oleh BPRS Harum Hikmahnugraha adalah restrukturisasi, ambil alih agunan, hapus buku dan hapus tagih, pinjaman kepada pihak ketiga. Dalam hasil akhir penelitian ini, menyatakan penilaian BPRS Harum Hikmahnugra secara rasio kesehatan bank dinyatakan sehat dengan nilai skor 2 (dua). Dari segi kecakupan likuiditas dengan menggunakan metode Quick Ratio dan Current Ratio, BPRS Harum Hikmahnugraha dinyatakan likuid dengan nilai rata-rata diatas 1 (satu) atau lebih dari 100%. Strategi yang telah dilakukan BPRS Harum Hikmahnugraha terbukti mampu berjalan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari tingkat likuiditas BPRS Harum Hikmahnugraha yang dihitung dengan Quick Ratio dan Current Ratio menunjukan bank yang likuid dan penilaian akhir rasio kesehatan bank yang meliputi permodalan, kualitas aset, rentabilitas dan likuiditas dinyatakan “sehatâ€.

Full text article

Generated from XML file

References

Al-Arif, M. N. R. (2012). Dasar-Dasar Pemasaran Bank Syariah. Alfabeta.

Andrianto, M. A. (2019). Manajemen Bank Syariah (Cetakan Pe). CV Penerbit Qiara Media.

David. (2014). Manajemen Strategi Konsep. Salemba Empat.

Hakiim, N., & Rafsanjani, H. (2016). Pengaruh internal capital adequency ratio (CAR), financing to deposit ratio (FDR), dan biaya operasional per pendapatan operasional (BOPO) dalam peningkatan profitabilitas industri bank Syariah di Indonesia. Jurnal Aplikasi Manajemen, 14(1), 161-168.

Hasan, A. (2010). Marketing Bank Syariah. Ghalia Indonesia.

Ibnudin. (2016). Prinsip Pengelolaan Likuiditas Bank Syariah. Jurnal Risalah, 1(1), 72.

Ihsan, E. P. H. R. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Bank Syariah. Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Studi Pembangunan, 20(2), 221–230.

Kasmir. (2002). Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya (Edisi Keen). Raja Grafindo Persada.

Kharima, A. N. (2016). Analisis Perbandingan Kinerja Bank Umum Konvensional Dengan Bank Umum Syariah Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Mahsiswa FEB Universitas Brawijaya, 4(2).

Kiki Mailan Riski, E. a. (2018). Pengaruh Likuiditas dan Rasio Aktivitas Terhadap Profitabilitas pada Perusahaan SUB Sektor Keramik, Porselen, dan Kaca Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Sultanist, 6(1), 79.

Muhammad. (2005). Manajemen Bank Syariah. UPP AMP YKPN.

Notoatmojo, M. I. (2018). Analisis Dampak Likuiditas Terhadap Profitabilitas Pada Bank Umum Syariah Di Indonesia Periode 2010 -2016. Equilibrium: Jurnal Ekonomi Syariah, 6(1), 19.

Rafsanjani, H. (2022). Confirmatory Factor Analysis (CFA) untuk Mengukur Unidimensional Indikator Pilar Pengembangan Perbankan Syariah di Indonesia. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 7(2).

Rafsanjani, H. (2022). Kewajiban Penyediaan Modal Minimum dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Capital Adequency Ratio pada Bank Syariah di Indonesia. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 5(2).

Rafsanjani, H., & Sukmana, R. (2014). Pengaruh perbankan atas pertumbuhan ekonomi: studi kasus bank konvensional dan bank syariah di Indonesia. Jurnal Aplikasi Manajemen, 12(3), 492-502.

Authors

Dedeng Sehabudin
sehabudindedeng@gmail.com (Primary Contact)
Ali Imron Abdul Jabar
Sehabudin, D., & Jabar, A. I. A. (2023). Stretegi Bank Syariah Menjaga Likuiditas pada Saat Pembiayaan Macet. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 8(1). https://doi.org/10.30651/jms.v8i1.15621

Article Details