Pengaruh E-Commerce dan Inovasi Produk dalam Meningkatkan Penjualan UMKM (Studi Kasus : UMKM Kota Binjai)
DOI:
https://doi.org/10.30651/jms.v7i4.13223Abstract
ABSTRAK
Sebagai pelaku ekonomi, UMKM dihadapkan pada banyak ketidakpastian yang terlihat dari aspek ekonomi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh E-Commerce dan Inovasi Produk terhadap peningkatan penjualan UMKM di kota Binjai. Jenis penelitian ini menggunakann metode kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data primer. Data primer adalah data dari sumber pertama. Data primer dalam penelitian ini berasal dari pelaku UMKM kota Binjai yang menerapkan E-Commerce dan inovasi produk. Populasi penelitian ini adalah UMKM kota Binjai. Teknik pengumpulan data yaitu dengan kuesioner kemudiann di olah dengan ujii Validitas dann reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-Commerce berpengaruh signifikan terhadap peningkatan penjualan UMKM di kota Binjai. Inovasi Produk berpengaruh signifikan terhadap peningkatan penjualan UMKM di kota Binjai.
KATA KUNCI : UMKM, E-Commerce, Inovasi Produk
References
Arief, & Satria, A. (2017). PENGARUH HARGA, PROMOSI, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA PERUSAHAAN A-36. Jurnal Lentera Bisnis, 6(1), 85. https://doi.org/10.34127/jrlab.v6i1.169
Cicik Harini dan SB Handayani. (2019). Pemasaran Kewirausahaan Melalui E-Commerce Untuk Meningkatkan Kinerja Umkm. Derivatif Jurnal Manajemen, 3(2252), 58–66.
Iskandar, D. A. (2020). Pengaruh Celebrity Adsense di Media Sosial dan Saluran Distribusi Terhadap Volume Penjualan Situs Belanja Online Wardah. KALBISOCIO Jurnal Bisnis Dan Komunikasi, 7(1), 27–33. http://112.78.142.42/index.php/kalbisocio/article/view/145
Mahzura, T. A. S. (2020). Pemanfaatan E-Commerce dalam Peningkatan Penjualan pada Buger Sei Putih Kota Medan. Jurnal Ekonomi Bisnis Manajemen Prima, 2(1), 65–80. https://doi.org/10.34012/jebim.v2i1.1178
Maftuhah, R. A., & Rafsanjani, H. (2019). Pelatihan Strategi Pemasaran Melalui Media Online Pada Produk Usaha Rumahan Krupuk Bawang dan Kripik Sukun. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 227-235.
Muzdalifa, I., Rahma, I. A., Novalia, B. G., & Rafsanjani, H. (2018). Peran fintech dalam meningkatkan keuangan inklusif pada UMKM di Indonesia (pendekatan keuangan syariah). Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 3(1).
Ningtyas, P. K., & Sunarko, B. (2011). ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI ADOPSI E-COMMERCE DAN PENGARUHNYA TERHADAP KINERJA UMKM. Jp.Feb.Unsoed, 95–107.
Noviani Hanum, A., & Sinarasri, A. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Adopsi E Commerce Dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Umkm (Studi Kasus Umkm Di Wilayah Kota Semarang). Maksimum, 8(1), 1. https://doi.org/10.26714/mki.8.1.2018.1-15
Nurlinda, & Fathimah, V. (2019). Determinan Adopsi E-Commerce dan Dampaknya Pada Kinerja Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan, 7(3), 445–464. https://doi.org/10.17509/jrak.v7i3.18105
Rudi Suprianto Ahmadi, Nining, H., & Luthfi, S. (2020). Peningkatan Volume Penjualan Pada Umkm Industri Kreatif Makanan, Minuman Melalui E-Commerce Di Kota Bandung. Jurnal Ilmu -Ilmu Sosial Dan Humaniora, 22(2), 172–180. https://doi.org/10.24198/sosiohumaniora.v22i2.24537
Rafsanjani, H., & Sukmana, R. (2014). Pengaruh perbankan atas pertumbuhan ekonomi: studi kasus bank konvensional dan bank syariah di Indonesia. Jurnal Aplikasi Manajemen, 12(3), 492-502.
Rafsanjani, H. (2014). Analisis Islamic Human Development Index di Indonesia (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS AIRLANGGA).
Safrianti, T. N. (2020). PENGARUH TRANSAKSI ONLINE (E-COMMERCE), MODAL, DAN LAMA USAHA TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN UMKM DI KABUPATEN TEGAL. 151–156.
Sari, I. Y. (2016). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan dan Inovasi Produk terhadap Kinerja UKM Kota Makassar. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Uin Alauddin Makassar, 1–134.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah and Faculty Of Islamic Religiuos Universitas Muhammadiyah Surabaya as publisher of the journal.
Copyright encompasses exclusive rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms and any other similar reproductions, as well as translations. The reproduction of any part of this journal, its storage in databases and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc., will be allowed only with a written permission from Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah and Faculty Of Islamic Religiuos Universitas Muhammadiyah Surabaya.
Faculty Of Islamic Religiuos Universitas Muhammadiyah Surabaya, the Editors and the Advisory Editorial Board make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in the Tadarus are sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
Rights of Authors
The Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah And Faculty Of Islamic Religiuos Universitas Muhammadiyah Surabaya recognize the retention of the following:
- Patent and trademark rights and rights to any process or procedure described in the article.
- The right to photocopy or make single electronic copies of the article for their own personal use, including for their own classroom use, or for the personal use of colleagues, provided the copies are not offered for sale and are not distributed in a systematic way outside of their employing institution (e.g. via an e-mail list or public file server). Posting of an article on a secure network (not accessible to the public) within the author institution is permitted.
- The right, subsequent to publication, to use the article or any part thereof free of charge in a printed compilation of works of their own, such as collected writings or lecture notes.