Peningkatan Keterampilan Speaking Siswa SMA di Situbondo melalui Diskusi Kelompok Kecil pada Program Kampung Bahasa

Penulis

  • Nine Febrie Novitasari Universitas Abdurachman Saleh Situbondo

DOI:

https://doi.org/10.30651/aks.v6i3.8581

Kata Kunci:

kampung bahasa, kelompok diskusi kecil, speaking

Abstrak

Speaking adalah salah satu dari empat keterampilan berbahasa Inggris yang penting untuk dikuasai utamanya di abad 21. Untuk memiliki keterampilan speaking yang baik, diperlukan strategi belajar yang sesuai. SMA Negeri 2 Situbondo, bekerja sama dengan Fakultas Sastra Universitas Abdurachman Saleh Situbond, membentuk program Kampung Bahasa (KABAS) yang ditujukan untuk membantu siswa-siswa SMA di Situbondo meningkatkan keterampilan berbahasa Inggris khususnya keterampilan speaking. Metode yang dipilih untuk kegiatan ini adalah pendampingan rutin dengan menerapkan strategi kelompok diskusi kecil. Strategi ini diharapkan mampu membantu siswa-siswa peserta KABAS meningkatkan keterampilan speaking mereka. Setelah proses pendampingan selama kurang lebih 3 (tiga) bulan, terdapat peningkatan keterampilan speaking siswa. Peningkatan ini mencakup aspek isi, pengucapan, tata bahasa, intonasi, kosakata, dan kelancaran dalam berbicara. Peningkatan yang ada dihasilkan dari proses diskusi antar anggota kelompok. Strategi diskusi kelompok kecil terbukti efektif membantu siswa memberi masukan untuk memeprbaiki kualitas penampilan siswa saat praktik berbicara. Selain itu, strategi kelompok diskusi kecil juga melatih siswa berani berbicara dengan percaya diri, bertukar pendapat, dan menghargai orang lain. Namun, hasil ini akan lebih maksimal jika saat pemberian materi tutor memberikan contoh yang cukup dan sesuai dengan kemampuan siswa sehingga siswa memiliki pemahaman yang cukup tentang materi terkait sebelum praktik speaking.

Biografi Penulis

Nine Febrie Novitasari, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo

Jurusan Sastra Inggris

Referensi

Alam, M. M. (2016). Problems in Teaching English Speaking Skill in Large Classes of Rural Colleges in Bangladesh: A Case Study. International Journal of Social Sciences, 44(1), 25–38. http://tijoss.com/44 volume TIJOSS/3Morshedul Alam article Manscruip_Speaking.pdf

Antoni, R. (2014). Teaching Speaking Skill Through Small Group Discussion. Journal of Education and Islamic Studies, 5(June), 55–64. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/almanar/article/view/4115

Bains, J. K. (2019). Importance of Spoken English in the Present Times. Journal of Advances and Scholarly Researches in Allied Education, 16(5), 817–820.

British Council. (2013). The English Effect. In Choice Reviews Online (Vol. 30, Issue 10). https://doi.org/10.5860/choice.30-5742

Chowdhury, N., & Shaila, S. (2013). Teaching speaking in large classes: Crossing the barriers. Stamford Journal of English, 6, 72-89. https://doi.org/10.3329/sje.v6i0.13904

Fauzi, I. (2017). Improving Students’ Speaking Ability through Small- Group Discussion. JER| Journal of ELT Research, 2(2), 130–138. https://doi.org/10.22236/JER_Vol2Issue2pp130-138

Hutagalung, C. N., & Sitorus, I. T. (2020). the Effectiveness of Using Small Group Discussion on Students’ Speaking Skill. Journey (Journal of English Language and Pedagogy), 3(1), 6–13. https://doi.org/10.33503/journey.v3i1.711

Jumiaty, A. A., & Ri’fah, D. (2017). Using Small Group Discussion as Learning Interactions to Improve the Students ’ Speaking Ability at Third Semester in English Department of Universitas Muhammadiyah Makassar. ELITE, 4(2), 135–149.

Rao, P. S. (2019). VS Publications Alford Council of International English & Literature Journal(ACIELJ). Alford Council of International English & Literature Journal(ACIELJ), 401(2), 6–18.

Sadiku, L. M. (2015). The Importance of Four Skills Reading, Speaking, Writing, Listening in a Lesson Hour. European Journal of Language and Literature, 1(1), 29–31. https://doi.org/10.26417/ejls.v1i1.p29-31

Saputra, S., Komariah, E., & Yuliana. (2017). The Perceptions of Students on the Importance of English Speaking Skill in the Tourism Sector. Research in English and Education (READ), 2(3), 78–89.

SMK Negeri 1 Boyolangu. (2020). KAMPUNG BAHASA SMK NEGERI 1 BOYOLANGU. https://www.smkn1boyolangu.sch.id/artikel/kampung-bahasa-smk-negeri-1-boyolangu

Soifah, U. (2019). Metode Small Group Discussion Untuk Meningkatkan Kompetensi Membaca Teks Hortatory Exposition. Tajdidukasi: Jurnal Penelitian Dan Kajian Pendidikan Islam, 8(2), 137–153. https://doi.org/10.47736/tajdidukasi.v8i2.284

Szmigiera, M. (2021). The most spoken languages worldwide in 2021. https://www.statista.com/aboutus/our-research-commitment

Unduhan

Diterbitkan

2022-07-25

Terbitan

Bagian

Artikel