Isi Artikel Utama

Abstrak

Pariwisata di Kabupaten Konawe Selatan terus berkembang dan menunjukkan kontribusinya dalam menyejahterakan masyarakat. Kecenderungan perkembangan pariwisata sekarang ini tidak merujuk pada pelestarian nilai-nilai budaya daerah lokal, melainkan hanya terkonsentrasi pada industri ekonomi kreatif. Permasalahan ini tentunya dapat mengancam keberadaan pariwisata budaya  di mana identitas budaya daerah lokal pada sektor pariwisata di Kabupaten Konawe Selatan mulai ditinggalkan. Tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk melaksanakan pengedukasian dengan cara sosialisasi dini terhadap masyarakat khususnya siswa-siswa dan guru Tk Nur Kamil dan Tk Sanggula Pertiwi untuk diperkenalkan tentang budaya daerah yang saat ini sudah mulai di lupakan. Metode pelaksanaan yang digunakan untuk mencapai tujuan-tujuan pelestarian tersebut adalah dengan melakukan sosialisasi dan edukasi serta memperkenalkan keragaman budaya daerah berupa baju adat, alat musik, tarian daerah budaya setempat. Hasil yang diperoleh dari kegiatan program pengabdian pada masyarakat ini adalah para peserta Iptek bagi Masyarakat telah diberikan edukasi dan bimbingan untuk mengetahui cara melestarikan budaya daerah untuk selanjutnya dapat dikembangkan sebagai sektor pariwisata di daerah. Para peserta dalam kegiatan bimbingan dan edukasi telah memahami, mengerti dan mengetahui jenis dan bermacam-macam budaya-budaya daerah mulai dari pakaian adat, lagu daerah, alat musik tradisional, tarian daerah, maupun senjata tradisional daerah.

Kata Kunci

budaya daerah pengembangan pariwisata

Rincian Artikel

Biografi Penulis

Lilianti lilianti, Universitas Muhammadiyah Kendari

Dosen FKIP Universitas Muhammadiyah Kendari

Referensi

  1. Dwi, F., Nurhadi, C., & Rengu, S. P. (2004). Strategi Pengembangan Pariwisata Oleh Pemerintah Daerah Terhadap Pendapatan Asli Daerah (Studi pada Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Kabupaten Mojokerto. Jurnal Administrasi Publik (JAP), 2(2), 325–331.
  2. Fauzan, R., & Nashar, N. (2017). “Mempertahankan Tradisi, Melestarikan Budaya†(Kajian Historis dan Nilai Budaya Lokal Kesenian Terebang Gede di Kota Serang). Jurnal Candrasangkala Pendidikan Sejarah, 3(1), 1. https://doi.org/10.30870/candrasangkala.v3i1.2882
  3. Lilianti, L., Adam, A., Asrul, A., & Arfin, A. (2019). Penanganan Kesulitan Belajar Siswa Dengan Pendekatan Psikologi Belajar di SMA Negeri 3 Kendari. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 19(3), 1–11.
  4. Maulida. (2020). Optimalisasi Perkembangan Motorik Halus Anak Melalui Permainan Lagu Daerah “Ampar-Ampar Pisang.†Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 11(1), 10–16.
  5. Nahak, H. M. I. (2019). Upaya Melestarikan Budaya Indonesia Di Era Globalisasi Effort To Preserve Inddonesian Culture In The Era Of Globalization. Jurnal Sosilologi Nusantara, 5(1), 65–76. https://doi.org///doi.org/10.33369/jsn.5.1.65-76
  6. Nasir, N., Rahmawati, R., & Adam, A. (2019). Identifikasi Nilai Pedagogis Tarian Lulo untuk Memperkuat Rasa Persatuan pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 371. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.336
  7. Nur, D., Maqfiroh, M., Putu, L., Budyawati, I., & Jember, U. (2020). Pengembangan Media Motif (Monopoli edukatif) Dalam Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligence Pada Anak TK Kelompok B. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 11(1), 65–74.
  8. Rohani, R., Fety Novianty, F. N., & Syarif Firmansyah, S. (2018). Analisis Upaya Melestarikan Nilai-Nilai Budaya Pada Masyarakat Adat Melayu di Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya. Vox Edukasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 9(2), 82–162.
  9. Suparno, S., Geri Alfikar, G. A., Dominika Santi, D. S., & Veronika Yosi, V. Y. (2018). Mempertahankan Eksistensi Budaya Lokal Nusantara Ditengah Arus Globalisasi Melalui Pelestarian Tradisi Gawai Dayak Sintang. Jurnal Pekan, 3(1), 43–56.
  10. Sulasman, & Gumilar, S. (2013). Teori-teori Kebudayaan, dari Teori Hingga Aplikasi. Bandung: CV. Pustaka Setia.
  11. Sujiono, Y. N. (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama