Isi Artikel Utama

Abstrak

Program Pengembangan Usaha Produk Intektual Kampus (PPUPIK) Pusat Produksi Benih Tanaman Bersertifikat Universitas Muhammadiyah Makassar pada masa pandemi Covid 19 tetap melakukan aktivitas, namun aktivitas dilakukan di rumah karena adanya penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Makassar.  Kegiatan promosi dan pemasaran produk PPUPIK menggunakan media cetak dan media elektronik. Jenis media cetak yang digunakan yaitu : xbanner, brosur, buku, dan koran. Media elektronik yaitu : video dan internet. Xbanner dipajang di ruang depan kantor PPUPIK dan dipajang pada stand pameran saat mengikuti pameran. Brosur dibagikan pada pengunjung selama kegiatan pameran. Buku disimpan diperpustakaan kampus dan dipajang saat pameran. Publikasi kegiatan pada koran Tribun Timur. Media elektronik berupa video telah diunggah ke YouTube dengan judul cara memproduksi benih jagung hibrida. Penjualan secara langsung selama pandemi tidak dilakukan, penjualan hanya melalui internet. Pengiriman produk menggunakan jasa angkutan on line untuk  wilayah Makassar dan sekitarnya sedangkan untuk jarak jauh menggunakan  jasa pengiriman barang seperti kantor pos. Metode Pembayaran dilakukan melalui transfer setelah barang diterima konsumen.

Kata Kunci

Brosur Buku E-Commerce Koran Pameran.

Rincian Artikel

Biografi Penulis

Abubakar Idhan, Universitas MUhammadiyah Makassar

Prodi Agroteknologi 

Kasifah Kasifah, Universitas Muhammadiyah Makassar

Prodi Agroteknologi

Asriyanti Syarif, Universitas Muhammadiyah Makassar

Prodi Agribisnis

Referensi

  1. Amalia, N., Sukarelawati, & Kusumadinata, A. (2017). Promosi Personal Selling Surat Kabar Bogor Today dalam Menarik Minat Pemasang Iklan. Komunikation, 3(1), 9–20.
  2. Fatimah, M., & Musfiroh, M. (2017). Perbedaan Media Promosi Kesehatan Booklet dan Video terhadap Keterampilan Deteksi Dini Kanker Payudara pada Wanita Usia Subur. Jurnal Placentum, 5(2), 37–45. Retrieved from https://jurnalplacentum.fk.uns.ac.id/index.php/placentum/article/view/78/41
  3. Garside, S. K. D. dan A. K. (2014). Perancangan Website Sebagai Media Promosi Dan Penjualan Pada Home Industry Abon. Jurusan Teknik Industri, 15(2), 170–181.
  4. Jamaludin, A. (2015). Pengaruh Promosi On line dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Pelanggan Aryka Shop di Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 21(1), 85820.
  5. Majdah Zawawi1 and Noriah Ramli. (2016). Pengaruh Kemampuan E-commerce dan Promosi di Media Sosial Terhadap Kinerja Pemasaran. Jurnal Ilmiah “INTEGRITAS,†Vol.2 No.(May), 31–48.
  6. Maulana, S. M., Susilo, H., & Riyadi. (2015). Implementasi E-Commerce Sebagai Media Penjualan Online. Jurnal Administrasi Bisnis, 29(1), 1–9.
  7. Prihadi, D., & Susilawati, A. D. (2018). Pengaruh Kemampuan E-Commerce dan Promosi di Media Sosial terhadap Kinerja Pemasaraan. Benefit: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 3(1), 15. https://doi.org/10.23917/benefit.v3i1.5647
  8. Sahara, S. F. (2013). Pelaksanaan Promosi Melalui Media Cetak Brosur Pada Obyek Wisata Balai Kerapatan Tertinggi Kabupaten Siak. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
  9. Silvana, H., & Damayanty, D. (2014). Penggunaan X Banner Dalam Promosi Layanan Perpustakaan. Jurnal Kajian Komunikasi, 2(2), 105–117. https://doi.org/10.24198/jkk.vol2n2.1
  10. Suprapto, H. A. (2016). Pengaruh Penetapan Harga Dan E-Commerce Terhadap Tingkatpenjualan Pada Usaha Jack Donut Di Curug Tanah Baru Depok. JABE (Journal of Applied Business and Economic), 2(4), 345–354. https://doi.org/10.30998/JABE.V2I4.1527
  11. Yahya, A. O. (2015). Efektivitas Website Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kota Bogor.