Isi Artikel Utama

Abstrak

Kemampuan generasi Muslim membaca Al-Qur’an sangat penting di dalam memahami ajaran Islam. Al-Qur’an adalah pedoman dan petunjuk bagi seorang Muslim tidak cukup untuk dibaca, tetapi juga sangat penting untuk dipahami secara mendalam dan dipraktikkan ajarannya dalam kehidupan sehari-hari. Dengan tujuan agar kemampuan membaca dan memahami ayat-ayat Al-Qur’an semakin baik, maka pembacaan terhadap Kitab Suci tersebut harus dipelajari secara terus menerus dengan berbagai bentuk kegiatan seperti kegiatan belajar Tahsin Al-Qur’an. Tujuan kegiatan ini adalah untuk mendampingi anak asuh Panti Asuhan putri ‘Aisyiah kecamatan Dau dalam pembelajaran Al-Qur’an dengan tahsin. Hasil dari kegiatan ini sudah berjalan dengan baik, sebagaimana yang sudah direncanakan pengabdi sebelumnya. Walaupun ada sedikit kendala karena Covid-19 dan pemerintah menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat pada Juli 2021, Namun kegiatan tahsin di Panti Asuhan ‘Aisyiyah Putri mendapat respons yang sangat baik dari para santri di panti asuhan tersebut karena hampir setiap kegiatan mereka selalu hadir dan menhikuti kegiatan dengan antusias. Materi makhorijul huruf dan tajwid yang pengabdi ajarkan mencapai 85% sudah dikuasai oleh anak-anak Panti Asuhan Putri ‘Aisyiah.

Kata Kunci

panti asuhan pembelajaran al-qur’an pendampingan tahsin

Rincian Artikel

Biografi Penulis

Nafik Muthohirin, Universitas Muhammadiyah Malang

Dosen Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Malang

Referensi

  1. Albadi, Supraha, W., & Indra, H. (2021). Implementasi Seni Baca Irama Al Qur’an (Nagham) Dalam Metode Pembelajaran Tahsin Al-Qur’an. Rayah Al-Islam, 5(01), 98–112. https://doi.org/10.37274/rais.v5i1.389
  2. Amaliah, S., Rahman, K., & Mujahidin, E. (2021). Kurikulum Tahsin Al-Qur’an (Studi Analisis di Ma’had Kareem Bil-Qur’an) (Vol. 5, Issue 2).
  3. Ariani, S. (n.d.). PROGRAM BENGKEL MENGAJI (Upaya Peningkatan Kemampuan Tahsin Al-Qur’an Mahasiswa PAI).
  4. Arsyad, M., Tinggi, S., Al-Qur’, I., Amuntai, R., Selatan, K., & Abstrak, I. (n.d.). AL-MUHITH. https://doi.org/10.35931/ak.v1i1.939
  5. Bustomi, M., Laeli, S., & Kunci, K. (2021). Pembinaan Program Tahsin Al-Qur’an dalam Meningkatkan Potensi Menghafal Al-Qur’an Anak-Anak di Majelis Ta’lim Nurul Fadhilah. Kilas Artikel Abstrak, 2, 169–174. https://doi.org/10.30997/ejpm.v2i2.4346
  6. Ginting, N. (2022). IMPROVING THE ABILITY TO READ THE QURAN THROUGH THE TAHSIN PROGRAM BASED ON THE TALAQQI METHOD. JCES (Journal of Character Education Society), 5(2). https://doi.org/10.31764/jces.v3i1.7228
  7. Junita, K., Idi, A., & Rusdi, A. (2022). Pelaksanaan Program Tahsin dan Tahfidz Al-Qur’an dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik. Muaddib : Islamic Education Journal, 5(2), 2022. https://doi.org/10.19109/muaddib.v5i2.15242
  8. Khoiruddin, H., & Kustiani, A. W. (2020). MANAJEMEN PEMBELAJARAN TAHSIN AL-QURAN BERBASIS METODE TILAWATI. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 5(1), 55–68. https://doi.org/10.15575/isema.v5i1.5546
  9. Kusuma Sulyandari, A., Pengabdian Masyarakat, J., Santri Putri Pada Kegiatan Tahsin Qur, P. AL, & Dengan Metode Jibril, A. (n.d.). As-sidanah.
  10. Maulana, M. R., & Nasir, M. (2022). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Aplikasi Android pada Pembelajaran Ilmu Tahsin dan Tajwid. Jurnal Basicedu, 6(2), 1756–1765. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2280
  11. Oktaviani, E., & Husin, H. (2022). Implementasi Pembelajaran Tahsin Al-Qur’an dan Amaliyah Keagamaan di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5063–5075. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.3025
  12. Pelatihan Baca Al-Quran Dengan Metode Tahsin di Dayah Darutthalibin Al-Aziziyah Gampong Mesjid Baro Kecamatan Samalanga Kabupaten Bireuen Mursyidi, P., Awali, S., Kasir, I., Umar, A., & Artikel, I. (2022). KHADEM: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (Vol. 1, Issue 1).
  13. Pendidikan dan Studi Islam, J., Standarisasi Tahsin Tilawah di SMPIT Insantama Bogor Rahmat Hidayat, P., Kania Rahman Risalah, I., Hidayat, R., & Kania Rahman, I. (2023). Program Standarisasi Tahsin Tilawah di SMPIT Insantama Bogor Tahsin Recitations Standardization Program at SMPIT Insantama Bogor. 9(1). https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i1.414

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama