Isi Artikel Utama

Abstrak

UMSurabaya juga telah banyak menghasilkan produk inovasi alat bantu disabilitas karya mahasiswa dan dosen sebagai bentuk kepedulian kepada mereka. Produk inovasi alat bantu disabilitas terbaru yang dibuat UMSurabaya berupa BIMA Tuktuk (Inovasi Kursi Roda dengan Kendali Ketukan untuk Mahasiswa Tuna Daksa berbasis Android). Adapun tujuan pembuatan produk ini adalah untuk memberikan kemudahan akses mobilitas yang menunjang penyandang difabel menuju ke ruang pembelajan, meningkatkan efektifitas penggunaan BIMA Tuktuk karena dapat beroprasi secara otomatis, serta meningkatkan partisipasi para mahasiswa disabilitas atas peningkatan fasilitas yang mereka butuhkan. Produk BIMA Tuktuk ini dibuat menggunakan model inovasi yang dilengkapi dengan sejumlah fitur kenyamanan disabilitas dengan adanya sensor presisi tinggi pada bodi, kamera pengenal gambar, dan teknologi AI (Artificial Intelligence), yang memungkinkan BIMA Tuktuk ini beroperasi tanpa memerlukan kendali manusia. Pengembangan produk BIMA Tuktuk diperuntukkan untuk kelas yang menerima mahasiswa disabilitas. Pembuatan produk inovasi ini sebagai bukti bahwa UMSurabaya dapat menjadi contoh kampus inklusif, baik dalam artian kepedulian dan kebijakan, namun juga dalam rangka pengembangan model inovasi yang tepat guna. Harapannya produk inovasi BIMA Tuktuk mampu memberikan kemudahan akses mobilitas menuju ruang pembelajaran, sehingga mereka siap mengikuti pembelajaran secara optimal.

Kata Kunci

bima tuktuk produk inovasi disabilitas umsurabaya

Rincian Artikel

Biografi Penulis

Vella Rohmayani, (ID Scopus : 57203588848) Universitas Muhammadiyah Surabaya

ID Scopus : https://www.scopus.com/authid/detail.uri?authorId=57203588848

ID SINTA: https://sinta.kemdikbud.go.id/authors/detail?id=6748356&view=overview

ID Google Scholar : https://scholar.google.co.id/citations?hl=en&user=uf9X5KoAAAAJ

Referensi

  1. Batan, I Made Londen. 2006. “Pengembangan Kursi Roda Sebagai Upaya Peningkatan Ruang Gerak Penderita Cacat Kaki.†Jurnal Teknik Industri 2: 97–105.
  2. Brier, Jennifer, and lia dwi jayanti. 2020. 21 No 主観的å¥åº·æ„Ÿã‚’中心ã¨ã—ãŸåœ¨å®…高齢者ã«ãŠã‘ã‚‹ å¥åº·é–¢é€£æŒ‡æ¨™ã«é–¢ã™ã‚‹å…±åˆ†æ•£æ§‹é€ 分æžTitle. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203.
  3. Dani, Akhmad Wahyu, Andi Adriansyah, and Dodi Hermawan. 2016. “PERANCANGAN APLIKASI VOICE COMMAND RECOGNITION BERBASIS ANDROID DAN ARDUINO UNO Akhmad Wahyu Dani , Andi Adriansyah , Dodi Hermawan.†Jurnal Teknologi Elektro Universitas Mercu Buana 7(1): 11–19.
  4. Desai, Sumit, S. S. Mantha, and V. M. Phalle. 2017. “Advances in Smart Wheelchair Technology.†2017 International Conference on Nascent Technologies in Engineering, ICNTE 2017 - Proceedings.
  5. Fatoni, Muhammad Hilman et al. 2022. “Pemanfaatan Kursi Roda Elektrik Dengan Kendali Joystick Guna Meningkatkan Kemandirian Siswa Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Luar Biasa D Yayasan

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama