Isi Artikel Utama

Abstrak

Kegiatan pendampingan kelompok belajar siswa menggunakan metode drill pada muatan matematika bertujuan untuk: memberikan pendampingan belajar mengenai materi muatan matematika kepada siswa-siswi SD Negeri Beji 03. Metode pendekatan untuk pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini meliputi metode drill, metode ceramah dan metode tanya jawab. Hasil  yang dicapai pada pelajaran matematika adalah meningkatnya pemahaman konsep siswa serta meningkatkan kemampuan siswa dalam mengerjakan soal-soal pada muatan matematika. Hal ini ditunjukan dari rata-rata nilai pretest dan postest yang meningkat dari awalnya 5,0 menjadi 6,5. Hasil angket respon kepuasan  siswa dalam kegiatan pendampingan menunjukkan bahwa siswa dalam kegiatan pendampingan belajar menilai kegiatan pendampingan belajar ini sangat bermanfaat dan menyenangkan. Kegiatan pendampingan belajar ini juga memberikan pengalaman langsung kepada siswa kelas 6 SD Negeri Beji 03.

Kata Kunci

Kelompok belajar muatan matematika hasil belajar

Rincian Artikel

Referensi

  1. Andayani, R., Ilmu, J., & Masyarakat, K. (2016). METODE DRILL BERMEDIA FLASH CARD UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN PRAKTIK CUCI TANGAN PAKAI SABUN PADA ANAK TUNAGRAHITA Info Artikel. JHE Journal of Health Education, 1(1), 37–43. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jhealthedu/
  2. Anggraeni, V. T., Sutama, S., & Samino, S. (2015). Dampak Komunikasi Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Sekolah Dasar. Jurnal VARIDIKA, 26(1), 69–76. https://doi.org/10.23917/varidika.v26i1.1106
  3. Basa, Z. A., & Hudaidah, H. (2021). Perkembangan Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Matematika Siswa SMP pada Masa Pandemi COVID-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 943–950. https://www.edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/461
  4. Elly, E., Abdulssamad, & Kresnadi, H. (2013). Peningkatan Kemampuan Berbicara melalui Metode Drill pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV Sekolah Dasar Usaba Sepotong. PGSD, FKIP Universitas Tanjungpura.
  5. Fauzy, A., & Nurfauziah, P. (2021). Kesulitan Pembelajaran Daring Matematika Pada Masa Pandemi COVID-19 di SMP Muslimin Cililin. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 551–561. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.514
  6. Handayani, T., Khasanah, H. N., & Yoshinta, R. (2020). Pendampingan Belajar Di Rumah Bagi Siswa Sekolah Dasar Terdampak Covid-19. ABDIPRAJA (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(1), 107. https://doi.org/10.31002/abdipraja.v1i1.3209
  7. Juniati, E. (2017). Peningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Drill Dan Diskusi Kelompok Pada Siswa Kelas Vi Sd. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(3), 283. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2017.v7.i3.p283-291
  8. Laily, I. F. (2014). Hubungan Kemampuan Membaca Pemahaman Dengan Kemampuan Memahami Soal Cerita Matematika Sekolah Dasar. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 3(1). https://doi.org/10.24235/eduma.v3i1.8
  9. Lidinillah, D. A. M. (2011). Heuristik Dalam Pemecahan.
  10. Primayanti, G., Suwu, S. E., & Appulembang, O. D. (2018). Penerapan Metode Drill Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas Viii Smp Lentera Way Pengubuan Pada Topik Persamaan Garis Lurus [the Implementation of the Drill Method To Increase Mathematical Communication Skills of Grade 8 Students . JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 1(2), 135. https://doi.org/10.19166/johme.v1i2.867