Isi Artikel Utama

Abstrak

Pandemi Covid-19 memberikan dampak yang sangat besar terhadap aspek-aspek kehidupan terutama aspek pendidikan di tingkat sekolah dasar. Dalam upaya mencari model pembelajaran yang cocok dan relevan dengan karakteristik siswa, flipped learning hadir sebagai salah satu model pembelajaran alternatif yang dapat di implementasikan dalam kondisi yang serba terbatas seperti ini. Pengenalan flipped learning sendiri menjadi tujuan utama dalam pengabdian kepada masyarakat ini agar kesempatan sekolah yang dalam hal ini Madrasah Ibtidaiyah memiliki kesempatan yang sama untuk mengembangkan pembelajaran yang efektif. Pengabdian ini berlangsung selama dua hari dimana pada hari pertama fokus perhatian ditujukan pada pengenalan flipped learning secara teori. Adapun dalam pengabdian ini juga peserta pelatihan diberikan kesempatan utuk mendesain video pembelajaran yang akan digunakan. Setelah semua komponen pembelajaran siap, guru di madrasah didampingi untuk mengimplementasikan flipped learning. Hasil yang didapat tentu tidak hanya peningkatan pengetahuan guru tentang siswa, melainkan juga pengalaman baru baik bagi siswa dan juga guru agar pembelajaran lebih efektif dan dinamis

Kata Kunci

Flipped Learning Madrasah Ibtidaiyah Implementasu

Rincian Artikel

Biografi Penulis

Referensi

  1. Bergmann, J., & Sams, A. (2012). Flipped Your Classroom : Reach Every Students in Every Class Every day. In International Society for Technology in Education.
  2. Bergmann, J., & Sams, A. (2015). Flipped Learning for Elementary Instruction. The Flipped Learning Series.
  3. Cheung, C., Yang, R., & Chen, Y. (2019). Implementing the flipped classroom approach in primary English classrooms in China. Education and Information Technologies. https://doi.org/10.1007/s10639-019-10012-6
  4. Flipped Learning Network. (2014). What Is Flipped Learning ? The Four Pillars of F-L-I-P. Flipped Learning Network, 501(c), 2. Retrieved from http://www.flippedlearning.org/definition
  5. Kemendikbud. (2020). Surat Edaran Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid 19. 4–6.
  6. Lestari, A. S. (2020). The impact of covid pandemic on learning implementation of primary and secondary school levels. 1(2), 2017–2019.
  7. Susanti, E., Halimah, M., Harta, R,. Karyana, A. (2018) Desain Video Pembelajaran Yang Efektif Pada Pendidikan Jaraj Jauh. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 3 (2). Pp.167-185)
  8. Susilawati, S., & Supriyatno, T. (2020). Online Learning Through WhatsApp Group in Improving Learning Motivation in the Era and Post Pandemic COVID -19. Jurnal Pendidikan, 5(6), 852–859.
  9. Turan, Z., & Akdag-cimen, B. (2019). Flipped classroom in English language teaching : a systematic review Flipped classroom in English language teaching : a systematic review. Computer Assisted Language Learning, 0(0), 1–17. https://doi.org/10.1080/09588221.2019.1584117
  10. Yudasmara, G. A., & Desi Purnami.(2015). Pengembangan Media Pembelajaran Belajar Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran.