Pelatihan Melukis Botol Kaca Sebagai Souvenir dan Asesoris di Panti Asuhan ‘Aisyiyah Al – Walidaturrahmah Samarinda

Andi Farid Hidayanto, Darius Shyafary

Sari

Panti Asuhan merupakan lembaga nirlaba yang memberikan pelayanan kepada anak asuh dengan berbagai aktifitas. Salah satunya adalah pemberian pendidikan keterampilan yang berbasis pengembangan motorik anak. Keterampilan motorik ini perlu diberikan untuk menanggulangi ketergantungan dan kecanduan gawai yang saat ini luar biasa pengaruhnya. Kegiatan keterampilan yang dilaksanakan adalah melukis, yang merupakan keterampilan dasar bagi anak anak. Dalam melukis ini, media yang digunakan adalah botol kaca, yang bisa menjadi souvenir maupun asesoris. Ini untuk memberi pengetahuan dan keterampilan baru bagi peserta akan karakter dan peralatan yang digunakannya. Pelaksanaan kegiatan dengan model pendampingan, peserta dibagi dalam beberapa kelompok supaya transfer pengetahuan dan keterampilan bisa maksimal. Tiap peserta mengerjakan objek dalam kelompoknya dengan dibimbing oleh instruktur dan pendamping dari POLNES. Hasil karya peserta di pajang untuk direview dan dipamerkan. Hasil dari kegiatan ini adalah peserta mampu membuat souvenir dan asesoris dengan menggunakan bahan dan media yang ada di sekitar kita, terutama botol kaca sehingga bisa memberi nilai tambah dari bahan limbah, dan ke depannya bisa untuk membuka usaha atau kegiatan sampingan yang menghasilkan pendapatan.

Kata Kunci

asesoris; botol kaca; melukis, souvenir

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Abidin, R., & Rahayu, A. P. (2016). PENDAMPINGAN PENDIDIKAN ANAK USIA (PAUD) CAHAYA BUNDA DI JEMBATAN MERAH KOTA SURABAYA. Axiologiya, Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1, 6. doi:http://dx.doi.org/10.30651/aks.v1i1.307

Cinthya, A., & Kusuma, H. B. (2018). MENINGKATKAN KREATIVITAS SENI MELALUI PELATIHAN MEMBUAT KARYA DENGAN MEMANFAATKAN BOTOL PLASTIK BEKAS. Jurnal Pengabdian dan Kewirausahaan, 2, 7. doi:http://dx.doi.org/10.30813/jpk.v2i1.1129

Firasaty, O. (2017). KREATIVITAS MELUKIS ANAK USIA DINI MELALUI MEDIA BAHAN LIMBAH DI PAUD ISLAMIC CENTRE KABUPATEN BREBES. (S1). UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG, Semarang.

Handayani, E. S., Wijaya, I. P., & Lestariningrum, A. (2021). PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK MELALUI KEGIATAN MELUKIS MEMANFAATKAN BAHAN BEKAS. PERNIK Jurnal PAUD, 4, 12. doi:http://dx.doi.org/10.31851/pernik.v4i2.5338

Handayani, E. S., Wijaya, I. P., & Lestariningrum, W. (2021). PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK MELALUI KEGIATAN MELUKIS MEMANFAATKAN BAHAN BEKAS. PERNIK Jurnal PAUD, 4, 12. doi:http://dx.doi.org/10.31851/pernik.v4i2.5338

Hidayatullah, A. (2016). Pendampingan Pendidikan Anak di Kelurahan Genteng Surabaya. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 7. doi:10.30651/aks.v1i1.296

Noviana, M., H. M. A. P. (2020). PELATIHAN PEMBUATAN HOOPART BERBAHAN KAIN GONI DENGAN ORNAMEN DAYAK SEBAGAI PENGEMBANGAN ILMU ARSITEKTUR BAGI GURU-GURU TK ÁISYIYAH BUSTANUL ATHFAL SAMARINDA. JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT BORNEO, 4(1), 9.

Nafisah, S. J. ARTI KEHIDUPAN ANAK ASUH PANTI ASUHAN MEANING OF LIFE IN THE ORPHAN. Jurnal Penelitian Pendidikan, 9.

Ningrum, N. A. (2012). HUBUNGAN ANTARA COPING STRATEGYDENGAN KENAKALAN PADA REMAJA AWAL. JURNAL PSIKOLOGI, 7(1), 9.

Noviana, M., & Thamrin, N. H. (2019). Pendampingan Pembuatan Mural Sebagai Upaya Perbaikan Visual Kawasan Loa Buah, Samarinda. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1). doi:10.30651/aks.v4i1.3386

Panti asuhan. (2017). Retrieved from Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas.html

Ratih Kartika Werdiningtiyas1, D. D. C. (2017). Workshop Tari Anak di SD Negeri Sudimoro 01 Kecamatan Bululawang Kabupaten Malang. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1, 4. doi:10.30651/aks.v1i2.840

Siregar, P. S., Sihite, O., & Erdansyah, F. (2019). ANALISIS KARYA LUKIS PADA BOTOL KACA BEKAS DENGAN MENERAPKAN ORNAMEN SUMATERA UTARA OLEH SISWA KELAS XI SMAS AL-WASHLIYAH PASAR SENEN


DOI: http://dx.doi.org/10.30651/aks.v7i1.10373

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.