Studi Deskriptif Implementasi Kurikulum 2013 Untuk Anak Tunarungu Tingkat Sekolah Dasar

Lutfi Isni Badiah (1)
(1) Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Indonesia

Abstrak

Tujuan dari kegiatan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi kurikulum 2013 untuk anak tunarungu. Adapun lokasi penelitian adalah di SDLB-B Karya Mulia II Surabaya. Sumber data penelitian adalah guru kelas dan kepala sekolah. Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui cara: 1) pengamatan, 2) wawancara, dan 3) dokumentasi. Secara keseluruhan, penerapan kurikulum 2013 untuk siswa tunarungu terdapat modifikasi pada aspek materi, metode pengajaran, media pembelajaran dan penilaian. SDLB-B Karya Mulia II Surabaya dalam menerapkan kurikulum 2013 untuk anak didiknya menitikberatkan pada program khusus (progsus) siswa tunarungu yaitu program bina bicara, bina komunikasi persepsi bunyi dan irama (BKPBI), keterampilan dan kewirausahaan. Beberapa kendala dalam implementasi kurikulum 2013 diantaranya adalah: (1) masih kurangnya ketersediaan sarana prasarana dan media, dan (2) tingkat kemampuan siswa yang beragam membuat guru harus lebih memperhatikan pemilihan media, metode, dan strategi pembelajaran untuk siswa tunarungu.

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Hernawati, T. 2007. Pengembangan Kemampuan Berbahasa dan Berbicara Anak Tunarungu. Jassi Anakku, 7(1), 101–110.

Mayasari. 2016. Implementasi Kurikulum 2013 Pada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK): Studi Kasus SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta. INKLUSI: Journal of Disability Studies, 3(1), 1–18. https://doi.org/10.14421/ijds.030101

Mulyasa, E. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum. PT. Remaja Rosdakarya.

Putri, I. D. 2015. Implementasi Kurikulum 2013 bagi Peserta Didik Berkebutuhan Khusus pada Mata Pelajaran Matematika di SMP Negeri 4 Sidoarjo. Universitas Negeri Surabaya.

Susanti, L., & Mahmudah, S. 2016. Implementasi Kurikulum 2013 Pada Anak Tunagrahita di SLB AC. Jurnal Pendidikan Khusus UNESA, 8(2).

Yustitia, V. 2017. Kemampuan Analisis Mahasiswa PGSD Terhadap Tujuan Pembelajaran Dimensi Kognitif Pada Mata Kuliah Perencanaan Pembelajaran SD. Scholaria, 7(1), 83-93.

Penulis

Lutfi Isni Badiah
lutfiisnibadiah@gmail.com (Kontak utama)

Rincian Artikel

Artikel Serupa

<< < 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.

No Related Submission Found