Hubungan Gaya Belajar Dan Konsep Diri Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Biologi Peserta Didik Upt Sma Negeri 1 Barru
Abstrak
Keterampilan berpikir kritis menjadi keterampilan penting dalam menghadapi tantangan pendidikan Abad-21. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui hubungan antara gaya belajar dan konsep diri terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik UPT SMA Negeri 1 Barru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain korelasional. Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik regresi sederhana dan berganda. Hasil penelitian menunjukkan 1) gaya belajar berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik yang dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,04 (α < 0,05); 2) Konsep diri berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik yang dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,00 (α < 0,05); 3) gaya belajar dan konsep diri berpengaruh secara bersama-sama terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik yang dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,001 (α < 0,05); serta memiliki pengaruh sebesar 33,6%. Oleh karenanya, disarankan kepada para pendidik untuk lebih memperhatikan gaya belajar dan peningkatan konsep diri peserta didik dalam menunjang peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik.
Artikel teks lengkap
Referensi
Abdul Jalil, A. J., Siskawati, F. S. S., & Rawati, T. N. I. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar. Edukasi, 11(2), 166–181. https://doi.org/10.61672/judek.v11i2.2678
Berkowits, Rambe, M. S., & Yarni, N. (2019). The Influence of Visual, Auditory, and Kinesthetic Learning Styles on Student Learning Achievement. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 2(2), 291–296.
Dores ,S.Pd., M.Pd, O. J., Wibowo, D. C., & Susanti, S. (2020). analisis kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran matematika. J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 242–254. https://doi.org/10.31932/j-pimat.v2i2.889
Ennis, R. H. (1985). A Logical Basis for Measuring Critical Thinking Skills. Educational Leadership.
Hamzah, A. R., Mesra, R., Br Karo, K., Alifah, N., Hartini, A., Gita Prima Agusta, H., Maryati Yusuf, F., Endrawati Subroto, D., Lisarani, V., Ihsan Ramadhani, M., Hajar Larekeng, S., Tunnoor, S., Bayu, R. A., & Pinasti, T. (2023). Strategi Pembelajaran Abad 21.Medan : PT.Mifandi Mandiri Digital
Hidayati, H., Sridana, N., Subarinah, S., & Sarjana, K. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Kelas VIII MTs Hadil Ishlah Bilebante Berdasarkan Gaya Belajar. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(3), 653–659. https://doi.org/10.29303/griya.v2i3.211
Masela, M. S. (2020). Pengaruh Antara Konsep Diri Dan Kecerdasan Emosi Terhadap Perilaku Prososial Pada Remaja. Jurnal Psikovidya, 23(2), 214–224. https://doi.org/10.37303/psikovidya.v23i2.149
Mawarni, D. I., & Purnama, I. M. (2022). Pengaruh Konsep Diri dan Percaya Diri terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 23–30.
Mayangsari, E., Sawiji, H., & Susantiningrum, S. (2024). Pengaruh konsep diri lingkungan teman sebaya dan kompetensi pedagogik guru terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. JIKAP (Jurnal Informasi Dan Komunikasi Administrasi Perkantoran), 8(2), 122. https://doi.org/10.20961/jikap.v8i2.77474
Miladina, R. A., Wulandari, T. C., & Zauri, A. S. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Gaya Belajar Peserta Didik pada Materi Statistika. Jurnal Penelitian,Pendidikan, Dan Pembelajaran, 18(20), 1–21.
Mulyawati, M. S., & US, S. (2023). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. STRATEGY : Jurnal Inovasi Strategi Dan Model Pembelajaran, 3(3), 243–249. https://doi.org/10.51878/strategi.v3i3.2425
Nurhasanah, N., Hernawati, D., & Ardiansyah, R. (2021). Hubungan Konsep Diri dengan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Konsep Ekosistem. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 9(1), 51–58. https://doi.org/10.23960/jbt.v9i1.22306
Purwanto, W. R., Waluya, S. B., Rochmad, & Wardono. (2020). Analysis Of Mathematical Critical Thinking Ability In Student Learning Style. Journal of Physics: Conference Series, 1511(1), 0–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1511/1/012057
Rochmatika, I., & Yana, E. (2022). Pengaruh Literasi Digital Dan Gaya Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMAN 1 Tukdana. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 13(1), 64–71. https://doi.org/10.25299/perspektif.2022.vol13(1).9491
Rohmat, A. N., & Lestari, W. (2019). Pengaruh Konsep Diri dan Percaya Diri terhadap Kemampuan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(1), 73. https://doi.org/10.30998/jkpm.v5i1.5173
Safitri, Z. D., & Miatun, A. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Abdul Jalil, A. J., Siskawati, F. S. S., & Rawati, T. N. I. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar. Edukasi, 11(2), 166–181. https://doi.org/10.61672/judek.v11i2.2678
Berkowits, Rambe, M. S., & Yarni, N. (2019). The Influence of Visual, Auditory, and Kinesthetic Learning Styles on Student Learning Achievement. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 2(2), 291–296.
Dores ,S.Pd., M.Pd, O. J., Wibowo, D. C., & Susanti, S. (2020). analisis kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran matematika. J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 242–254. https://doi.org/10.31932/j-pimat.v2i2.889
Ennis, R. H. (1985). A Logical Basis for Measuring Critical Thinking Skills. Educational Leadership.
Hamzah, A. R., Mesra, R., Br Karo, K., Alifah, N., Hartini, A., Gita Prima Agusta, H., Maryati Yusuf, F., Endrawati Subroto, D., Lisarani, V., Ihsan Ramadhani, M., Hajar Larekeng, S., Tunnoor, S., Bayu, R. A., & Pinasti, T. (2023). Strategi Pembelajaran Abad 21.Medan : PT.Mifandi Mandiri Digital
Hidayati, H., Sridana, N., Subarinah, S., & Sarjana, K. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Kelas VIII MTs Hadil Ishlah Bilebante Berdasarkan Gaya Belajar. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(3), 653–659. https://doi.org/10.29303/griya.v2i3.211
Masela, M. S. (2020). Pengaruh Antara Konsep Diri Dan Kecerdasan Emosi Terhadap Perilaku Prososial Pada Remaja. Jurnal Psikovidya, 23(2), 214–224. https://doi.org/10.37303/psikovidya.v23i2.149
Mawarni, D. I., & Purnama, I. M. (2022). Pengaruh Konsep Diri dan Percaya Diri terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 23–30.
Mayangsari, E., Sawiji, H., & Susantiningrum, S. (2024). Pengaruh konsep diri lingkungan teman sebaya dan kompetensi pedagogik guru terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. JIKAP (Jurnal Informasi Dan Komunikasi Administrasi Perkantoran), 8(2), 122. https://doi.org/10.20961/jikap.v8i2.77474
Miladina, R. A., Wulandari, T. C., & Zauri, A. S. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Gaya Belajar Peserta Didik pada Materi Statistika. Jurnal Penelitian, Pendidikan, Dan Pembelajaran, 18(20), 1–21.
Mulyawati, M. S., & US, S. (2023). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. STRATEGY : Jurnal Inovasi Strategi Dan Model Pembelajaran, 3(3), 243–249. https://doi.org/10.51878/strategi.v3i3.2425
Nurhasanah, N., Hernawati, D., & Ardiansyah, R. (2021). Hubungan Konsep Diri dengan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Konsep Ekosistem. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 9(1), 51–58. https://doi.org/10.23960/jbt.v9i1.22306
Purwanto, W. R., Waluya, S. B., Rochmad, & Wardono. (2020). Analysis Of Mathematical Critical Thinking Ability In Student Learning Style. Journal of Physics: Conference Series, 1511(1), 0–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1511/1/012057
Rochmatika, I., & Yana, E. (2022). Pengaruh Literasi Digital Dan Gaya Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMAN 1 Tukdana. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 13(1), 64–71. https://doi.org/10.25299/perspektif.2022.vol13(1).9491
Rohmat, A. N., & Lestari, W. (2019). Pengaruh Konsep Diri dan Percaya Diri terhadap Kemampuan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(1), 73. https://doi.org/10.30998/jkpm.v5i1.5173
Safitri, Z. D., & Miatun, A. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Karawang Barat. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 3222–3238. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.828
Septiyani, N. O., & Alyani, F. (2021). Analisis Konsep Diri terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa di SMA. Jurnal Vygotsky, 3(2), 133. https://doi.org/10.30736/voj.v3i2.413
Setiana, D. S., & Purwoko, R. Y. (2020). Analisis kemampuan berpikir kritis ditinjau dari gaya belajar matematika siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(2), 163–177. https://doi.org/10.21831/jrpm.v7i2.34290
Suciono, W. (2019). Analysis of Factors Affecting Students’ Critical Thinking Ability in Economic Learning in the Abdul Jalil, A. J., Siskawati, F. S. S., & Rawati, T. N. I. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar. Edukasi, 11(2), 166–181. https://doi.org/10.61672/judek.v11i2.2678
Berkowits, Rambe, M. S., & Yarni, N. (2019). The Influence of Visual, Auditory, and Kinesthetic Learning Styles on Student Learning Achievement. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 2(2), 291–296.
Dores ,S.Pd., M.Pd, O. J., Wibowo, D. C., & Susanti, S. (2020). analisis kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran matematika. J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 242–254. https://doi.org/10.31932/j-pimat.v2i2.889
Ennis, R. H. (1985). A Logical Basis for Measuring Critical Thinking Skills. Educational Leadership.
Hamzah, A. R., Mesra, R., Br Karo, K., Alifah, N., Hartini, A., Gita Prima Agusta, H., Maryati Yusuf, F., Endrawati Subroto, D., Lisarani, V., Ihsan Ramadhani, M., Hajar Larekeng, S., Tunnoor, S., Bayu, R. A., & Pinasti, T. (2023). Strategi Pembelajaran Abad 21.Medan : PT.Mifandi Mandiri Digital
Hidayati, H., Sridana, N., Subarinah, S., & Sarjana, K. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Kelas VIII MTs Hadil Ishlah Bilebante Berdasarkan Gaya Belajar. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(3), 653–659. https://doi.org/10.29303/griya.v2i3.211
Masela, M. S. (2020). Pengaruh Antara Konsep Diri Dan Kecerdasan Emosi Terhadap Perilaku Prososial Pada Remaja. Jurnal Psikovidya, 23(2), 214–224. https://doi.org/10.37303/psikovidya.v23i2.149
Mawarni, D. I., & Purnama, I. M. (2022). Pengaruh Konsep Diri dan Percaya Diri terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 23–30.
Mayangsari, E., Sawiji, H., & Susantiningrum, S. (2024). Pengaruh konsep diri lingkungan teman sebaya dan kompetensi pedagogik guru terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. JIKAP (Jurnal Informasi Dan Komunikasi Administrasi Perkantoran), 8(2), 122. https://doi.org/10.20961/jikap.v8i2.77474
Miladina, R. A., Wulandari, T. C., & Zauri, A. S. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Gaya Belajar Peserta Didik pada Materi Statistika. Jurnal Penelitian, Pendidikan, Dan Pembelajaran, 18(20), 1–21.
Mulyawati, M. S., & US, S. (2023). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. STRATEGY : Jurnal Inovasi Strategi Dan Model Pembelajaran, 3(3), 243–249. https://doi.org/10.51878/strategi.v3i3.2425
Nurhasanah, N., Hernawati, D., & Ardiansyah, R. (2021). Hubungan Konsep Diri dengan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Konsep Ekosistem. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 9(1), 51–58. https://doi.org/10.23960/jbt.v9i1.22306
Purwanto, W. R., Waluya, S. B., Rochmad, & Wardono. (2020). Analysis Of Mathematical Critical Thinking Ability In Student Learning Style. Journal of Physics: Conference Series, 1511(1), 0–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1511/1/012057
Rochmatika, I., & Yana, E. (2022). Pengaruh Literasi Digital Dan Gaya Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMAN 1 Tukdana. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 13(1), 64–71. https://doi.org/10.25299/perspektif.2022.vol13(1).9491
Rohmat, A. N., & Lestari, W. (2019). Pengaruh Konsep Diri dan Percaya Diri terhadap Kemampuan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(1), 73. https://doi.org/10.30998/jkpm.v5i1.5173
Safitri, Z. D., & Miatun, A. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Karawang Barat. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 3222–3238. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.828
Septiyani, N. O., & Alyani, F. (2021). Analisis Konsep Diri terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa di SMA. Jurnal Vygotsky, 3(2), 133. https://doi.org/10.30736/voj.v3i2.413
Setiana, D. S., & Purwoko, R. Y. (2020). Analisis kemampuan berpikir kritis ditinjau dari gaya belajar matematika siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(2), 163–177. https://doi.org/10.21831/jrpm.v7i2.34290
Suciono, W. (2019). Analysis of Factors Affecting Students’ Critical Thinking Ability in Economic Learning in the Revolutionary Era 4.0. Jurnal Ilmu Ilmu Sosial, 15(2), 212–222.
Suciono, W., Rasto, R., & Ahman, E. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keterampilan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Ekonomi Era Revolusi 4.0. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 17(1), 48–56. https://doi.org/10.21831/socia.v17i1.32254
The Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD). (2023, Desember). PISA 2022 Results (Volume I and II) - Country Notes: Philippines.
Werdiningsih, C. E., & Anawati, S. (2023). Pengaruh Konsep Diri dan Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 9(80), 65–72.
Penulis
Hak cipta berada di tangan penulis
Artikel yang terbit dapat digunakan di bawah lisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
