Implementasi Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an Menggunakan Metode Wafa di SDIT Utsman Bin Affan Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.30651/sr.v7i1.18258Abstract
This study was conducted to describe how the implementation of the tahfid Al-Qur'an learning program carried out by students in the formal school of SDIT Uthman Bin Affan by focusing on 1) How to implement the tahfid Al-Qur'an learning using the Wafa method at SDIT Uthman Bin Affan? 2) How is the Implementation of Tahfid Al-Qur'an Learning Planning at SDIT Uthman Bin Affan? 3) How is the Implementation of Tahfid Al-Qur'an Learning using the Wafa method? This research uses a qualitative approach with a field study approach, the data collection techniques used in this research are interviews, observation and documentation. Informants in this study were the principal, deputy principal, coordinator of the Qur'an teacher and the teacher of the Qur'an. This study resulted in, 1) The application of Tahfid Al-Qur'an learning at SDIT Uthman Bin Affan using the Wafa method which focuses on the right brain 2) Planning in the Tahfid Al-Qur'an program using the wafa method involving all school components 3) Implementation of Tahfid Al learning -Qur'an in groups
Â
Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan program pembelajaran tahfid Al-Qur’an yang dilakukan oleh peserta didik di sekolah formal SDIT Utsman Bin Affan dengan berfokus pada 1) Bagaimana Implementasi Pembelajaran tahfid Al-Qur’an menggunakan metode Wafa di SDIT Utsman Bin Affan? 2) Bagaiamana Implementasi Perencanaan Pebelajaran Tahfid Al-Qur’an di SDIT Utsman Bin Affan? 3) Bagaimana Pelaksanaan Pembelajaran Tahfid Al-Qur’an menggunakan metode Wafa?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pendekatan studi lapangan, teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini yaitu kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Koordinator Guru Al-Qur’an dan Guru Al-Qur’an. Penelitian ini menghasilakan, 1) Penerapan pembelajaran Tahfid Al-Qur’an di SDIT Utsman Bin Affan menggunakan metode Wafa yang menitikberatkan otak kanan 2) Perencaan dalam Program tahfid Al-Qur’an menggunakan metode wafa melibatkan sluruh komponen sekolah 3) Pelaksanaan pembelajaran tahfid Al-Qur’an dengan berkelompok.
References
Ardiansyah, Muhammad. Konsep Adab Syed Muhammad Naquib Al-Attas. Depok: Yayasan Pendidikan Islam At-Taqwa, 2020.
Bakry, Sama’un. Menggagas Konsep Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Bani quraisy, 2005.
Dahlan, M, and M A Thalib. “Konsep Iman, Akal Dan Wahyu Dalam Al-Qur’an.†Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan Islam (2022): 9–29. https://ejurnal.iainpare.ac.id/index.php/alislah/article/view/2661%0Ahttps://ejurnal.iainpare.ac.id/index.php/alislah/article/download/2661/1005.
Hamdi, M., M. “Konsep Pengembangan Kurikulum.†INTIZAM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 1, no. 1 (2017): 1–13.
Hanso, Blum. “Peran Pendidikan Dalam Memembentuk Karakter Bangsa Menghadapi Era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).†jurnal rontal keilmuan PPKn 2 (2016): 1–7.
Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda, 2017.
Muhaimin. Paradigma Pendidikan Islam. Bandung: Yayasan Nuasa Cendekia, 2002.
Purwadhi, Purwadhi. “Pengembangan Kurikulum Dalam Pembelajaran Abad XXI.†Mimbar Pendidikan 4, no. 2 (2019): 103–112.
Rahman, Abd, Sabhayati Asri Munandar, Andi Fitriani, Yuyun Karlina, and Yumriani. “Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan Dan Unsur-Unsur Pendidikan.†Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam 2, no. 1 (2022): 1–8.
Shafwan, Muhammad Hambal. “Analisis Model Pendidikan Tauhid Di Pesantren Al-Ikhlash Lamongan, Indonesia.†Tsaqafah 17, no. 1 (2021): 141–160. https://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/tsaqafah/article/view/6662.
———. “PENDIDIKAN TAUHID DAN URGENSINYA BAGI KEHIDUAPAN MUSLIM.†Tadarus 09, no. 01 (2020): 47–58. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Tadarus/article/view/5462.
———. “PENDIDIKAN TAUHID DAN URGENSINYA BAGI KEHIDUPAN MUSLIM.†Tadarus 9, no. 1 (n.d.): 22–38. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Tadarus/article/view/5462.
Sri Wening. “The Nation’s Character Building Through Value Education.†Jurnal Pendidikan Karakter 1, no. 2 (2012): 55–66.
Sugiyono. METODE PENELITIAN KUALITATIF . Edited by sofia yustiyani suryandari. bandung: ALFABETA, 2018.
Susanto, Hary. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Guru Sekolah Menengah Kejuruan.†Jurnal Pendidikan Vokasi 2, no. 2 (2013): 197–212.
T. Saiful Akbar. “Manusia Dan Pendidikan Menurut Pemikiran Ibn Khaldun Dan John Dewey.†Jurnal Ilmiah Didaktika 15, no. 2 (2015): 222–243.
Tolchah, Moch. “Filsafat Pendidikan Islam: Konstruksi Tipologis Dalam Pengembangan Kurikulum.†Tsaqafah 11, no. 2 (2015): 381.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis tetap memegang hak atas karyanya dan memberikan hak publikasi pertama kepada jurnal ini yang secara simultan karya tersebut dilisensikan di bawah:
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License