Pendidikan Tauhid dan Urgensinya Bagi Kehidupan Muslim

Authors

  • Muhammad Hambal Program Pascasarjana Prodi Pendidikan Islam, Universitas Muhammadiyah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/td.v9i1.5462

Keywords:

Pendidikan, Tauhid, Muslim

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggali tentang pendidikan tauhid dan urgensinya bagi kehidupan muslim. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian pustaka (library research), dan teknik analisis datanya menggunakan induktif dan deduktif.  Temuan penelitian ini dapat disimpulkan: pertama, Tauẖîd adalah mengesakan Allah dalam hal-hal yang menjadi kekhususan Allah. Apa saja hal-hal yang menjadi kekhususan Allah? Maka secara garis besar, tauẖîd dibagi menjadi tiga macam, yaitu Tauhid Rububiyah, Tauhid Uluhiyah, dan Tauhid asma’ wa sifat.  Kedua, Makna syahadat la ilaaha illallah adalah meyakini dan mengikrarkan bahwa tidak ada yang berhak disembah dan menerima ibadah kecuali Allah, menaati hal tersebut dan mengamalkannya. La ilaaha menafikan hak penyembahan dari selain Allah, siapa pun orangnya. Illallah adalah penetapan hak Allah semata untuk disembah. Hakikat kalimat tauẖîd tidak sekedar cukup dengan melafadzkan dan menghafalkannya, namun harus mengerjakan syarat-syarat yang dituntut dari kalimat tauẖîd tersebut, yang mana tidak ada artinya kalimat tauẖîd bagi seseorang kecuali jika syarat-syarat itu terpenuhi

References

Abu Ammar. 2012. Menjadi Ahli Tauhid di Akhir Zaman. Surakarta: Granada Mediatama.

Baswedan. 2008. Tauhid Beres Negara Sukses. Jakarta: Akbarmedia

Fauzan (al), Shalih bin Fauzan. 2016. Kitab Tauhid. Jakarta: Ummul Quro.

Ibnu Katsir. 1998. Tafsir al-Qur’an al-Adzim. Kairo: Mathba’ah asy-Sya’b.

Ibn Taimiyah. 1982. Dar’ut ta’arud al’aql wa al-naql. Riyadh: Jami’ah al-Imam al-Islamiyah.

Ibn Taimiyah. 1404 H. Majmu’ fatawa. Mekah: Maktabah an-Nahdhah al-Haditsah,

………… 2012. Minhaj as-Sunnah al-Nabawiyah. Kairo: Dar al-Ma’rifah

…………1432 H. al-Risalah al-Tadmuriyah. Kairo: Matba’ah al-Salafiyah.

Jauziyah (al), Ibnu Qoyyim. 1398 H. al-Qasha’id an-Nuniyah. Pakistan: Idarah Turjuman as-Sunnah.

Maududi (al), Abul A’la. 1397 H. Mabadi’ al-Islam. Beirut: Mu’assasah al-Risalah.

Moleong, Lexy J. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Muslich. 2016. Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Mustafa. 2014. Manhaj Pendidikan Anak Muslim. Terj. Abdillah Obiddan Yessi HM Basyaruddin. Jakarta: Mustaqiim

Qohthoni (al). 2005. al-Wala’ wal-Bara’ fil Islam. Mekah: Dar at-Tauzi’ wan Nasyr al-Islamiyah

Sili (al). 2018. Al-Aqidah al-Salafiyah Baina Imam Ibn Hambal dan Imam Ibn Taimiyah. Kairo: Dar al-Manar.

Sutrisno . 2017. Pendidikan Islam Berbasis Sosial. Yogyakarta: Ar-ruzz media.

Published

2020-07-20

Issue

Section

Editorials