Gagasan Pembaharuan Pendidikan Islam Mahmud Yunus dalam Tafsir Al-Qur’an Karim
DOI:
https://doi.org/10.30651/sr.v7i1.18197Abstract
This research was conducted because it was motivated by the dichotomous problem of education in today's modern era. Distinguishing between religious knowledge and general science which seems to be inseparable. However, there is an Islamic education figure, Mahmud Yunus, who has thoughts and a work of interpretation that has contributed to the idea of renewing the goals of Islamic education. This type of research is library research that collects primary data through books related to the work of Mahmud Yunus. The secondary data is obtained from literature and supporting documents qualitatively and described in descriptive form. The results of the research conclude that, in Mahmud Yunus' thought and commentary, he tried to bridge the gap between religious science and general science so that there would be no dichotomy between the two. He is also the one who pioneered the establishment of modern schools or Islamic boarding schools, one of which is the Darussalam Islamic boarding school, Gontor Ponorogo.
Â
Penelitian ini dilakukan kerena dilatar belakangi masalah dikotomis pendidikan di era modern saat ini. Membedakan anatara ilmu agama dan ilmu umum yang seolah-olah tidak bisa disatukan. Namun ada tokoh pendidikan Islam yaitu Mahmud Yunus yang mempunyai pemikiran dan suatu karya tafsir yang mempunyai andil dalam gagasan pembaharuan tujuan pendidikan Islam. penelitian ini adalah penelitian kepustakaan yang menghimpun data primer melalui buku-buku terkait karya Mahmud yunus. Adapun data sekunder didapat dari lieteratur dan dokumen yang mendukung secara kulitatif dan diuraikan dalam bentu diskriptif. Hasil dari penelitian menyimpulkan bahwa, dalam pemikiran dan karya tafsirnya Mahmud Yunus, dia berusahamenjembatani antara ilmu agama dan ilmu umum agar tidak terjadi dikotomi antar keduanya. Dia juga yang mempelopori beridiriya sekolah-sekolah atau pondok pesantren modern, salah satunya adalah pondok pesantren Darussalam Gontor Ponorogo.
References
Alhamuddin. “Sejarah Kurikulum Di Indonesia.†Nur El-Islam 1 (2014): 48–58.
Anwar, Heru Saiful. “Membangun Karakter Bangsa.†At-Ta’dib 8, no. 1 (2013): 4–10. https://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/tadib/article/view/511.
Ardiansyah, Muhammad. Konsep Adab Syed Muhammad Naquib Al-Attas. Depok: Yayasan Pendidikan Islam At-Taqwa, 2020.
Bunyamin. “Bunyamin- Konsep Pendidikan Islam Perspektif Mahmud Yunus -Uhamka.†Jurnal UHAMKA 10, no. November (2019): 114–132. http://journal.uhamka.ac.id/index.php/jpi.
Erlin, E., A. Rahmat, S. Redjeki, and W.Purwianingsih. “Analisis Berbagai Strategi Dan Model Pembelajaran Yang Dapat Memberdayakan Kemampuan Metakognitif Pada Pembelajaran Biologi.†BioedL Jurnal Pendidikan Biologi 9, no. 2 (2021): 30–40.
Masyhudi, Fauza. “Pemikiran Mahmud Yunus Tentang Konsep Pendidikan Islam.†Jurnal Tarbiyah 21, no. 1 (2014): 96–118.
Muhaimin. Pemikiran Pendidikan Islam : Kajian Filosofis Dan Kerangka DasarOperasionalnya. Bandung: Trigenda Karya, 1993.
Muhajir, Noeng. Metologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Rake Sarasin, 1996.
Nisrina, V L. “Konsep Pendidikan Menurut Mahmud Yunus Dalam Kitab At-Tarbiyatu Wa Attaâ€TM Läamu Dan Implikasinya Terhadap Kurikulum 2013.†IEEJ: Islamic Elementary Education Journal 1, no. 1 (2022): 17–36. https://jurnal.staialanwar.ac.id/index.php/ieej/article/view/752%0Ahttps://jurnal.staialanwar.ac.id/index.php/ieej/article/download/752/115.
Nurza, Ashfira, Munawar Rahmat, and Fahrudin Fahrudin. “Konsep Pendidikan Islam Perspektif Mahmud Yunus Dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Pai Di Sekolah.†TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education 5, no. 2 (2019): 174.
Shafwan, Muhammad Hambal. “HADITH EDUCATION IN FORMING CHARACTER OF EARLY CHILDHOOD.†Studia religia 4, no. 1 (n.d.): 01–11. https://core.ac.uk/download/pdf/327263797.pdf.
———. “PENDIDIKAN TAUHID DAN URGENSINYA BAGI KEHIDUAPAN MUSLIM.†Tadarus 09, no. 01 (2020): 47–58. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Tadarus/article/view/5462.
Solihin, Nandang. “Pendidikan Agama Islam Di Era Disrupsi.†Stitdaarulfatah (2017): 283. http://www.stitdaarulfatah.ac.id/journal/index.php/jmf/article/view/20/17.
Susanto, Hary. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Guru Sekolah Menengah Kejuruan.†Jurnal Pendidikan Vokasi 2, no. 2 (2013): 197–212.
Yunus, Mahmud. Pokok-Pokok Pendidikan Dan Pengajaran. Jakarta: PT. Hidayarya Agung, 1990.
———. Tafsir Quran Karim. Ciputat: Mahmud Yunus wa Dzuriat, 1979.
Zulmardi, Zulmardi. “Mahmud Yunus Dan Pemikirannya Dalam Pendidikan.†Ta’dib 11, no. 2 (2009).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis tetap memegang hak atas karyanya dan memberikan hak publikasi pertama kepada jurnal ini yang secara simultan karya tersebut dilisensikan di bawah:
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License