IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN ASSURE PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP HIDAYATUL UMMAH SURABAYA

Penulis

  • hasim ashari UIN Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/sr.v8i1.22489

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini, Pertama: untuk menganalisa dan mendiskripsikan motivasi belajar siswa di SMP Hidayatul Ummah Surabaya; Kedua: untuk menganalisa dan mendiskripsikan implementasi model pembelajaran Assure pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Hidayatul Ummah Surabaya; Ketiga: untuk menganalisa dan mendiskripsikan apakah model pembelajaran Assure pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dapat meningkatkan motivasi belajar siswa di SMP Hidayatul Ummah Surabaya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, pendekatan penelitian studi kasus. Tehnik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun tehnik analisis datanya menggunakan langkah-langkah: reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa, Pertama: Motivasi belajar siswa di SMP Hidayatul Ummah Surabaya sebelum penelitian cukup rendah; Kedua: Implementasi model pembelajaran Assure pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Hidayatul Ummah Surabaya sudah berjalan dengan cukup baik meskipun masih ada kekurangan; Ketiga: Model pembelajaran Assure pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam terbukti mampu meningkatkan motivasi belajar siswa di SMP Hidayatul Ummah Surabaya.

Referensi

Fatimah, Fatimah, and Ratna Dewi Kartikasari. “Strategi Belajar Dan Pembelajaran Dalam Meningkatkan Keterampilan Bahasa.” Pena Literasi 1, no. 2 (2018): 108.

Kurniawan, Ganda Febri. “Problematika Pembelajaran Sejarah Dengan Sistem Daring.” Diakronika 20, no. 2 (2020): 76.

Moeleong, Lexy. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002.

Munandar, Anhar. “Desain Pembelajaran Model Assure Dalam Meningkatkan Pembelajaran Yang Berkwalitas.” Al-Hasanah:Jurnal Pendidikan Agama Islam 5, no. 2 (2020): 71–78.

Nanda Saputra, Jasiah, Eko Purwanti STIT. “Penerapan Model Pembelajaran Assure Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar.” Prosiding Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat 2020 (SNPPM-2020) http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/snppm 2020 (2020): 275–285. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/snppm.

Nurainiah. “Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Manajer Pendidikan 14, no. 2 (2020): 1–9.

Sari, Widia Maya, and Dan Endang Susiloningsih. “Penerapan Model Assure Dengan Metode Problem Solving Untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis.” Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia 9, no. 1 (2015): 1468–1477.

Shafwan, Muhammad Hambal. “MANAJEMEN STRATEGIS KEPALA SEKOLAH DALAM PENGEMBANGAN LEMBAGA PENDIDIKAN DI SD MUHAMMADIYAH 1 PUCANGANOM SIDOARJO.” STAIKA 6, no. 1 (2023): 81–98. https://jurnal.staim-paciran.ac.id/index.php/staika/article/view/70.

———. “PENGARUH APLIKASI METODE DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MTs PONPES SALMAN ALFARISI KARANGANYAR SOLO.” Tadarus 09, no. 02 (2020): 176–187. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Tadarus/article/view/6757.

Siregar, M Deni. “KINERJA GURU DALAM MENGELOLA PROSES TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA” 10, no. 2 (2015): 233–247.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2010.

Sutiono, Dr. “Profesionalisme Guru.” Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam 4, no. 2 (2021): 16–25.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-12

Terbitan

Bagian

Artikel