Pengaruh Aplikasi Metode Discovery Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MTs Pondok Pesantren Salman Al-Farisi Karanganyar Solo
DOI:
https://doi.org/10.30651/td.v9i2.6757Keywords:
Aplikasi, Discovery, Learning, Motivasi BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk membahas bagaimanakah pelaksanaan metode Discovery Learning di MTs Pondok Pesantren Salman Al-Farisi Karanganyar Solo; dan adakah pengaruh metode Discovery Learning terhadap motivasi belajar siswa yang dilaksanakan di MTs Pondok Pesantren Ssalman Al-Farisi Karanganyar Solo. Adapun bentuk penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan populasi, karena yang diteliti adalah semua siswa kelas VII di MTs Pondok Pesantren Salman Al-Farisi Karanganyar Solo. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan tehnik pengumpulan data berupa observasi, interview (wawancara), dokumentasi, dan angket. Untuk mengetahui pelaksanaan metode Discovery Learning dan motivasi belajar siswa penulis menggunakan rumus prosentase, sedangkan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh metode Discovery Learning terhadap motivasi belajar siswa penulis menggunakan rumus product moment (rxy). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh aplikasi metode Discovery Learning terhadap motivasi belajar siswa dengan skor 0.077. Jika dilihat pada tabel interpretasi nilai “r†product moment berada pada rentang 0.00 – 0.20 yang berarti antara variabel x dan varibel y terdapat korelasi yang sangat lemah atau sangat rendah (dianggap tidak ada korelasi di antara keduanya).
References
Asri, Budiningsih, C (2005), Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta.
Dalyono, M. (1996), Psikologi Pendidikan, Semarang: Rineka Cipta.
Gulo, W. (2002), Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Grasindo.
Margono (1997), Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Rineke Cipta.
Muhaimin (2002), Paradigma Pendidikan Islam, Bandung: Remaja Rosda Karya.
Nurhadi, dkk (2004), Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK, Malang: Universitas Negeri Malang.
Sarwono, Sarlito Wirawan (2003), Teori-Teori Psikologi Sosial, Jakarta: Rajawali Pers.
Slameto (2003), Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta.
Suprihatiningrum, Jamil (2013), Strategi Pembelajaran, Jogjakarta: Ar Ruzz Media.
Syah, Muhibbin (2004), Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru, Bandung: Remaja Rosda Karya.
Syaiful Bahri, Djamarah, & Aswan Zain (2002), Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published workÂ