Pengaruh Tari Giring-Giring Untuk Meningkatkan Motorik Kasar Pada Anak Kelompok A TK Aisyiyah Bustanul Athfal Bereng Bengkel
DOI:
https://doi.org/10.30651/pedagogi.v8i2.12586Abstract
ABSTRAK. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Tari Giring-Giring Untuk Meningkatkan Motorik Kasar Anak Kelompok A TK Aisyiyah Bustanul Athfal Bereng Bengkel. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode Pre-Eksperimental menggunakan Satu Kelompok Pretes-postes design (One Group Pretest-posttest design).   Populasi dalam penelitian ini adalah anak kelompok A TK Aisyiyah Bustanul Athfal Bereng Bengkel. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh. Sampel yang dipilih adalah semua anak kelompok A sebagai kelas eksperimen. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah guru mendemonstrasikan tari secara langsung kepda anak dan dilakukan pretest juga posttest. Data hasil penelitian ini dianalisis menggunakan statistika non-parametrik dan statistik inferensial yaitu uji-wilcoxon. Dari hasil penelitian diketahui hasil uji-wilcoxon T+ sebesar 85> T- 12. Jadi Ha diterima dan H0 ditolak, maka dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan tari giring-giring meningkatkan motorik kasar anak kelompok A TK Aisyiyah Bustaul Athfal Bereng Bengkel.
References
Abidin, R., & Rahayu, A. P. (2016). Pendampingan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Cahaya Bunda di Jembatan Merah Kota Surabaya. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 60. https://doi.org/10.30651/aks.v1i1.307
Anggraini, D. D., Dhiba, S. A. F., & Ittari, A. (2016). Peningkatan Keterampilan Motorik Kasar melalui Kegiatan Tari Binatang pada Anak Kelompok B. PG-PAUD Trunojoyo, 3(2), 79–162.
Anufia, B., & Alhamid, Thalha, (Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Sorong). (2019). Resume: Instrumen Pengumpulan Data. 1–20. https://doi.org/10.31227/osf.io/s3kr6
Aryaprasta, I. G. K., & Riyadi, A. R. (2018). Model Pembelajaran Tari Kreatif untuk Meningkatkan Percaya Diri Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 25–34.
https://doi.org/10.29313/ga.v2i1.3864
Hasanah, H. (2017). TEKNIK-TEKNIK OBSERVASI (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial). At-Taqaddum, 8(1), 21. https://doi.org/10.21580/at.v8i1.1163
Hidayanti, M. (2013). Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Bakiak. Pendiidkan Anak Usia Dini, 7(1), 195–200.
Huberman, & Miles. (1992). Teknik Pengumpulan dan Analisis Data Kualitatif. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 02(1998), 1–11.
Iswara, W., Gunawan, A., & Dalifa, D. (2018). Pengaruh Bahan Ajar Muatan Lokal Mengenal Potensi Bengkulu Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal PGSD, 11(1), 1–7. https://doi.org/10.33369/pgsd.11.1.1-7
Muslihin, H. Y. (2020). Bagaimana Mengajarkan Gerak Lokomotor Pada Anak Usia Dini? Jurnal Paud Agapedia, 2(1), 76–88. https://doi.org/10.17509/jpa.v2i1.24390
Novianti, R. (2012). Teknik Observasi Bagi Pendidikan Anak Usia Dini. Educhild, 01(1), 22–29. https://doi.org/10.33578/jpsbe.v1i1.1621
Puji, N., Rahmawati, N., & Gangereng, T. (2017). Tari gangereng atau tari giring-giring. https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpnbkalbar/wp-content/uploads/sites/22/2017/06/deskripsi-TARI-GIRING-GIRING-Neni.pdf
Rindi Nurlaila Sari. (2014). Peningkatan Kreativitas Anak Dalam Pembelajaran Seni Tari Melalui Strategi Belajar Sambil Bermain Di TK ABA Karangmalang.
Setyawan, D. A., Hadi, H., & Royana, I. F. (2018). Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Negeri Pembina Kota Surakarta. Jurnal Penjakora, 5(1), 17–27. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/PENJAKORA/article/view/14496/8858
Sutini, A. (2018). Pembelajaran Tari Bagi Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2). https://doi.org/10.17509/cd.v3i2.10333
Veronica, N. (2018). Permainan Edukatif Dan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 49. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v4i2.1939
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
1. HAK CIPTA
Hak cipta atas setiap karya yang diterbitkan dalam Jurnal Pedagogi adalah milik penulis.
2. LISENSI
Setiap karya dalam Jurnal Pedagogi dillisensikan dengan Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
