Pengaruh Penggunaan Media Scrapbook Beredisi Islami Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di TK Aisyiyah 04 Surabaya

Isi Artikel Utama

Hana Pertiwi

Abstrak

Media kliping berbasis Islam adalah media pembelajaran yang berisi cerita yang biasanya terjadi di sekitar lingkungan siswa dan nilai-nilai Islam yang dikemas bersama dengan cerita bergambar dengan karakter Muslim di dalamnya. Media lembar memo menjadi perantara antara guru dan siswa dalam menyampaikan pesan atau informasi dalam mengenali proses sebab-akibat yang terjadi, bagaimana mencerminkan kesabaran, tanggung jawab dan kepercayaan dan kejujuran yang merupakan bagian dari nilai-nilai Islam yang diperkenalkan dan distimulasi melalui media berbasis lembar memo Islami. . Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan di lapangan bahwa kemampuan kognitif anak-anak usia 5-6 tahun mencapai pada tahap pra-operasi di mana pada tahap ini anak-anak mulai menggunakan kata-kata dan gambar yang digunakan untuk penggambaran mental yang melampaui hubungan informasi untuk tindakan fisik. Ini sejalan dengan penggunaan media memo berbasis Islam untuk membantu merangsang aspek perkembangan kognitif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian pra-eksperimental. Penelitian ini menggunakan pola desain penelitian pra-eksperimental dalam studi One-Group Pretest-Posttest Design menggunakan Wilcoxon Match Pairs Test, yang dalam penelitian ini hanya menggunakan satu kelompok kelas yang dipelajari. Ada 3 tahapan dalam penelitian ini yaitu Pre-test, Treatment (pemberian perawatan), Post-test. Berdasarkan hasil penelitian, media scrapbook Islami dapat memengaruhi perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun.

Rincian Artikel

Referensi

  1. Arsyad, Azhar. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta : Rajawali Press.
  2. Fadhillah, Aldila. 2017. Pengaruh Permainan Eksplorasi Plastisin Fantasi dan Kreativitas Bentuk Terhadap Kognitif Anak Kelompok B Di TK Indrijati, Herdiani, dkk. 2016. PSIKOLOGI PERKEMBANGAN DAN Mufidati, Nidia. 2017. Pengaruh Media Pick-Me Terhadap Perkembangan Kecerdasan Verbal Linguistik Khususnya Kemampuan dalam Bercerita di Kelompok A TK ‘Aisyiyah 33 Surabaya. Surabaya : Skripsi Universitas Muhammadiyah Surabaya.
  3. Nazir, Moh. 2005. Metode Penelitian. Bogor : Gahlia Indonesia.
  4. Nurdiana, Indah. dan Murjainah. 2017. The Relationship Between Using Nurdin, Muhammad. 2014. PENDIDIKAN ANTI KORUPSI: Strategi Internalisasi Nilai-Nilai Islami dalam Menumbuhkan Kesadaran Anti Korupsi di Permata Sari, Liawati. 2017. Pengembangan Media Scrapbook dalam Pembelajaran Fisika pada Purwanto, M.Pd. 2008.METODOLOGI PENELITIAN KUANTITATIF: Untuk Psikologi dan Pendidikan. Santrock, John W. 2007. Perkembangan Anak. Jakarta : Penerbit Erlangga.
  5. Sudjana, Prof., Dr. 2005. Metoda Statistika. Bandung : Tarsito.
  6. Sugiyono, Prof., Dr. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Penerbit . Alfabeta.
  7. Sujiono, Yuliani Nurani, dkk. 2013. Metode Pengembangan Kognitif. Tangerang
  8. Sukmadinata, Nana Syaodih. 2005. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT. Suryana, Dadan Dr. 2016.PENDIDIKAN ANAK USIA DINI: Stimulasi dan Aspek
  9. Perkembangan Anak. Jakarta : Kencana.
  10. Susanto, Ahmad. 2011. PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI: Pengantar dalam Wardhani, Setyo Wahyu. 2018. Pengembangan Media Scrapbook Pada Materi