Abstrak
Media kliping berbasis Islam adalah media pembelajaran yang berisi cerita yang biasanya terjadi di sekitar lingkungan siswa dan nilai-nilai Islam yang dikemas bersama dengan cerita bergambar dengan karakter Muslim di dalamnya. Media lembar memo menjadi perantara antara guru dan siswa dalam menyampaikan pesan atau informasi dalam mengenali proses sebab-akibat yang terjadi, bagaimana mencerminkan kesabaran, tanggung jawab dan kepercayaan dan kejujuran yang merupakan bagian dari nilai-nilai Islam yang diperkenalkan dan distimulasi melalui media berbasis lembar memo Islami. . Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan di lapangan bahwa kemampuan kognitif anak-anak usia 5-6 tahun mencapai pada tahap pra-operasi di mana pada tahap ini anak-anak mulai menggunakan kata-kata dan gambar yang digunakan untuk penggambaran mental yang melampaui hubungan informasi untuk tindakan fisik. Ini sejalan dengan penggunaan media memo berbasis Islam untuk membantu merangsang aspek perkembangan kognitif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian pra-eksperimental. Penelitian ini menggunakan pola desain penelitian pra-eksperimental dalam studi One-Group Pretest-Posttest Design menggunakan Wilcoxon Match Pairs Test, yang dalam penelitian ini hanya menggunakan satu kelompok kelas yang dipelajari. Ada 3 tahapan dalam penelitian ini yaitu Pre-test, Treatment (pemberian perawatan), Post-test. Berdasarkan hasil penelitian, media scrapbook Islami dapat memengaruhi perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun.