PERKEMBANGAN KETERAMPILAN MENYANYI DAN MEWARNAI DALAM RANGKA MENINGKATKAN ASPEK SOSIAL - EMOSIONAL ANAK USIA 5 – 6 TAHUN
DOI:
https://doi.org/10.30651/pedagogi.v2i1.18Abstrak
Wahono
Â
1Dosen Program Studi Pendidikan Guru PAUD- FKIP Universitas Muhammadiyah Surabaya
 email: wwwahono7@gmail.com
Â
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian iniadalah:Mendiskripsikan secara empirik perkembangan ketrampilan menyanyi dan ketrampilan mewarnai untuk meningkatkan aspek sosial emosional anak usia 5-6 tahun.Mendiskripsikan secara kuantitatif perkembangan ketrampilan menyanyi dan mewarnai untuk meningkatkan aspek sosial emosional anak usia 5-6 tahun.Diskripsi hasil penelitian ini dipaparkan untuk memperoleh gambaran tentang anak-anak di TK B ( sekolah sampel ) tentang Perkembangan Ketrampilan Menyanyi dan Mewarnai Meningkatkan Aspek Sosial - Emosional Anak Usia 5 – 6 tahun. Dari analisis regresi diperoleh harga F=43,234 , R=0,605 ( Db=2/150) diperoleh P=0,000 ( P<0,10) berarti terdapat korelasi yang sangat signifikan antara ketrampilan menyanyi (X1)dan ketrampilan mewarnai (X2) dengan aspek sosial-emosional (Y). Dengan demikian hipotesis yang menyatakan ada hubungan Perkembangan ketrampilan menyanyi (X1) dan mewarnai (X2) meningkatkan aspek sosial – emosional (Y) anak usia 5 – 6 tahun diterima. Besaran sumbangan kedua variabel bebas tersebut terhadap perkembangan aspek sosial-emosional sebesar 36,60 %. Hasil analisis data tersebut ternyata menunjukkan ada hubungan yang sangat signifikan perkembangan ketrampilan menyanyi dan ketrampilan mewarnai meningkatkan aspek sosial-emosional, dimana F = 43,234 P = 0,000 ( P<0,010 ) hal ini menunjukkan adanya hubungan yang sangat signifikan. Dan sumbangan efektif total 36,567 terhadap perkembangan aspek sosial-emosional. Mean empiris ketrampilan menyanyi sama dengan 195,503, Mean empiris ketrampilan mewarnai sama dengan 81,418, mean empiris perkembangan sosial-emosional sama dengan 75,013. Rerata ketrampilan menyanyi anak laki-laki lebih rendah dari anak perempuan , yaitu 194,685 < 196,738.
Rerata ketrampilan mewarnai anak perempuan lebih besar dari anak laki-laki yaitu 82,690 > 79,500. Rerata perkembangan aspek sosial-emosional anak laki-laki lebih rendah dari anak perempuan yaitu 74,261 < 76,148.
Â
Kata Kunci : Menyanyi ; Mewarnai ; Aspek sosial-emosional
Â
ABSTRACT
The purpose of this study is: To describe empirically singing skills development and coloring skills to improve emotional social aspects of children aged 5-6 years.Quantitatively describe the development of singing and coloring skills to improve emotional social aspects of children aged 5-6 years.Description of the research is presented to get a view of the children in group B of kindergarten (school sample) about the Singing Skills Development and Coloring to Improve Social - Emotional Aspects of Child Age 5-6 years.Of the regression analysis obtained F = 43.234, R0605 (Db2 / 150) was obtained P = 0.000 (P <0.10) means that there is a highly significant correlation between singing skills (X1) and coloring skills (X2) with socio-emotional aspects (Y ). Hypothesis which states there is a relationship singing skills development (X1) and coloring (X2) increases the social - emotional aspects (Y) of children aged 5-6 years received. The contribution of the two independent variables on the social-emotional development are 36.60%. The results analysis of such data show no significant correlation singing skills development and coloring skills to improve social-emotional aspects, are F = 43.234 P = 0.000 (P <0.010) indicating the existence of a significant relationship. And effective contribution to the development of a total of 36,567 social-emotional aspects. Empirical mean singing skill is 195.503, the Mean empirical coloring skills are 81.418, the mean empirical social-emotional development is 75.013. The mean of singing skills boys lower than girls, is 194.685 <196.738. The mean of coloring skills girls greater than boys is 82.690> 79,500. The mean socio-emotional development of boys over girls is lower than 74.261 <76.148.
Keywords: Singing; coloring; Socio-emotional aspects
Referensi
Psikologi Pendidikan: Teori dan Praktik (educational Psycology: Theory and Practice) by Robert E.Slavin. Penerjemah: Drs. Marianto Samosir. 2008. PT. Macanan Jaya Cemerlang.
Sumarno,â€Pembelajaran Anak Usia Dini Melalui Bermain†http://elearning.unesa.ac.id/myblog/alim-sumarno, diunduh hari, Rabu tanggal 1 januari 2014
Penerapan metode bernyanyi untuk meningkatkan perkembangan bahasa anak usia 4-5 tahun di paud buah hati rembiga tahun ajaran 2012/2013
Hurulapridayanihurulapridayani,Abstrak:http://www.tabloidnova.com/Nova/Keluarga/Anak/Cara-Mudah-Menghafal/ diakses pada hari Senin , 13 januari 2014
JalaluddinRakhmat,PsikologiKomunikasi,EdisiRevisi,(Jakarta:RemajaRosdaKarya, 2005),Cet.22,hlm.63
Hurlock,EB.Perkembangan AnakJilid 1. Jakartaâ€PenerbitErlangga.
Iriyanto,D. Membangun Keluarga Cerdas Dunia akherat. Eri Mega Cerdas. Yogyakarta: PenerbitaksaraIndonesia
NugrahaAlidanRachmawatiYeni.2005.MetodePengembanganSosialEmosional.Jakarta:PenerbitUniversitasTerbuka
http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/tmp/Optimalisasi%20Sosem%20anak%20%283%29.pdf/diakses
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
1. HAK CIPTA
Hak cipta atas setiap karya yang diterbitkan dalam Jurnal Pedagogi adalah milik penulis.
2. LISENSI
Setiap karya dalam Jurnal Pedagogi dillisensikan dengan Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
