PERKEMBANGAN KETERAMPILAN MENYANYI DAN MEWARNAI DALAM RANGKA MENINGKATKAN ASPEK SOSIAL - EMOSIONAL ANAK USIA 5 – 6 TAHUN
Isi Artikel Utama
Abstrak
Wahono
Â
1Dosen Program Studi Pendidikan Guru PAUD- FKIP Universitas Muhammadiyah Surabaya
 email: wwwahono7@gmail.com
Â
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian iniadalah:Mendiskripsikan secara empirik perkembangan ketrampilan menyanyi dan ketrampilan mewarnai untuk meningkatkan aspek sosial emosional anak usia 5-6 tahun.Mendiskripsikan secara kuantitatif perkembangan ketrampilan menyanyi dan mewarnai untuk meningkatkan aspek sosial emosional anak usia 5-6 tahun.Diskripsi hasil penelitian ini dipaparkan untuk memperoleh gambaran tentang anak-anak di TK B ( sekolah sampel ) tentang Perkembangan Ketrampilan Menyanyi dan Mewarnai Meningkatkan Aspek Sosial - Emosional Anak Usia 5 – 6 tahun. Dari analisis regresi diperoleh harga F=43,234 , R=0,605 ( Db=2/150) diperoleh P=0,000 ( P<0,10) berarti terdapat korelasi yang sangat signifikan antara ketrampilan menyanyi (X1)dan ketrampilan mewarnai (X2) dengan aspek sosial-emosional (Y). Dengan demikian hipotesis yang menyatakan ada hubungan Perkembangan ketrampilan menyanyi (X1) dan mewarnai (X2) meningkatkan aspek sosial – emosional (Y) anak usia 5 – 6 tahun diterima. Besaran sumbangan kedua variabel bebas tersebut terhadap perkembangan aspek sosial-emosional sebesar 36,60 %. Hasil analisis data tersebut ternyata menunjukkan ada hubungan yang sangat signifikan perkembangan ketrampilan menyanyi dan ketrampilan mewarnai meningkatkan aspek sosial-emosional, dimana F = 43,234 P = 0,000 ( P<0,010 ) hal ini menunjukkan adanya hubungan yang sangat signifikan. Dan sumbangan efektif total 36,567 terhadap perkembangan aspek sosial-emosional. Mean empiris ketrampilan menyanyi sama dengan 195,503, Mean empiris ketrampilan mewarnai sama dengan 81,418, mean empiris perkembangan sosial-emosional sama dengan 75,013. Rerata ketrampilan menyanyi anak laki-laki lebih rendah dari anak perempuan , yaitu 194,685 < 196,738.
Rerata ketrampilan mewarnai anak perempuan lebih besar dari anak laki-laki yaitu 82,690 > 79,500. Rerata perkembangan aspek sosial-emosional anak laki-laki lebih rendah dari anak perempuan yaitu 74,261 < 76,148.
Â
Kata Kunci : Menyanyi ; Mewarnai ; Aspek sosial-emosional
Â
ABSTRACT
The purpose of this study is: To describe empirically singing skills development and coloring skills to improve emotional social aspects of children aged 5-6 years.Quantitatively describe the development of singing and coloring skills to improve emotional social aspects of children aged 5-6 years.Description of the research is presented to get a view of the children in group B of kindergarten (school sample) about the Singing Skills Development and Coloring to Improve Social - Emotional Aspects of Child Age 5-6 years.Of the regression analysis obtained F = 43.234, R0605 (Db2 / 150) was obtained P = 0.000 (P <0.10) means that there is a highly significant correlation between singing skills (X1) and coloring skills (X2) with socio-emotional aspects (Y ). Hypothesis which states there is a relationship singing skills development (X1) and coloring (X2) increases the social - emotional aspects (Y) of children aged 5-6 years received. The contribution of the two independent variables on the social-emotional development are 36.60%. The results analysis of such data show no significant correlation singing skills development and coloring skills to improve social-emotional aspects, are F = 43.234 P = 0.000 (P <0.010) indicating the existence of a significant relationship. And effective contribution to the development of a total of 36,567 social-emotional aspects. Empirical mean singing skill is 195.503, the Mean empirical coloring skills are 81.418, the mean empirical social-emotional development is 75.013. The mean of singing skills boys lower than girls, is 194.685 <196.738. The mean of coloring skills girls greater than boys is 82.690> 79,500. The mean socio-emotional development of boys over girls is lower than 74.261 <76.148.
Keywords: Singing; coloring; Socio-emotional aspects
Rincian Artikel
Referensi
- Psikologi Pendidikan: Teori dan Praktik (educational Psycology: Theory and Practice) by Robert E.Slavin. Penerjemah: Drs. Marianto Samosir. 2008. PT. Macanan Jaya Cemerlang.
- Sumarno,â€Pembelajaran Anak Usia Dini Melalui Bermain†http://elearning.unesa.ac.id/myblog/alim-sumarno, diunduh hari, Rabu tanggal 1 januari 2014
- Penerapan metode bernyanyi untuk meningkatkan perkembangan bahasa anak usia 4-5 tahun di paud buah hati rembiga tahun ajaran 2012/2013
- Hurulapridayanihurulapridayani,Abstrak:http://www.tabloidnova.com/Nova/Keluarga/Anak/Cara-Mudah-Menghafal/ diakses pada hari Senin , 13 januari 2014
- JalaluddinRakhmat,PsikologiKomunikasi,EdisiRevisi,(Jakarta:RemajaRosdaKarya, 2005),Cet.22,hlm.63
- Hurlock,EB.Perkembangan AnakJilid 1. Jakartaâ€PenerbitErlangga.
- Iriyanto,D. Membangun Keluarga Cerdas Dunia akherat. Eri Mega Cerdas. Yogyakarta: PenerbitaksaraIndonesia
- NugrahaAlidanRachmawatiYeni.2005.MetodePengembanganSosialEmosional.Jakarta:PenerbitUniversitasTerbuka
- http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/tmp/Optimalisasi%20Sosem%20anak%20%283%29.pdf/diakses