Penerapan Metode Karya Wisata Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Kelompok A

Isi Artikel Utama

Roisah Roisah

Abstrak

Abstract

 

This research was conducted on children of group A Raudlatul Athfal Perwanida as many as 25 children in the academic year 2016/2017. This study is a classroom action research (CAR) of 2 cycles and each cycle of two meetings. Instruments used in the form of observation sheets, data taken through the techniques of teaching and learning activities both in terms of implementation planning, implementation, observation and reflection. The learning is done to master the lessons that require the process of thinking, persistent learning and also requires a suitable strategy in order not to have difficulty in reading to improve the ability to read children by using the method of tourism work to measure the ability to read children. The result of this research concludes that the application of tourism work method to improve reading ability in group A in Raudlatul Athfal Perwanida Jombang with presentation of reading comprehension of children increased from 60,7%, in cycle I increased to 71,4%, in cycle II become 85,7 %. Child's reading completeness increased to 89.2%.

 

Keywords: reading ability, tourism work method.

 

Abstrak

 Penelitian ini dilakukan pada anak kelompok A Raudlatul Athfal Perwanida sebanyak 25 anak pada tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) sebanyak 2 siklus dan setiap siklus dua kali pertemuan. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi, data yang diambil melalui teknik kegiatan proses belajar mengajar baik dari segi keterlaksanaan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Adapun pembelajaran yang dilakukan untuk untuk menguasai pelajaran yang membutuhkan proses berfikir, belajar yang gigih dan juga membutuhkan strategi yang cocok agar tidak mengalami kesulitan dalam membaca untuk meningkatkan kemampuan membaca anak dengan memakai metode karya wisata untuk mengukur kemampuan membaca anak. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa penerapan metode karya wisata untuk meningkatkan kemampuan membaca pada kelompok A di Raudlatul Athfal Perwanida Jombang dengan presentasi ketuntasan membaca anak meningkat dari 60,7%, pada siklus I meningkat menjadi 71,4%, pada siklus II menjadi 85,7%. Ketuntasan membaca anak meningkat menjadi 89,2%.

 

Kata kunci: kemampuan membaca, metode karya wisata.

Rincian Artikel

Referensi

  1. Yani, Hartati. 2005. Perkembangan Konsep Dasar Pengembangan Anak
  2. Usia Dini. Jakarta: Mitra Buku
  3. Corner, Beaty. 2000. Pengantar Bahasa. Jakarta: Alex Media
  4. Owens, Rita Kurnia, 2009. Metode Pengembangan Bahasa Anak Usia
  5. Dini. Pekanbaru: Cendikiawan Insani.
  6. Restiyah, N. K. Dra. 2001. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka
  7. Cipta.
  8. Sastromihardjo, Suhardjono. 2004. Metode metode pembelajaran. Jakarta:
  9. Erlangga
  10. Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003.PsikologiPerkembangan Anak dan
  11. Remaja. Bandung: PT. Remaja.
  12. Kartono, Kartini 2006. Psikologi Perkembangan Bandung.: Mandar Maju
  13. A. Md, Supriyadi. 2003. Pengantar Pemahaman Bahasa, Jakarta: Yayasan
  14. Obor Indonesi
  15. Elizabeth, B. Hurllock. 2000 Psikologi Perkembangan Anak, Jakarta:
  16. Erlangga
  17. Santoso, Abu Wardah. 2002. Pengantar Bahasa. Jakarta: Alex Media
  18. Gibbons. 2009. Afasia Gangguan Berbahasa, Jakarta: Fakultas Kedokteran
  19. Universitas Indonesia
  20. Rahim, Fairda. 2003:. Kiat-Kiat Membaca, Jakarta: Teraju
  21. Sudjana, Nana. 2000. Dasar- Dasar Belajar Mengajar, Bandung. PT.Sinar
  22. Baru
  23. Mulyasa 2010 Metode Penelitian Pendidik Pendekatan Kuantitatif
  24. Bandung: Pustaka Belajar
  25. Tarmansyah 2002 Mengembangkan Minat dan Kebiasaan Membaca Pada
  26. Anak,Bandung: Aksara
  27. Hernowo, Jordan. Ayan. 2003. Kemampuan Membaca dan Menulis,
  28. Malang; Genius Media
  29. Sudjana , Nana 2010. Stategi Belajar Mengajar, Bandung: PT. Refika
  30. Aditama
  31. Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan
  32. Praktek, Bandung: Rineka Cipta
  33. Djamarah, Syaiful . Bahri. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT.
  34. Rineka Cipta
  35. Sanapiah, Faisal. 2001. Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan,
  36. Jakarta: Bumi Aksara
  37. Hadeli. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta:
  38. Rineka Cipta