Meningkatkan Kemampuan Kemampuan Membaca Pada Anak Kelompok A Dengan Menggunakan Kartu Kata Bergambar

Isi Artikel Utama

VIKA DYAHI WIJAYANT

Abstrak

This study aims to improve students' reading ability in Group A Aisyiyah Bustanul Athfal Kindergarten 06 Mojosari by using pictorial word cards. This research is motivated by the lack of reading ability in group A children in Aisyiyah Bustanul Athfal kindergarten 06 Mojosari and teacher still often use LKA media (child work sheet), blackboard and marker as reading media. This research is a classroom action research done collaboratively by using Kemmis and Mc.Taggart research model. The subject of this research is the children of group A in Aisyiyah Bustanul Athfal kindergarten 06 Mojosari which amounted to 25 children. The object of this research is Improving Reading Ability of children using picture card word. The method used in collecting data is observation, while the analysis technique used qualitatively and quantitatively. The result of the research showed that the word card media can improve the reading ability of group A children in Aisyiyah Bustanul Athfal kindergarten 06 Mojosari. This increase can be seen from each observation that increases in each cycle. Improvement happened before the first cycle of meeting 1, and the first cycle of meeting 2. The children who were on the criterion *4 before the research by 40%, cycle I (1) 40%, cycle I (2) 44%, and cycle II (1) 60 % While cycle II (2) is 80%. The success is done with the following steps: (1) prepare the media and condition of the child, (2) tell the theme of learning and explain how to play and divide the child in 3 groups, (3) children take turns and shuffle the cards behind bags of apron and one by one (4) children play and execute according to the instructions and examples of teachers in reading and appropriate learning that have been planned by researchers, (5) accompanying and motivating children.

Keywords: Early Reading Ability, Pictorial Word Card Media.

Abatrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa di Kelompok A Aisyiyah Bustanul Athfal Kindergarten 06 Mojosari dengan menggunakan kartu kata bergambar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan membaca pada anak-anak kelompok A di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 06 Mojosari dan guru masih sering menggunakan media LKA (lembar kerja anak), papan tulis dan spidol sebagai media bacaan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif dengan menggunakan model penelitian Kemmis dan Mc.Taggart. Subyek penelitian ini adalah anak-anak kelompok A di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 06 Mojosari yang berjumlah 25 anak. Objek penelitian ini adalah Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak-anak menggunakan kata kartu bergambar. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, sedangkan teknik analisisnya digunakan secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media kartu kata dapat meningkatkan kemampuan membaca anak kelompok A di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 06 Mojosari. Peningkatan ini dapat dilihat dari setiap pengamatan yang meningkat dalam setiap siklus. Perbaikan terjadi sebelum siklus pertama pertemuan 1, dan siklus pertama pertemuan 2. Anak-anak yang ada pada kriteria * 4 sebelum penelitian sebesar 40%, siklus I (1) 40%, siklus I (2) 44%, dan siklus II (1) 60% Sedangkan siklus II (2) adalah 80%. Keberhasilan dilakukan dengan langkah-langkah berikut: (1) mempersiapkan media dan kondisi anak, (2) memberi tahu tema pembelajaran dan menjelaskan cara bermain dan membagi anak dalam 3 kelompok, (3) anak-anak bergiliran dan mengocok kartu di belakang tas celemek dan satu per satu (4) anak-anak bermain dan melaksanakan sesuai dengan instruksi dan contoh guru dalam membaca dan pembelajaran yang sesuai yang telah direncanakan oleh para peneliti, (5) mendampingi dan memotivasi anak-anak.

Kata kunci: Kemampuan Membaca Dini, Media Kartu Kata Bergambar.

Rincian Artikel

Referensi

  1. Akhadiah, dkk (2010:61-66). Pembelajaran Membaca Permulaan. Jakarta: Indeks.
  2. Akhadiah (1992:34). Langkag Pengakaran Membaca Permulaan. Jakarta: Indeks.
  3. Anderson,dkk (2008:5.5). Membaca Permulaan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
  4. Arikunto (2010:2) .Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
  5. Arikunto (1992:207) .Prosedur Penelitian.Jakarta:Rineka Cipta.
  6. Arsyat (2007:4,17). Macam Media Perkembangan Membaca. Jakarta. Universitas Terbuka.
  7. Budihasti, Hawadi (2001:37). Komponen Belajar Membaca. Jakarta: PT. Indeks.
  8. Burns. Dkk. (2007:12). Proses Belajar Membaca Permulaan. Lumbung Pustaka UNY..
  9. Cochrane, Nurbian (2005:5.13). Perkembangan Dasar Kemampuan Membaca. Jakarta: Depdiknas.
  10. Depdiknas. (2003). Undang-Undang No. 20 tahun 2003. tentang sistem Pendidikan Nasional. Jakarta. Depdiknas.
  11. Dewi (2005:15). Proses Belajar Bahasa. Jakarta: Depdiknas.
  12. Dina (2011:69). Kelebihan Kartu Kata Bergambar.Jalarta: PT. Indeks
  13. Djamarah, Zain (2002:96). Membaca Dengan Menggunakan Kartu Kata.Skripsi:Universitas Negeri Surabaya.
  14. Farida (2001:42). Kelemahan Kartu Kata Bergambar. Yogyakarta:Pilar Media
  15. Haliday, Kurnia (2009:68) .Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini.eprints.Uny.ac.id.
  16. Harlock (1998:189). Perkembangan Bahasa Anak. Yogyakarta. UNY Pres.
  17. Hibama (2002:43-44). Karakteristik Anak Usia Dini.Jakarta: Raja Grafindo.
  18. Hopkins dalam Sarwiji Suwandi (2009:14) .Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penulisan Karya Ilmia.Surakarta:Yuma Presindo.
  19. Huda, Sudartono (2005:70). Perkembangan Bahasa Pada Anak. Skripsi : Universitas Negeri Yogyakarta.
  20. Ismawati,dkk (2010:29) . Metode Dokumentasi. Yogyakarta.Pilar Media.
  21. Kemmis dan MC Taggart (Sujati,2000:23) .Penelitian Tindakan Kelas Spiral Kemmis dan Taggart.Repository.UPI.edu.
  22. Libert, Marsudi (2009:4). Perkembangan Bahasa Pada Anak. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.
  23. Momo, Zuchdi (2001:63-66). Metode Belajar Membaca. Jakarta: Raja Grafindo.
  24. Owens, Kurnia (2009:39) .Peranan Media Audio Visual Terhadap Pembelajaran Bahasa Anak. Bandung:PT. Remaja Rosdakarya.
  25. Rahadi (2003:27). Kelemahan Kartu Kata Bergambar. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.
  26. Rahmawati (2007:3). Pengertian Membaca. Skripsi.Yogyakarta.Universitas Negeri Yogyakarta.
  27. Ritawati (1996:51). Langkah Pembelajaran Membaca Permulaan. Jakarta: Raja Grafindo
  28. Root (2004:15). Permainan Kartu Kata.Jakarta: Depdiknas.
  29. Sanjaya (2009:106). Analisis Data. Jakarta: Depdiknas.
  30. Snowman, Dewi (2010:7). Pengertian Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas
  31. Solehudin (2000:23) . Aspek Perkembangan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.
  32. Steinberg ( Susanto,2011:83) .Membaca Permulaan Adalah Membaca Secara Terprogram Kepada Anak .Lumbung Pustaka UNY
  33. Suhartono (2005:13). Perkembangan Bahasa. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
  34. Sujiono (2009:6). Rentang Usia Anak Usia Dini. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
  35. Syaodih (2005:58). Pengertian Anak Usia Dini. Jakarta: Depdikbud.
  36. Tarigan (1990:22). Pengertian Membaca. Skripsi: Yogyakarta: Universitas Negeri
  37. Wibowo, dkk (2003:16). Flash Card.Jakarta: Raja Grafindo.
  38. Zuchdi,dkk (1996:6). Belajar Bahasa. Jakarta: Raja Grafindo Persada.