PENGARUH KREATIVITAS PRODUK TERHADAP PERSEPSI DAYA SAING PRODUK PADA MAHASISWA CALON WIRAUSAHA

Authors

  • Amelia Ardana Universitas Negeri Medan
  • Ayu Chintia Universitas Negeri Medan
  • Zulaika Rahma Universitas Negeri Medan
  • Samuel Indra Sitorus Universitas Negeri Medan
  • Ahmad Suhendri Lubis Universitas Negeri Medan
  • Saidun Hutasuhut Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.30651/jms.v10i5.29384

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kreativitas produk terhadap persepsi daya saing produk di kalangan mahasiswa calon wirausaha. Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah bagaimana kreativitas dalam pengembangan produk dapat mempengaruhi daya saing produk, terutama bagi mahasiswa yang sedang mempersiapkan diri memasuki dunia wirausaha. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei eksplanatori, data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada 105 responden dan dianalisis menggunakan regresi linier sederhana untuk mengetahui besarnya pengaruh variabel kreativitas produk terhadap daya saing produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap daya saing produk, dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (<0,05) dan nilai koefisien regresi sebesar 0,741. Selain itu, nilai R Square sebesar 0,443 menunjukkan bahwa kreativitas produk memberikan kontribusi sebesar 44,3% terhadap peningkatan daya saing produk. Temuan ini menegaskan bahwa mahasiswa calon wirausaha perlu terus mengembangkan kreativitas, baik dari segi desain, inovasi, maupun nilai tambah produk, agar mampu membangun keunggulan kompetitif. Penelitian ini memberikan kesan praktis bahwa aspek pemberdayaan kreativitas perlu diintegrasikan ke dalam pendidikan kewirausahaan untuk mendorong lahirnya produk-produk yang unik dan berdaya saing tinggi.

Published

2025-12-05

How to Cite

Ardana, A., Chintia, A., Rahma, Z., Sitorus, S. I., Lubis, A. S., & Hutasuhut, S. (2025). PENGARUH KREATIVITAS PRODUK TERHADAP PERSEPSI DAYA SAING PRODUK PADA MAHASISWA CALON WIRAUSAHA. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 10(5). https://doi.org/10.30651/jms.v10i5.29384

Issue

Section

Artikel