Pengaruh Media Promosi dan Brand Image Terhadap Keputusan Berkunjung pada Event PT Genindo PRO Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.30651/jms.v10i5.28944Abstract
Industri Meeting (pertemuan), Incentive (perjalanan insentif), Convention (konvensi), dan Exhibition (pameran) (MICE) di Indonesia mengalami perkembangan yang cepat, di mana peran event organizer (EO) sangat penting. PT Genindo Pro Indonesia, yang bergerak sebagai EO di Medan, mengalami perubahan dalam jumlah klien dan acara, terutama karena pandemi COVID-19. Meskipun demikian, perusahaan ini menunjukkan kemajuan dalam beberapa tahun terakhir dengan menekankan inovasi konsep acara dan pelayanan yang memuaskan guna mempertahankan serta menarik klien baru di tengah tuntutan pasar akan layanan yang profesional dan kreatif. Penelitian ini dilakukan untuk melihat bagaimana pengaruh media promosi dan tampilan merek terhadap pilihan untuk berpartisipasi dalam acara yang diselenggarakan oleh PT Genindo Pro Indonesia.Penelitian ini dilaksanakan di tempat acara di Medan, Sumatera Utara. Populasi yang diteliti adalah 3. 435 pengunjung acara PT Genindo Pro Indonesia dalam dua tahun terakhir, dengan sampel terdiri dari 97 responden yang ditentukan berdasarkan rumus Slovin. Metode yang digunakan untuk menganalisis data termasuk pengujian alat (validitas dan reliabilitas), uji asumsi dasar (normalitas, multikolinearitas, heteroskedastisitas), analisis regresi ganda, pengujian hipotesis (uji 't' parsial dan uji 'F' bersamaan), serta pengujian koefisien determinasi (R²) yang diproses dengan SPSS versi 20. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa media promosi dan citra merek, baik secara terpisah maupun bersama, mempunyai pengaruh yang positif dan penting terhadap keputusan untuk mengunjungi. Media promosi terlihat sebagai faktor yang paling berpengaruh dengan nilai t-hitung 10,090, jauh lebih tinggi daripada citra merek yang memiliki t-hitung 3,454. Nilai Adjusted R Square sebesar 69,8% mengindikasikan bahwa 69,8% keputusan berkunjung dipengaruhi oleh media promosi dan citra merek, sementara sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah and Faculty Of Islamic Religiuos Universitas Muhammadiyah Surabaya as publisher of the journal.
Copyright encompasses exclusive rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms and any other similar reproductions, as well as translations. The reproduction of any part of this journal, its storage in databases and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc., will be allowed only with a written permission from Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah and Faculty Of Islamic Religiuos Universitas Muhammadiyah Surabaya.
Faculty Of Islamic Religiuos Universitas Muhammadiyah Surabaya, the Editors and the Advisory Editorial Board make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in the Tadarus are sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
Rights of Authors
The Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah And Faculty Of Islamic Religiuos Universitas Muhammadiyah Surabaya recognize the retention of the following:
- Patent and trademark rights and rights to any process or procedure described in the article.
- The right to photocopy or make single electronic copies of the article for their own personal use, including for their own classroom use, or for the personal use of colleagues, provided the copies are not offered for sale and are not distributed in a systematic way outside of their employing institution (e.g. via an e-mail list or public file server). Posting of an article on a secure network (not accessible to the public) within the author institution is permitted.
- The right, subsequent to publication, to use the article or any part thereof free of charge in a printed compilation of works of their own, such as collected writings or lecture notes.



