Pengaruh Kreativitas Proposal dan Harga Terhadap Keunggulan Bersaing dalam Proses Bidding Signal Event Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.30651/jms.v10i5.28939Abstract
Industri event organizer di Indonesia menunjukkan perkembangan yang pesat sejalan dengan tumbuhnya kebutuhan untuk acara yang profesional dan inovatif. Dalam kompetisi yang ketat, keberhasilan dalam mendapatkan proyek melalui proses lelang menjadi salah satu elemen kunci untuk bersaing. Signal Event Indonesia, sebagai salah satu penyelenggara acara yang aktif dalam mengikuti lelang, telah merasakan baik keberhasilan maupun kegagalan dalam proses tersebut. Data internal menunjukkan bahwa selama tahun 2023-2024, dari 120 kali lelang, perusahaan berhasil mendapatkan 73 proyek dan kalah dalam 47 proyek. Situasi ini menandakan bahwa meskipun tingkat keberhasilan telah cukup baik, masih ada kesempatan untuk peningkatan. Kreativitas dalam meramu proposal dan penentuan harga adalah dua dari beberapa faktor krusial yang memengaruhi keunggulan bersaing dalam proses lelang. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti dampak kreativitas proposal dan harga terhadap keunggulan bersaing dalam proses lelang Signal Event Indonesia. Penelitian ini menerapkan metode kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner dan tinjauan pustaka. Hasil data akan dianalisis dengan melakukan pengujian kualitas data, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian koefisien determinasi, dan pengujian hipotesis dengan melibatkan 82 responden. Temuan penelitian ini mengindikasikan bahwa kreativitas proposal dan harga, baik secara individual maupun bersamaan, memberikan dampak positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing dalam proses lelang Signal Event Indonesia. Variabel kreativitas proposal adalah yang paling berpengaruh terhadap keunggulan bersaing dalam proses lelang ini. Hasil dari uji koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa kreativitas proposal dan harga dapat mempengaruhi keunggulan bersaing dalam proses lelang Signal Event Indonesia sebesar 82,5%, sementara 17,5% sisanya dapat dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah and Faculty Of Islamic Religiuos Universitas Muhammadiyah Surabaya as publisher of the journal.
Copyright encompasses exclusive rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms and any other similar reproductions, as well as translations. The reproduction of any part of this journal, its storage in databases and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc., will be allowed only with a written permission from Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah and Faculty Of Islamic Religiuos Universitas Muhammadiyah Surabaya.
Faculty Of Islamic Religiuos Universitas Muhammadiyah Surabaya, the Editors and the Advisory Editorial Board make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in the Tadarus are sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
Rights of Authors
The Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah And Faculty Of Islamic Religiuos Universitas Muhammadiyah Surabaya recognize the retention of the following:
- Patent and trademark rights and rights to any process or procedure described in the article.
- The right to photocopy or make single electronic copies of the article for their own personal use, including for their own classroom use, or for the personal use of colleagues, provided the copies are not offered for sale and are not distributed in a systematic way outside of their employing institution (e.g. via an e-mail list or public file server). Posting of an article on a secure network (not accessible to the public) within the author institution is permitted.
- The right, subsequent to publication, to use the article or any part thereof free of charge in a printed compilation of works of their own, such as collected writings or lecture notes.



