Pengaruh Personal Selling dan Marketing Public Relation terhadap Minat Nasabah Produk Tabungan Muḍārabah (TABAH) di KSPP Syariah BMT NU Cabang Galis
DOI:
https://doi.org/10.30651/jms.v10i5.28519Abstract
Dunia perbankan mengalami perkembangan yang begitu pesat khususnya lembaga keuangan syariah. Dengan semakin ketatnya tingkat persaingan antar lembaga keuangan syariah, maka lembaga keuangan syariah seperti halnya BMT NU Jawa Timur Cabang Galis harus bisa menyiapkan strategi pemasaran yang baik dan tepat sasaran. Strategi personal selling dan Marketing public relation dengan minat nasabah sangat berpengaruh, sehingga dapat menyesuaikan tentang bagaimana cara lembaga keuangan syariah yang bersangkutan untuk menarik dan mempertahankan masyarakat agar tetap mempertahankan minatnya. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah apakah personal selling dan marketing public relation berpengaruh terhadap minat nasabah produk tabungan Muḍārabah di BMT NU cabang Galis. Tujuan dari penelitian ini untuk menanalisis pengaruh personal selling dan marketing public relation terhadap minat nasabah produk tabungan Muḍārabah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah kuantitatif, data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada nasabah yang menggunakan produk tabungan Muḍārabah. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji kualitas data, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, serta uji hipotesis untuk mengukur pengaruh variabel bebas yaitu personal selling dan marketing public relation terhadap variabel terikat yaitu minat nasabah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa personal selling dan marketing public relation secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat nasabah. Personal selling memberikan kontribusi yang lebih dominan dibandingkan marketing public relation dalam mempengaruhi minat nasabah. Temuan ini menunjukkan pentingnya strategi komunikasi yang efektif dan pendekatan personal dalam meningkatkan daya tarik produk tabungan Muḍārabah. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan strategis bagi KSPP Syariah BMT NU Cabang Galis dalam mengembangkan strategi pemasaran yang lebih optimal untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas nasabah.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah and Faculty Of Islamic Religiuos Universitas Muhammadiyah Surabaya as publisher of the journal.
Copyright encompasses exclusive rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms and any other similar reproductions, as well as translations. The reproduction of any part of this journal, its storage in databases and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc., will be allowed only with a written permission from Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah and Faculty Of Islamic Religiuos Universitas Muhammadiyah Surabaya.
Faculty Of Islamic Religiuos Universitas Muhammadiyah Surabaya, the Editors and the Advisory Editorial Board make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in the Tadarus are sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
Rights of Authors
The Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah And Faculty Of Islamic Religiuos Universitas Muhammadiyah Surabaya recognize the retention of the following:
- Patent and trademark rights and rights to any process or procedure described in the article.
- The right to photocopy or make single electronic copies of the article for their own personal use, including for their own classroom use, or for the personal use of colleagues, provided the copies are not offered for sale and are not distributed in a systematic way outside of their employing institution (e.g. via an e-mail list or public file server). Posting of an article on a secure network (not accessible to the public) within the author institution is permitted.
- The right, subsequent to publication, to use the article or any part thereof free of charge in a printed compilation of works of their own, such as collected writings or lecture notes.



