Pengaruh Lifestyle dan Digital Payment Terhadap Perilaku Konsumsi Islam (pada Generasi Z di Kelurahan Babatan)

Authors

  • Fitria Lala Santi Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Yosy Arisandy Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Citra Liza Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.30651/jms.v10i4.27807

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah lifestyle dan digital payment berpengaruh terhadap perilaku konsumsi Islam pada Generasi Muslim Z di Kelurahan Babatan, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Seluma, Provinsi Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebar melalui google form.  Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat generasi muslim Z sebanyak 642 orang, dengan sampel sebanyak 87 responden yang dipilih menggunakan rumus slovin. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya hidup (lifestyle) berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumsi Islam dilihat dari hasil thitung sebesar 3,664 dan ttabel 1,988 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. dan variabel digital payment juga berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumsi Islam, dilihat dari hasil nilai thitung sebesar 4,128 dan ttabel 1,988  thitung > ttabel dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Koefisien determinasi (R²) menjelaskan bahwa besarnya pengaruh variabel lifestyle dan digital payment terhadap variabel perilaku konsumsi yaitu sebesar 0,484 (48,4%).

Downloads

Published

2025-08-16

How to Cite

Fitria Lala Santi, Yosy Arisandy, & Citra Liza. (2025). Pengaruh Lifestyle dan Digital Payment Terhadap Perilaku Konsumsi Islam (pada Generasi Z di Kelurahan Babatan). Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 10(4). https://doi.org/10.30651/jms.v10i4.27807

Issue

Section

Artikel