Pengaruh Gaya Hidup dan Media Sosial Terhadap Perilaku Konsumtif pada Generasi Z

Authors

  • Seva Fadillah Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Romi Adetio Setiawan Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Syaifuddin Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.30651/jms.v10i4.27571

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh gaya hidup dan media sosial terhadap perilaku konsumtif pada Generasi Z di Kecamatan Kedurang, Kabupaten Bengkulu Selatan. Perilaku konsumtif yang ditunjukkan oleh Generasi Z sering kali tidak berdasarkan kebutuhan riil, tetapi lebih pada dorongan gaya hidup dan pengaruh media sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei dan teknik pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada 99 responden yang ditentukan dengan rumus Slovin. Data dianalisis menggunakan uji regresi linear berganda dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh signifikan gaya hidup terhadap perilaku konsumtif (t-hitung = 5.210; p < 0.05). Penggunaan media sosial juga berpengaruh signifikan (t-hitung = 2.641; p < 0.05). Analisis simultan (uji F) menunjukkan bahwa gaya hidup dan media sosial secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif (F-hitung = 68.004; p < 0.05), dengan R² sebesar 0.586 (58.6%). Ini berarti 58.6% variasi perilaku konsumtif dapat dijelaskan oleh variabel gaya hidup dan media sosial

Downloads

Published

2025-07-27

How to Cite

Seva Fadillah, Romi Adetio Setiawan, & Syaifuddin. (2025). Pengaruh Gaya Hidup dan Media Sosial Terhadap Perilaku Konsumtif pada Generasi Z. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 10(4). https://doi.org/10.30651/jms.v10i4.27571

Issue

Section

Artikel