PENGARUH BIAYA PRODUKSI, BIAYA OPERASIONAL, DAN VOLUME PENJUALAN TERHADAP LABA BERSIH PADA SEKTOR INDUSTRI FOOD AND BEVERAGE DI PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2021-2023
DOI:
https://doi.org/10.30651/jms.v9i5.24957Abstract
Perusahaan industri food and beverage, sebagai subsektor manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI), terus berkembang seiring meningkatnya permintaan terhadap produk konsumtif. Selain berkontribusi pada perekonomian, sektor ini juga menghadapi persaingan yang semakin ketat. Untuk bertahan, perusahaan harus fokus pada efisiensi biaya, pencapaian target penjualan, dan optimalisasi laba. Laba perusahaan menjadi indikator utama untuk mengukur keberhasilan, sesuai dengan tujuan utama pendirian perusahaan, yaitu memperoleh laba maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh biaya produksi, biaya operasional, dan volume penjualan terhadap laba bersih perusahaan food and beverage yang terdaftar di BEI periode 2021-2023. Dengan mengidentifikasi pengaruh masing-masing variabel, diharapkan penelitian ini dapat memberikan gambaran tentang kontribusi faktor-faktor tersebut terhadap kinerja keuangan perusahaan dan memberikan wawasan bagi perusahaan untuk merumuskan strategi yang lebih efektif dalam pengelolaan biaya dan pemasaran guna meningkatkan profitabilitas. Metode yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan teknik Partial Least Square (PLS), menggunakan perangkat lunak SmartPLS. Analisis terdiri dari outer model untuk menguji validitas (loading factor > 0,7, AVE > 0,5) dan reliabilitas (composite reliability > 0,7, Cronbach’s alpha > 0,6), serta inner model untuk mengukur hubungan antar konstruk laten melalui R-Square, f-square, dan Q-Square. Pengujian hipotesis dilakukan dengan t-statistic (> 1,96) atau p-value (< 0,05) untuk menentukan signifikansi hubungan antar variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) biaya produksi (X1) tidak berpengaruh signifikan, 2) biaya operasional (X2) tidak berpengaruh signifikan, dan 3) volume penjualan (X3) berpengaruh signifikan terhadap laba bersih. Dari hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa volume penjualan (X3) memiliki pengaruh signifikan terhadap laba bersih, Sementara biaya produksi (X1) dan biaya operasional (X2) tidak berpengaruh signifikan terhadap laba bersih, menunjukkan bahwa efisiensi biaya saja tidak cukup untuk meningkatkan laba. Oleh karena itu, perusahaan sebaiknya lebih fokus pada strategi peningkatan volume penjualan melalui inovasi, promosi, dan perluasan pasar, sambil tetap menjaga efisiensi biaya untuk mendukung kelangsungan operasional.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah and Faculty Of Islamic Religiuos Universitas Muhammadiyah Surabaya as publisher of the journal.
Copyright encompasses exclusive rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms and any other similar reproductions, as well as translations. The reproduction of any part of this journal, its storage in databases and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc., will be allowed only with a written permission from Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah and Faculty Of Islamic Religiuos Universitas Muhammadiyah Surabaya.
Faculty Of Islamic Religiuos Universitas Muhammadiyah Surabaya, the Editors and the Advisory Editorial Board make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in the Tadarus are sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
Rights of Authors
The Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah And Faculty Of Islamic Religiuos Universitas Muhammadiyah Surabaya recognize the retention of the following:
- Patent and trademark rights and rights to any process or procedure described in the article.
- The right to photocopy or make single electronic copies of the article for their own personal use, including for their own classroom use, or for the personal use of colleagues, provided the copies are not offered for sale and are not distributed in a systematic way outside of their employing institution (e.g. via an e-mail list or public file server). Posting of an article on a secure network (not accessible to the public) within the author institution is permitted.
- The right, subsequent to publication, to use the article or any part thereof free of charge in a printed compilation of works of their own, such as collected writings or lecture notes.