Pengaruh Kepemimpinan dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Santri di Pondok Pesantren Ibnu Syam Cilegon dalam Perspektif Islam

Authors

  • Muhammad Arkan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Moh Mukhsin Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Muhamad Fakhrudin Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.30651/jms.v9i5.24625

Abstract

Abstract

The purpose of this research is to find out whether leadership and service quality influence student satisfaction at the Ibnu Syam Cilegon Islamic Boarding School from an Islamic perspective. This research used quantitative methods, data was collected through questionnaires from 61 respondents, then multiple linear regression analysis was carried out. The results of this research are that leadership has a positive and significant effect on student satisfaction with a t-count (4.302) > t-table value (1.671), and service quality has a positive and significant effect on student satisfaction with a t-count (8.209) > value t-table (1.671), then leadership and service quality together influence student satisfaction with an f-count (64.964) > f-table value (3.15).

Keywords: Leadership, Service Quality, Student Satisfaction, Ibnu Syam Islamic Boarding School

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kepemimpinan dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan santri di Pondok Pesantren Ibnu Syam Cilegon dalam perspektif Islam. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, data dikumpulkan melalui kuisoner dari 61 responden, kemudian dilakukan analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini adalah kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan santri dengan nilai t-hitung (4,302) > nilai t-tabel (1,671), dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan santri dengan nilai t-hitung (8,209) > nilai t-tabel (1,671), kemudian kepemimpinan dan kualitas pelayanan secara bersama-sama berpengaruh terhadap kepuasan santri dengan niali f-hitung (64,964) > nilai f-tabel (3,15).

Kata Kunci: Kepemimpinan, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Santri, Pondok Pesantren Ibnu Syam

Downloads

Published

2024-12-02

How to Cite

Arkan, M., Mukhsin, M., & Fakhrudin, M. (2024). Pengaruh Kepemimpinan dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Santri di Pondok Pesantren Ibnu Syam Cilegon dalam Perspektif Islam. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 9(5). https://doi.org/10.30651/jms.v9i5.24625

Issue

Section

Artikel