Manfaat dan Mudharat Marketplace Shopee Bagi UMKM di Daerah Medan Helvetia Menurut Perspektif Filsafat Bisnis Islam

Authors

  • Irma Dayanti Universitas Pembangunan Panca Budi Medan
  • Siti Latifah Universitas Pembangunan Panca Budi Medan
  • Syarifuddin Universitas Pembangunan Panca Budi Medan

DOI:

https://doi.org/10.30651/jms.v9i4.23739

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manfaat dan mudharat dari penggunaan marketplace Shopee bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di daerah Medan Helvetia berdasarkan pandangan filsafat bisnis. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data diperoleh melalui wawancara mendalam dengan pelaku UMKM yang aktif menggunakan platform Shopee. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dampak positif dari penggunaan Shopee antara lain adalah peningkatan akses pasar, peningkatan penjualan, dan efisiensi operasional. Marketplace ini berhasil membuka peluang bagi UMKM untuk mengakses pelanggan yang lebih luas dan meningkatkan eksposur produk mereka. Dari sisi efisiensi, pemilik UMKM merasakan kemudahan dalam manajemen pemasaran dan transaksi penjualan. Namun, penelitian ini juga mengidentifikasi sejumlah dampak negatif. Beberapa di antaranya adalah ketergantungan yang tinggi terhadap platform, persaingan harga yang ketat, dan adanya biaya administrasi tambahan. Ketergantungan yang tinggi pada Shopee membuat UMKM rentan terhadap perubahan kebijakan platform. Selain itu, persaingan yang ketat memaksa pelaku usaha untuk terus menekan harga, yang dapat mengurangi margin keuntungan. Dari sudut pandang filsafat bisnis, penggunaan marketplace Shopee memberikan wacana etis dan strategis terkait keberlanjutan dan kemandirian bisnis UMKM. Penelitian ini menyarankan agar pelaku UMKM memperluas strategi pemasaran melalui berbagai kanal digital untuk menciptakan bisnis yang lebih resilien dan berkelanjutan. Filsafat menjadi penting bagi bisnis karena dalam filsafat seseorang akan menemukan arti bagaimana sebuah hubungan manusia dan antar manusia itu dapat bermakna bagi kehidupannya.

Downloads

Published

2024-08-23

How to Cite

Dayanti, I., Siti Latifah, & Syarifuddin. (2024). Manfaat dan Mudharat Marketplace Shopee Bagi UMKM di Daerah Medan Helvetia Menurut Perspektif Filsafat Bisnis Islam. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 9(4). https://doi.org/10.30651/jms.v9i4.23739

Issue

Section

Artikel