Pengaruh Literasi Zakat, Pendapatan Usaha, dan Lingkungan Sosial terhadap Kesadaran Membayar Zakat Perdagangan di Laz Dompet Dhuafa Banten (Studi pada Pelaku Usaha Provinsi Banten)

Authors

  • Muhammad Luthfan Karim Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Syihabudin Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Mohamad Ainun najib Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.30651/jms.v9i4.23520

Abstract

Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui mengetahui apakah literasi zakat, pendapatan usaha, dan lingkungan berpengaruh terhadap kesadaran membayar zakat perdagangan di LAZ Dompet Dhuafa Banten pada pelaku usaha di Banten. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 70 dari rumus ferdinand. Alat analisis dalam penelitian ini menggunakan SPSS versi 23. Hasil penelitian didapat bahwa literasi zakat berpengaruh terhadap kesadaran membayar zakat perdagangan di Dompet Dhuafa Banten pada pelaku usaha di Banten (4,397 > 1,668) , pendapatan usaha berpengaruh secara signifikan terhadap kesadaran membayar zakat perdagangan di Dompet Dhuafa Banten pada pelaku usaha Banten (2,307 > 1,668) , dan lingkungan sosial berpengaruh terhadap kesadaran membayar zakat perdagangan di Dompet Dhuafa Banten pada pelaku usaha di Banten (4,407 > 1,668) . Lalu hasil uji simultan menunjukkan literasi zakat, pendapatan usaha, dan lingkungan sosial berpengaruh secara signifikan terhadap kesadaran membayar zakat perdagangan di Dompet Dhuafa Banten pada pelaku usaha Banten (32,978 > 2,740). Literasi zakat, pendapatan usaha, dan lingkungan sosial berpengaruh terhadap kesadaran membayar zakat perdagangan di Dompet Dhuafa Banten pada pelaku usaha Banten sebesar 68,7%.

Downloads

Published

2024-08-03

How to Cite

Karim, M. L., Syihabudin, & Mohamad Ainun najib. (2024). Pengaruh Literasi Zakat, Pendapatan Usaha, dan Lingkungan Sosial terhadap Kesadaran Membayar Zakat Perdagangan di Laz Dompet Dhuafa Banten (Studi pada Pelaku Usaha Provinsi Banten). Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 9(4). https://doi.org/10.30651/jms.v9i4.23520

Issue

Section

Artikel