Strategi Pemasaran Produk Gadai Emas Syariah

Authors

  • Abdul Mujib Universitas Muhammadiyah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/jms.v7i4.22807

Abstract

Abstrak

Artikel ini membahas strategi pemasaran produk gadai emas syariah dengan fokus pada empat aspek utama: memahami pasar dan segmentasi yang tepat, edukasi dan sosialisasi, penawaran produk yang kompetitif, dan pemanfaatan teknologi. Memahami pasar dan melakukan segmentasi yang tepat merupakan langkah awal dalam merancang strategi yang efektif, dengan analisis demografis, psikografis, dan perilaku nasabah sebagai dasar utama. Edukasi dan sosialisasi ditujukan untuk meningkatkan pemahaman dan kepercayaan masyarakat terhadap gadai emas syariah melalui berbagai media, termasuk digital dan kolaborasi dengan lembaga pendidikan serta keagamaan. Penawaran produk yang kompetitif mencakup penetapan margin keuntungan yang wajar, prosedur yang mudah dan cepat, layanan yang transparan, dan variasi produk yang fleksibel untuk memenuhi kebutuhan nasabah. Pemanfaatan teknologi mencakup pengembangan platform digital, otomatisasi proses, pemasaran digital, analisis data, keamanan digital, layanan pelanggan digital, dan inovasi produk. Dengan menerapkan strategi-strategi tersebut, lembaga keuangan syariah dapat meningkatkan daya saing dan memperluas jangkauan produk gadai emas syariah, serta memenuhi kebutuhan nasabah dengan lebih efektif dan efisien.

Downloads

Published

2024-06-04

How to Cite

Abdul Mujib. (2024). Strategi Pemasaran Produk Gadai Emas Syariah. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 7(4). https://doi.org/10.30651/jms.v7i4.22807

Issue

Section

Artikel